x

3 Catatan Mengesankan Brighton, Tim Kejutan Liga Inggris di Awal Musim 2022/23

Selasa, 6 September 2022 03:01 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Manchester United vs Brighton, Reaksi Cristiano Ronaldo usai timnya kebobolan REUTERS-Toby Melville

INDOSPORT. COM - Brighton Hove Albion mencuat sebagai tim kuda hitam Liga Inggris (Premier League) yang performanya paling mengesankan di awal musim 2023/23.

Kejutan Brighton bisa dilihat jelas dari posisi mereka sekarang di tabel klasemen sementara. Mereka kini tercatat menduduki peringkat empat klasemen, mengumpulkan 13 poin setelah enam pekan berjalan.

Baca Juga

Raihan tersebut tentu didapat dengan proses yang tak mudah. Apalagi, Brighton bukanlah tim yang punya komposisi skuat mentereng seperti anggota The Big Six.

Kami lantas coba menelusuri deretan catatan mengesankan yang Brighton raih saat ini. Berikut ulasan lengkapnya, simaklah bersama!


1. 1. Lini Tengah yang Solid

Pemain Brighton yang dulu pernah ditaksir Manchester United, Moises Caicedo. Foto: REUTERS-Ian Walton

Brighton sebenarnya baru saja kehilangan gelandang andalannya pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. Mereka menjual gelandang tumpuan mereka, Yves Bissouma, ke sesama klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Meski demikian, pelatih mereka, Graham Potter, dengan jeli mampu menemukan solusi jitu atas lubang yang ditinggalkan Bissouma. Brighton malah memiliki kekuatan lini tengah yang makin mengerikan.

Awal musim Liga Inggris 2022/23, sejumlah gelandang Brighton bermain dengan sangat apik. Kredit khusus harus diberikan kepada Alexis Mac Allister dan Pascal Groß.

Baca Juga

Kedua pemain ini tak hanya mampu menjaga kestabilan lini tengah, melainkan turut handal menjebol gawang lawan. Lima laga yang sudah mereka lalui, Mac Allister mencetak empat gol, sementara Groß tiga gol.

Situs Whoscored bahkan mencatat, kalau lima pemain tengah Brighton punya rata-rata rating penampilan yang cukup bagus. Rinciannya kurang lebih sebagai berikut:
- Solly March (gelandang sayap kanan): 7
- Pascal Groß (gelandang tengah): 8
- Alexis Mac Allister (gelandang tengah): 7,9
- Moises Caicedo (gelandang tengah): 7,8
- Leandro Trossard (gelandang sayap kiri): 8,2


2. 2. Tim Besar Dibikin Keok

Pemain Brighton & Hove Albion, Pascal Gros mencetak gol ketiga Reuters-Matthew Childs

Brighton punya ketangguhan mental yang cukup baik ketika bertemu tim-tim besar. Setidaknya dalam lima pekan awal Liga Inggris 2022/23, ada tiga nama tim top yang dibuat keok oleh mereka.

Laga pekan ke-2, Brighton sukses mengalahkan tim yang musim lalu menduduki peringkat tujuh klasemen akhir, West Ham United. Brighton menang dengan cukup meyakinkan, 2-0.

Baca Juga

Bahkan di laga pekan ke-1, Brighton secara amat mengejutkan mampu menjinakkan Manchester United di Old Trafford. Mereka berhasil menang tipis atas Setan Merah 2-1.

Laga pekan ke-6, Brighton makin menunjukkan bahwa mental mereka begitu haus akan kemenangan. Bersua Leicester City, mereka sempat ketinggalan di awal babak pertama, tapi bisa membalikkan keadaan hinga menang 5-2.


3. 3. Bukan Sekedar Keberuntungan?

Suasana pascalaga Brighton vs Manchester United di Liga Inggris (REUTERS/Ian Walton)

Fenomena Brighton mungkin terkesan seperti keberuntungan tim kuda hitam pada umumnya. Namun, kalau dilihat lebih detail, ada semacam pertanda kalau mereka sebenarnya punya permainan kuat yang cukup konsisten.

Kami menemukan fakta kalau dalam 14 pertandingan terakhir yang dijalani Brighton di Liga Inggris (gabungan musim 2021/22 dan musim 2022/23) mereka baru sekali menelan kekalahan. Satu-satunya kekalahan tersebut baru terjadi pada laga pekan ke-5 musim ini, yang mana mereka keok 1-2 dari Fulham.

Baca Juga

Kekalahan terakhir Brighton sebelum jumpa Fulham, adalah ketika bertandang ke markas Manchester City di laga pekan ke-30 Liga Inggris musim lalu, atau pada 20 April 2022. Artinya, Brighton sempat merasakan manisnya 12 pertandingan tidak terkalahkan.

Brighton & Hove AlbionLiga Inggris

Berita Terkini