x

Sewa Stadion GBT Gratis, Pemkot Surabaya Bantu Akomodasi Kualifikasi Piala Asia U-20

Senin, 12 September 2022 18:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Papan Skor Digital sudah terpasang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (21/11/19).

INDOSPORT.COM - PSSI berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surabaya dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur. Sebab, mereka sangat antusias menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Seperti diketahui, Indonesia berstatus tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), 14-18 September 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 yang turun di ajang tersebut akan bersaing dengan tiga negara lain, yakni Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam. 

Antusiasme Pemkot Surabaya dibuktikan dengan menggratiskan sewa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan stadion pendukung latihan. Mereka juga ikut membiayai transportasi dan akomodasi peserta dari empat negara itu.

"Saya selaku Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) sekaligus mewakili PSSI berterima kasih kepada Pemkot Surabaya atas kontribusi di Kualifikasi Piala Asia U-20. Hal ini tentu bentuk kepedulian untuk kepentingan tim nasional," kata Amir Burhanuddin dalam rilis PSSI. 

Baca Juga

Amir yang notabene Wakil Ketua Asprov Jatim kagum melihat totalitas Pemkot Surabaya dalam mendukung ajang kali ini. PSSI sangat terbantu, bahkan berani menjamin babak kualifikasi berjalan lancar. 

"Saya salut dan respek dengan apa yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk membantu kualifikasi bisa berjalan lancar. PSSI tak mengeluarkan biaya sepersen pun. Sekali lagi terima kasih kepada Pemkot Surabaya," ungkap Amir. 

Baca Juga

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, berharap kerja sama seperti ini terus terjalin ke depannya. Hal itu tentu akan membantu memajukan sepak bola Indonesia dan timnas Indonesia khususnya. 

"Hal-hal seperti ini yang diinginkan PSSI. Banyak pemerintah daerah yang menggratiskan untuk biaya stadion dll. Antusiasme kepala daerah ini yang perlu didukung, karena mereka juga ingin sepak bola di Tanah Air maju," tutur Yunus Nusi.


1. Dukungan Daerah Lain

Situasi di luar Stadion GBLA.

Sebelumnya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, juga memberikan atensi lebih saat timnas U-16 berlaga di Stadion Maguwaharjo dalam ajang Piala AFF 2022. Dukungan ini membuahkan hasil karena kejuaraan berjalan bagus dan pasukan Bima Sakti raih trofi juara.

Demikian pula saat timnas Indonesia tampil di Piala AFF U-19 di Bekasi, Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, memberikan perhatian yang luar biasa kepada armada Shin Tae-yong.

Baca Juga

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, juga menaruh perhatian sehingga FIFA matchday melawan Curacao, 24 September nanti, bisa digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Baca Juga

"Di samping tentu Stadion Bandung Gelora Lautan Api bisa dipergunakan karena layak. Apalagi, juga akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tahun depan," tuturnya. 


2. Kualifikasi Piala Asia U-20

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sementara itu, berdasarkan jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang telah dirilis, Indonesia akan memainkan laga pertama lawan Timor Leste, Rabu (14/9/22). Selanjutnya giliran Hong Kong (16 September) dan lawan Vietnam (18 September). 

Skuad timnas Indonesia U-19 telah berada di Surabaya sejak beberapa hari lalu. Pelatih Shin Tae-yong membawa 30 nama, tapi nantinya akan dipangkas menjadi 23 pemain untuk didaftarkan berdasarkan regulasi AFC. 

Ada dua pemain yang dilaporkan mengalami cedera selama persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh dan dalam tahap pemulihan. 

Baca Juga

Shin Tae-yong mengaku buta kekuatan dua calon lawan timnas Indonesia U-19 di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dua negara tersebut adalah Hong Kong dan Timor Leste. 

Hanya Vietnam yang pernah dihadapi di Piala AFF U-19 2022, sehingga pelatih asal Korea Selatan itu sudah punya gambaran terhadap kekuatan lawan. 

Dari empat negara di Grup F, hanya juara grup yang dipastikan lolos lebih cepat ke babak utama Piala Asia U-20. Sedangkan runner-up masih harus bersaing dengan lima dari grup lain (lima runner-up terbaik). 

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongYunus NusiKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini