x

Absen Lawan Persis Solo di Liga 1, Ini Penjelasan Cedera Bintang PSS Sleman

Selasa, 13 September 2022 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain PSS Sleman usai mencetak ke gawang Persita Tangerang di laga BRI Liga 1 2022.

INDOSPORT.COM - Bintang PSS Sleman, Ze Valente, ternyata mengalami cedera hamstring, yang membuatnya absen saat melawan Persis Solo di Liga 1, Sabtu (10/9/22) lalu. Pemain asal Portugal berpotensi absen sepanjang September ini.

Ze Valente merupakan rekrutan terbaik tim PSS Sleman musim ini. Gelandang yang punya prestasi di Liga 2 Portugal tersebut menjadi andalan sektor tengah.

Baca Juga

Setelah tak tergantikan dalam tujuh laga awal Liga 1 2022/2023, Ze Valente pertama kali diganti dalam pertandingan saat PSS melawan Dewa United.

Ternyata, ia diganti kerena mengalami cedera hamstring. Cedera itulah yang membuatnya absen saat PSS Sleman menang atas Persis Solo 2-1.

"Dia terkena cedera pada otot hamstring, ada sedikit robekan," kata fisioterapis PSS Sleman, Alfian Pradana, Selasa (13/9/22).

Baca Juga

Cedera hamstring biasanya membutuhkan waktu tak sebentar untuk pulih. Rekannya dari Portugal, Carlos Fortes, bahkan sampai berobat ke klinik yang terafiliasi dengan klub Benfica FC.

Situasi ini turut dialami dua rekan Fortes di PSIS, Eka Febri serta Wahyu Prasetyo. Begitu pula dengan palang pintu Persis Solo, Jaimerson Xavier.

Para pemain itu membutuhkan waktu lama untuk pulih 100 persen. Hal sama berpotensi terjadi pada Ze Valente. Makanya, Ze Valente berpotensi absen sepanjang September ini.

Baca Juga

PSS Sleman akan bermain lawan Persikabo 1973 pada Kamis (15/9/22) serta melawan Persita Tangerang pada 29 September 2022 mendatang.

"Saat ini kita masih lihat perkembangannya, untuk dilakukan penanganan agar cepat kembali ke latihan," tutur Alfian.
 


1. Empat Pilar Sembuh

Suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS). Foto: Media PSS Sleman

Kabar baiknya, ketika Ze Valente harus menepi, pilar-pilar tim Elang Jawa yang sempat cedera sudah pulih. Kini, hanya tersisa enam pemain, termasuk Ze Valente, yang masih latihan terpisah.

Empat pemain yang sudah kembali adalah Purwaka Yudi, Riki Dwi Saputra, Saddam Emiruddin Gaffar serta Todd Rivaldo Ferre. Bahkan, Purwaka sempat masuk line up melawan Persis Solo, meski akhirnya tak bermain.

"Untuk sisanya, proses sudah 70-80 persen. Kita akan gunakan waktu pada jeda kompetisi selama dua pekan. Insya Allah setelah itu bisa gabung dengan tim," jelas Alfian.

Jeda kompetisi yang dimaksud adalah jeda kalender FIFA. Timnas Indonesia akan memanfaatkan kalender FIFA untuk uji coba melawan Curucao pada 24 September dan 27 September 2022.

Agenda Timnas Indonesia membuat jadwal kompetisi dikosongkan, agar pemain pilihan Shin Tae-yong bisa gabung Timnas Indonesia dengan tenang.


2. Bikin Seto Pusing

Pertandingan antara Dewa United vs PSS Sleman di BRI Liga 1. Foto: Dewa United

Saat melawan Persis Solo, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, dibuat pusing karena banyaknya pemain yang cedera.

Makanya, Seto harus mengutak-atik pemain yang ada untuk menempati posisi baru. Salah satunya bek sayap, Ibrahim Sanjaya, yang ditempatkan sebagai gelandang sayap.

Baca Juga

"Sedikit cerita juga, memang kami tidak banyak pilihan, yang berlatih hanya 19 pemain, ya itu yang main-main. Makanya Sanjaya saya pasang di winger. Memang banyak yang cedera. Harapannya kedepan pemain yang cedera segera pulih," ucap Seto.

Untung saja, dalam laga itu PSS Sleman menang atas Persis Solo 2-1, lewat gol bunuh diri Fabiano Beltrame serta gol Irkham Zahrul Milla.

Baca Juga

Saat ini, PSS berada di peringkat sembilan pada klasemen sementara Liga 1 2022/2023 berbekal 12 poin, hasil tiga kemenangan, tiga kali seri dan menelan tiga kekalahan.

Setelah ini, PSS Sleman akan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Pakansari Bogor, Kamis (14/9/22) mendatang. Rombongan tim berangkat dari Sleman pada Selasa (13/9/22) pagi ini.

PSS SlemanPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Ze Valente

Berita Terkini