x

Thomas Doll Ungkap Alasan Persija Berat Lepas 5 Pemain ke Timnas Indonesia U-19

Senin, 5 September 2022 15:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll menjelaskan mengapa pihaknya masih menahan 5 pemainnya untuk gabung Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Lima dari 10 pemain Persija Jakarta yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19 hingga kini diketahui belum juga bergabung ke pemusatan latihan.

Usut punya usut, Tenaga mereka masih sangat dibutuhkan oleh tim Macan Kemayoran untuk bersaing di kompetisi  Liga 1 musim 2022/23.

Baca Juga

Lima pemain tersebut adalah Muhammad Ferrari, Frengky Missa, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi dan Ginanjar Wahyu. Mereka masih bermain dipekan kedelapan Liga 1. 

Tenggat waktu terakhir mereka bergabung ke Timnas U-19 adalah 4 September. Pasalnya, pelatih Shin Tae-yong harus mematangkan persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Terkait hal tersebut, pelatih Persija Jakarta asal Jerman, Thomas Doll kemudian menjelaskan permasalahannya. 

Baca Juga

Dia tau jika lima pemain muda tersebut dipanggil ke Timnas Indonesia U-19, tapi dia juga dilema karena butuh tenaga mereka. 

Banyak bek Persija yang sedang dalam kondisi cedera seperti Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo dan Hamra Lestaluhu. 

Baca Juga

"Klub akan memberikan statement soal ini dalam beberapa hari ke depan. Dan saya akan menjelaskan terkait hal ini dalam beberapa waktu ke depan," buka Thomas Doll. 

"Kami tidak punya banyak bek karena Maman dan Ryuji masih cedera, Hansamu juga sebetulnya masih mengalami masalah tapi untungnya dia bisa bermain. Hamra juga masih ada masalah di bahunya," imbuhnya. 


1. Temukan Solusi

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll menjelaskan mengapa pihaknya masih menahan 5 pemainnya untuk gabung Timnas Indonesia U-19.

Thomas Doll berharap Persija dan PSSI atau Timnas U-19 menemukan solusi bersama. Peran lima pemain tersebut bisa dibilang sangat krusial bagi Macan Kemayoran.

Bagi skuad Garuda Nusantara, Ferrari, Supriadi dan Nico adalah pilihan utama bagi Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022. Sedangkan Frengky Missa dan Ginanjar Wahyu yang baru dipanggil ke Timnas U-19. 

Baca Juga

"Jadi kita akan lihat solusinya dengan federasi dalam beberapa hari ke depan," ujar Thomas Doll. 

Pada laga Persija vs Bhayangkara FC, Sabtu (03/09/22) lalu, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong dilaporkan hadir di Stadion Patriot, Bekasi untuk menyaksikan pertandingan. 

Dia disinyalir memantau pemain Timnas U-19 dan juga senior untuk laga uji coba vs Curacao. 

Baca Juga

"Bagus Shin Tae-yong datang ke sini, mungkin dia ingin melihat pemain U-20 atau untuk tim senior," tuntas Thomas Doll. 

Selain lima pemain Persija yang belum gabung Timnas U-19, ada satu pemain lainnya dari Persebaya Surabaya yang juga belum merapat. Sosok itu adalah Marselino Ferdinan. 


2. Tuan Rumah

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Skuad Garuda Nusantara bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. 

Dari empat negara di Grup F, hanya juara grup yang dipastikan lolos lebih cepat ke babak utama Piala Asia U-20. Sedangkan runner-up masih harus bersaing dengan negara lain berdasarkan regulasi yang ditentukan. 

Total ada 44 negara yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang dibagi ke dalam 10 grup.

Aturannya adalah semua juara grup dan lima runne-up terbaik yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 AFC 2023 bersama sang tuan rumah, Uzbekistan.

Berdasarkan jadwal Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang telah dirilis, Indonesia akan mainkan laga pertama lawan Timor Lester. Selanjutnya giliran Hong Kong dan terakhir lawan Vietnam. 

Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini