x

Liga 1: Rasiman Beberkan Kunci Kemenangan Persis Solo Atas Bali United 2-0

Jumat, 16 September 2022 08:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Caretaker Persis Solo, Rasiman, membeberkan kunci sukses menang atas Bali United 2-0 pada lanjutan Liga 1 2022-2023, Kamis (15/9/22). Seluruh perubahan taktik berjalan dengan maksimal.

Persis Solo banyak melakukan perubahan pada laga di Stadion Manahan Solo ini. Gavin Kwan Adsit dikembalikan ke posisinya sebagai bek kanan, dari biasanya gelandang sayap kanan.

Baca Juga

Lalu, Alexis Messidoro yang biasanya jadi gelandang serang, ditarik ke belakang menjadi gelandang tengah. Sementara Ryo Matsumura ditempatkan di belakang penyerang, dari biasanya gelandang sayap kiri.

Perubahan ini ternyata gagal diantisipasi Bali United. Kehebatan Shulton Fajar dalam mematikan setiap pergerakan Eber Bessa dan menekan Brwa Nouri pada akhirnya berbuah hasil.

Persis Solo sukses mendominasi permainan. Meski Messidoro sempat gagal mengeksekusi penalti, namun Persis Solo bisa bangkit dan mencetak dua gol dari Ryo Matsumura.

Baca Juga

"Kita coba manage defense. Kita lebih langsung ke taktik 4-4-2 ketika defensive, karena kita tahu setiap bola yang mengarah ke gelandang mereka, pasti akan menjadi persoalan buat kita," kata Rasiman usai pertandingan.

"Dengan strategi itu, akhirnya Bali saya rasa tidak bisa berkembang dengan maksimal, sehingga kita punya kesempatan lebih untuk mengontrol pertandingan," lanjut Rasiman.

Rasiman pun menjelaskan pergeseran posisi yang dilakukannya dalam laga ini. Setelah kekalahan atas PSS Sleman 0-2, ia coba melihat lagi potensi setiap pemain yang dimilikinya.

Baca Juga

"Kita pekan kemarin mengubah pemain di posisi berbeda, karena analisis kita ada beberapa pemain yang belum menemukan tempatnya. Jadi kita lihat hari ini ada beberapa pemain yang bermain di tempat seharusnya mereka bermain," tutur Rasiman.

Menempatkan Messidoro ke posisi gelandang tengah membuat transisi berjalan lebih cair. Gelandang asal Argentina itu lebih terfokus bagaimana mengalirkan bola dari belakang ke depan.


1. Jauhi Zona Degradasi

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Peran itu membuat Messidoro tak banyak melakukan aksi individu lagi. Justru dia lebih sering jemput bola, untuk kemudian dialirkan ke sektor sayap maupun langsung direct ke Samsul Arif sebagai penyerang.

"Kita tahu Ryo punya kecepatan. Dengan main di kiri, dia kemarin move, membuat sesuatu tapi tidak ada penyelesaian akhir yang bagus. Jadi, saya menempatkan dia di belakang striker," jelas Rasiman.

"Lalu striker, Samsul Arif kita tahu dia pemain yang licin ya. Dia main bagus dalam laga ini, walau tidak cetak gol, tapi dia membuat hal yang berbahaya bagi Bali United," imbuh Rasiman.

Baca Juga

Perubahan itu berefek pada dua gol yang tercipta. Gavin sebagai bek kanan bisa memberikan assist, yang kemudian disundul Ryo Matsumura.

Lalu untuk gol kedua, pergerakan Ryo tak terdeteksi hingga bisa menyelesaikan bola yang ada di dalam kotak penalti Bali United. Ryo mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Bali United.

Kemenangan ini membuat Persis Solo mengoleksi 10 poin, hasil tiga kali menang, sekali imbang dan menelan enam kekalahan.

Tambahan tiga poin membuat mereka bisa menjauhi zona degradasi. Untuk sementara waktu, Persis Solo ada di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Koleksi poin ini sebenarnya sama dengan Persebaya Surabaya yang baru saja kalah dari Rans Nusantara FC 1-2 di Sidoarjo. Namun, Persis Solo lebih unggul dalam selisih gol.

Setelah ini, kompetisi Liga 1 akan memasuki masa jeda karena FIFA Matchday. Klub-klub Liga 1, termasuk Persis Solo, memiliki waktu sekitar dua pekan untuk berbenah.

Persis Solo baru akan bertanding lagi pada 29 September 2022 dengan menghadapi PSM Makassar di Stadion Manahan Solo.


2. Teco Singgung Insiden Kartu Merah Pasca Dikalahkan Persis Solo

Bali United yang diwakili pelatih Stefano Cugurra Teco dan I Made Andhika Wijaya datang dalam sesi jumpa pers di Ubud Gianyar, Kamis (23/6/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra buka suara usai timnya keok di markas Persis Solo dalam laga lanjutan Liga 1 2022-2023 Kamis (15/9/22).

Sosok yang akrab disapa Teco tersebut menyinggung insiden kartu merah Serdadu Tridatu yang menurutnya punya pengaruh signifikan pada hasil pertandingan.

Baca selengkapnya: Liga 1: Bali United Keok di Markas Persis Solo, Teco Singgung Insiden Kartu Merah

Persis SoloBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Rasiman

Berita Terkini