x

Timnas Indonesia U-20 Hajar Timor Leste, Pengamat Kritik Keras Penampilan Ronaldo Kwateh

Kamis, 15 September 2022 14:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-20 berhasil menghajar Timor Leste dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, tetapi ada catatan untuk Ronaldo Kwateh. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 berhasil menghajar Timor Leste dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Namun, ada catatan untuk Ronaldo Kwateh.

Tampil sebagai tuan rumah saat bermain di Gelora Bung Tomo, Rabu (14/09/22) malam, Timnas Indonesia U-20 berhasil menghajar Timor Leste dengan kemenangan telak 4-0.

Baca Juga

Walau ada banyak wajah baru dalam line-up Timnas Indonesia U-20, permainan anak asuh Shin Tae-yong tetap menjanjikan.

Baru pada menit ke-11, Garuda Muda sudah menggetarkan GBT. Hokky Caraka sukses melesakkan gol pembuka ke gawang Timor Leste, Timnas Indonesia memimpin 1-0.

Meski pertahanan Garuda Muda sempat direpotkan dengan serangan Timor Leste, tetapi tuan rumah justru berhasil mencetak gol kedua pada menit 29, lewat Hokky Caraka.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong akhirnya memasukkan Ronaldo Kwateh untuk menambah daya gedor Timnas.

Empat menit setelah pemain keluar dari ruang ganti, Timnas Indonesia mencetak gol ketiganya melalui sundulan Hokky Caraka. Ia menjadi bintang dengan hattrick tersebut.

Garuda Muda menambah satu gol melalui sundulan Rabani Tasnim, setelah menerima lemparan dari Robi Darwis. Skor akhir 4-0.

Baca Juga

Walau berhasil menang telak dan meraih posisi kedua di klasemen sementara Grup F, namun ada catatan penting yang diberikan oleh pengamat sepak bola, Binder Singh.

Ada evaluasi khusus yang ia berikan pada Ronaldo Kwateh, striker jebolan Madura United yang tampil di babak kedua, tetapi belum bisa mencetak gol untuk Timnas U-20.


1. Evaluasi untuk Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh saat mengikutu latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22).

Menurut komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh, Ronaldo Kwateh terlihat belum nyetel dengan permainan Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong.

Padahal, Ronaldo Kwateh bukanlah wajah baru. Ia sudah menjadi andalan sejak Piala AFF U-19 2022, dan kembali dipanggil untuk melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

"Jujur saya melihat Ronaldo Kwateh masih belum bisa nyetel permainannya, kalau saya melihatnya terlalu stylish, banyak gaya," blak-blakan Binder Singh via Youtube.

"Dia kelamaan dan kebanyakan menguasai bola, tidak cepat mengaliran bola, sehingga dia juga sering kehilangan kontrol bola."

Meski Binder Singh juga mengakui kualitas Ronaldo Kwateh, namun ia belum puas dan memberikan peringatan agar penggawa Madura United itu tidak main individualis.

Baca Juga

"Apalagi ketika dia mengandalkan skill individunya, terus menerus bisa diblok oleh pemain Timor Leste. Ini masih menjadi PR bagi Ronaldo Kwateh," tegas Binder.

Komentator berkepala plontos itu juga mengingatkan bahwa Timnas Indonesia U-20 memerlukan permainan tim, tidak boleh hanya mengandalkan individu.

Baca Juga

"Sepak bola itu bukan satu lawan sebelas, tapi sebelas lawan sebelas. Kalau mau main sendiri, enggak akan bisa dapat hasil yang baik," tukas Binder Singh di Youtube-nya.

Ia berharap Ronaldo Kwateh semakin nyetel dengan Timnas Indonesia U-20 di matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, saat melawan Hong Kong, Jumat (16/09/22) nanti.


2. Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Selebrasi gol pemain Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Rabu, 14 September 2022

Vietnam 5-1 Hong Kong
Indonesia 4-0 Timor Leste

Jumat, 16 September 2022

Timor Leste vs Vietnam
Hong Kong vs Indonesia

Minggu, 18 September 2022

Hong Kong vs Timor Leste
Indonesia vs Vietnam

*Seluruh pertandingan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Binder SinghRonaldo KwatehKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini