x

Rapor Buruk Curacao yang Buat Timnas Indonesia Untung di FIFA Matchday, Siap Curi Kemenangan?

Minggu, 28 Agustus 2022 21:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Rapor buruk yang ditorehkan Curacao, sang calon lawan Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday bulan September mendatang. Skuat Garuda bakal ketiban untung?

INDOSPORT.COM – Intip rapor buruk yang ditorehkan Curacao, sang calon lawan Timnas Indonesia di ajang FIFA Matchday bulan September mendatang. Skuat Garuda bakal ketiban untung?

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah memiliki calon lawan untuk agenda FIFA Matchday terakhir di tahun 2022 ini.

Baca Juga

Melansir dari laman resmi PSSI, disebutkan bahwa skuat Garuda akan dijadwalkan menghadapi Curacao dalam agenda FIFA Matchday di bulan September mendatang.

Tak hanya sekali Timnas Indonesia menghadapi Curacao, tetapi duel internasional dari dua konfederasi yang berbeda ini akan dilangsungkan sebanyak dua kali.

Duel pertama Timnas Indonesia kontra Curacao terjadi pada 24 September di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sementara kedua terjadi pada 27 September di Jakarta International Stadium (JIS).

Baca Juga

"Timnas Indonesia dipastikan akan melawan Curacao pada laga FIFA Match Day tanggal 24 dan 27 September 2022 mendatang. Ini FIFA Match terakhir tahun 2022," ucap Dirtek PSSI, Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga mengatakan bahwa lawan Timnas Indonesia tak hanya berhenti di curacao, melainkan sudah ada lawan untuk di FIFA Matchday tahun 2023 mendatang.

Diatas kertas, Curacao sendiri merupakan lawan yang cukup berat buat Timnas Indonesia lantaran perbedaan ranking FIFA yang jauh.

Baca Juga

Per 2022 ini, Curacao yang merupakan wakil wilayah CONCACAF berada di urutan 84 FIFA. Sementara Timnas Indonesia dari ASIA hanya bertengger di peringkat 155.

Meski secara ranking Timnas Indonesia kalah dari Curacao, namun tim lawan sedang alami tren buruk sepanjang tahun 2022 ini dan berpotensi hadirkan keuntungan untuk skuat Garuda.


1. Curacao Tak Pernah Menang

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Melansir dari laman resmi FIFA, diketahui bahwa Curacao hanya mampu meraih satu kemenangan sepanjang laga internasional yang mereka lakukan sejak Oktober 2021 lalu.

Total sejak bulan Oktober hingga Agustus 2022 ini, Curacao sudah melakoni enam pertandingan baik di event persahabatan maupun ajang Nations League.

Baca Juga

Hasilnya, Curacao telan lima kekalahan dan cuma sekali menang saat menghadapi Honduras di Nations League bulan Juni lalu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Olímpico Metropolitano tersebut, Curacao berhasil menang tipis 1-2 berkat gol Leandro Bacuna dan Anthony van den Hurk.

Sementara sisanya, Curacao harus puas menelan kekalahan bahkan saat hadapi tim dari Asia, Bahrain dan Selandia Baru di partai uji coba bulan Juni tahun lalu.

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung, Curacao dibantai Bahrain dengan skor empat gol tanpa balas, sementara Selandia Baru berhasil menang tipis 1-2.

Kekalahan telak lain juga dirasakan Curacao saat menghadapi Kanada di Nations League. Menghadapi Alphonso Davies cs, skuat arahan Remko Bicentini itu kalah 4-0.

Jika dibandingkan dengan Timnas Indonesia, rapor Curacao di lima pertandingan terakhir terbilang cukup buruk dan bisa jadi motivasi skuat Garuda untuk raih kemenangan.

Baca Juga

Melansir dari laman transfermarkt, diketahui bahwa Timnas Indonesia hanya menelan satu kekalahan sepanjang tahun 2022 ini.

Satu-satunya kekalahan yang diderita Timnas Indonesia adalah saat menghadapi Yordania di babak kualifikasi Piala Asia 2023 bulan Juni 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium tersebut, Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 berkat gol tunggal Yazan Al-Naimat.


2. Rekor Buruk Curacao

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Selain satu kekalahan yang diterima atas Yordania, rapor Timnas Indonesia sepanjang 2022 ini terbilang sangat baik dengan catatkan empat kemenangan dan dua hasil seri.

Bahkan di pertandingan terakhir, Timnas Indonesia berhasil pesta tujuh gol tanpa balas saat menghadapi Nepal. Kemenangan telak yang sekaligus membawa skuat Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

Berbekal hasil tersebut, tampaknya Timnas Indonesia punya peluang cukup besar untuk kembali melanjutkan tren kemenangan saat hadapi Curacao.

Apalagi Curacao punya statistik tak begitu baik saat bertemu tim-tim asal Asia. Selain kekalahan kontra Bahrain dan Selandia tahun 2021 lalu, skuat berjuluk La Familia Azul itu juga kerap apes kala menghadapi wakil benua kuning.

Bahkan, Curacao sempat ditahan imbang sesama wakil kawasan ASEAN, Vietnam.

Dalam partai persahabatan yang berlangsung tahun 2019 silam, Vietnam mampu mengimbangi Curacao dengan skor 1-1.

Lantas dari statistik tersebut, mampukah Timnas Indonesia melanjutkan tren positif dan meraih kemenangan atas Curacao di ajang FIFA Matchday nanti? Menarik dinantikan.

Timnas IndonesiaTim Nasional CuracaoOne Football

Berita Terkini