x

Liga 1: Bali United Tanpa Pacheco, Ini Repsons Caretaker Persis Solo

Kamis, 15 September 2022 14:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Caretaker Persis Solo, Rasiman, meyakini kekuatan Bali United tak akan berkurang meski bermain tanpa Willian Pacheco di Liga 1. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Caretaker Persis Solo, Rasiman, meyakini kekuatan Bali United di Liga 1 tak akan berkurang meski bermain tanpa Willian Pacheco. Persis Solo tetap harus disiplin ketiika melawan Serdadu Tridatu di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/09/22).

Pertemuan kedua tim bisa dibilang sebagai laga telat. Biasanya, awal kompetisi menjadi momen juara bertahan Liga 1 melawan tim promosi yang berstatus juara Liga 2.

Baca Juga

Namun kala itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) pilih mempertemukan Bali United dengan tim bertabur bintang Eropa, Persija Jakarta.

Persis Solo pada akhirnya baru bisa bersua Bali United pada laga pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023. Dalam laga ini, kedua tim sama-sama tak diperkuat palang pintu andalan.

Persis Solo kemungkinan akan bermain tanpa Jaimerson Xavier. Pemain asal Brasil ini mengalami cedera hamstring. Cedera itu membuatnya absen dalam laga lawan PSS Sleman, Sabtu (10/09/22).

Baca Juga

Sementara Bali United secara mengejutkan tak diperkuat Willian Pacheco. Pacheco tak terlihat saat Bali United melakukan sesi latihan resmi di Stadion Manahan, Rabu (14/09/22).

Tak jelas mengapa Bali United tak membawa Pacheco dalam lawatan ke Kota Solo. Ia tak cedera saat melawan Dewa United, juga tak sedang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Namun begitu, Rasiman tak merasa kekuatan Bali United berkurang dengan bermain tanpa Pacheco.

Baca Juga

"Bali ini tim juara berturut-turut. Mereka punya pelapis yang sama baiknya. Ketika ada pemain yang cedera saja, mereka masih stabil," kata Rasiman, Rabu (14/09/22).

Rasiman menilai kedalam skuat Bali United sangat bagus. Dalam satu posisi ada dua hingga tiga nama yang sama baiknya.


1. Kedalam Skuad Teruji

Bali United sukses pesta gol 6-0 ke gawang Dewa United dalam laga Liga 1, Sabtu (10/09/22).

Hal ini terbukti ketika melawan Dewa United. Bali United kehilangan M Rahmat, Irfan Jaya dan Yabes Roni Malaifani karena cedera, tapi tetap bisa menang 6-0 atas Dewa United.

"Bali ini memang disiapkan untuk bermain di AFC dan Liga 1. Jadi mereka punya back-up pemain yang mumpuni. Absennya satu orang saya kira tidak akan memengaruhi tim," jelas Rasiman.

Baca Juga

"Terbukti saat melawan Persebaya ada dua yang cedera, tapi setelah ini malah menangnya lebih banyak. Jadi, Bali ini tim matang. Kita harus secara cermat menghadapinya," lanjut Rasiman.

Manfaatkan Peluang Emas

Dalam laga terakhir melawan PSS Sleman, Persis Solo takluk 1-2 meski mendominasi penguasaan bola serta jumlah peluang. Salah satu masalah terbesarnya adalah penyelesaian akhir.

Ada banyak pihak yang mengkritisi individualisme para barisan depan. Namun, penilaian berbeda dimiliki Rasiman. Menurutnya, para pemain depan terkadang juga punya sifat individualis yang menguntungkan.

Baca Juga

"Saat lawan Sleman, kita create sepuluh peluang. Sebelumnya saat lawan Madura United, kita buat sebelas peluang. Untuk membuat gol memang hal yang susah. Untuk itu kita perlu decision making yang perlu di-improve dari pemain," tutur Rasiman.

"Kadang pengambilan keputusan itu, terutama para penyerang, memang terlihat egois, tapi kadang juga membuahkan hasil. Yang jelas kita bekerja sebagai tim bukan individu," ujarnya.

Dalam laga ini, Persis Solo menjanjikan sebuah kejutan untuk Bali United. Kemungkinan, ada perombakan pemain yang akan dilakukan dibanding saat melawan PSS Sleman.

Baca Juga

Salah satu pemain yang sudah dipastikan tampil adalah Andri Ibo. Mantan kapten tim Persik Kediri ini dihadirkan dalam sesi jumpa pers resmi.

Belum diketahui posisi mana yang akan ditempati Andri Ibo. Ia bisa berperan sebagai bek tengah, bersama Fabiano Beltrame, namun juga bisa jadi bek kanan.


2. Prediksi Liga 1 Persis Solo vs Bali United

Prediksi pertandingan antara Persis Solo vs Bali United (BRI Liga 1).

Berikut prediksi Liga 1 Indonesia 2022-2023 antara Persis Solo melawan Bali United di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/09/22) malam. Laskar Sambernyawa berusaha bangkit, namun ini jadi sebuah misi sulit.

Persis Solo masih tak konsisten meski kompetisi Liga 1 sudah memainkan sembilan partai. Level permainan mereka masih naik turun sepanjang 90 menit.

Inkonsistensi itu yang membuat mereka harus menerima kenyataan kalah dari PSS Sleman 1-2, Sabtu (10/09/22) lalu. Padahal, Sutanto Tan dkk. menguasai jalannya babak pertama.

Kini, mereka mengusung misi bangkit ketika bermain lagi di Stadion Manahan Solo. Tiga poin dibutuhkan Persi Solo untuk menjauhi zona bawah.

Namun, misi bangkit diusung ketika bersua Bali United. Tim lawan sedang bagus-bagusnya menyusul lima kemenangan beruntun. Tiga dari kemenangan di Liga 1 itu didapat dalam laga tandang.

Baca Selengkapnya: Prediksi Liga 1: Persis Solo vs Bali United, Misi Sulit Laskar Sambernyawa

Persis SoloBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1RasimanBerita Liga 1

Berita Terkini