x

Viral! Media Malaysia Soroti Satu Bintang Timnas Indonesia dari Luar Negeri Jelang Hadapi Curacao

Rabu, 14 September 2022 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Dipanggilnya deretan bintang Timnas Indonesia yang main di luar negeri untuk menghadapi Curacao pada FIFA Matchday 2022 mendapat sorotan dari media di Malaysia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani laga persahabatan bertajuk FIFA Matchday 2022 melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang.

Baca Juga

Guna memperkuat Timnas Indonesia, PSSI telah memanggil sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri. Salah satunya, Pratama Arhan yang saat ini bermain untuk tim J-League 2, Tokyo Verdy.

Pemanggilan Pratama Arhan yang hanya lewat sebuah panggilan video Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun menjadi sorotan media Malaysia, Semuanya Bola.

Dalam berita yang terbit pada 12 September 2022, Semuanya Bola menyoroti pernyataan Pratama Arhan bergabung dengan Timnas Indonesia kepada Iwan Bule (sapaan akrab Mochamad Iriawan).

Baca Juga

“Perbincangan antara kedua insan tersebut dibagikan oleh Iriawan sendiri di Instagramnya kemarin dan mendapat reaksi positif dari fans Indonesia tentang sang pemain,” tulis Semuanya Bola.

Dalam video tersebut, Pratama Arhan menyatakan dirinya siap bermain di FIFA Matchday melawan Curacao setelah diizinkan meninggalkan Tokyo Verdy untuk sementara.

Selain itu, mantan pemain PSIS Semarang itu juga mengonfirmasi akan terbang kembali ke Indonesia pada tanggal 18 September mendatang.

Baca Juga

Kedatangan Pratama Arhan ini memancing rasa penasaran Semuanya Bola mengenai skuad Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong untuk laga persahabatan tersebut.

“Karena pilar pertahanan Indonesia pasti akan bermain untuk tim nasional, bisa dikatakan bahwa Shin Tae-yong pasti memiliki lebih banyak pilihan pemain untuk pertandingan persahabatan ini,” tulis media tersebut.


1. Panggil 5 Pemain Timnas Indonesia yang Main di Luar Negeri

Egy Maulana Vikri. Foto: Instagram@pssi

Semuanya Bola juga menuliskan bahwa bukan hanya Pratama Arhan saja yang dipanggil Timnas Indonesia. Beberapa nama pemain yang berkarier di luar negeri juga dipanggil, seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Asnawi Mangkualam,

“Selain dia, Indonesia masih memiliki pemain bagus lainnya yang tampil di luar negeri seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Asnawi Mangkualam,” lanjut media tersebut.

Baca Juga

Namun, media ini tidak menganggap Jordi Amat dan Sanndy Walsh bagian dari nama-nama pemain yang akan dipanggil untuk Timnas Indonesia.

Pasalnya kedua pemain tersebut masih dalam tahap proses pendaftaran untuk dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia.

“Namun, Tae-yong harus melupakan jasa pemain warisan baru mereka, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh, saat kedua pilar tersebut masih dalam proses pendaftaran untuk mendapatkan kewarganegaraan,” papar media tersebut.

Baca Juga

Dua laga persahabatan melawan Curacao ini akan dilakoni pada 24 dan 27 September yang pertama berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Untuk laga kedua, awalnya pertandingan akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), namun karena beberapa faktor, venue pun dipindah ke Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.


2. Iwan Bule Video Call Pratama Arhan, Pengalihan Isu?

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Banyak yang menilai bahwa aksi Iwan Bule tersebut adalah salah satu caranya untuk mendapatkan hati rakyat, setelah beredar isu ia akan maju sebagai di pemilu nanti.

Bahkan, pembatalan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi pertandingan Timnas Indonesia, juga dituding sarat unsur politik.

Konon, pertandingan akan dipindahkan ke Stadion Pakansari di Bogor, Jawa Barat. Netizen mencium aroma politis karena Iwan Bule mau laga digelar di daerah pemilihan.

Alhasil, netizen menganggap video call Pratama Arhan hanyalah pengalihan isu, dan mereka memberondong akun media sosial Iwan Bule seolah sedang 'demo'.

"Pengalihan isu, jangan lupa JIS for Timnas," komentar dari pemilik akun @fikri_ram**.

"Jangan sampai kualitas permainan Arhan menurun Pak, karena main di Pakansari yang rumputnya amburadul, jauh sama yang di Tokyo," balas @remaja_naba**.

"Main di Pakansari katanya penonton akan lebih banyak. Lebih banyak di JIS, bisa menampung 82 ribu, Pakansari rumputnya nggak rata," timpal akun @yuliodraj**.

Baca selengkapnya: Iwan Bule Pulangkan Pratama Arhan dari Tokyo Verdy, Netizen Malah 'Demo' Hal Ini

Timnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini