x

5 Tangan Kanan Graham Potter di Chelsea, Ada Bekas Manajer Supermarket

Selasa, 20 September 2022 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi Graham Potter di laga Chelsea vs RB Salzburg (15/09/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM – Berikut 5 pembantu Graham Potter di Chelsea di mana salah satunya adalah mantan manajer supermarket di Swedia.

Graham Potter resmi menjadi pelatih baru Chelsea terhitung sejak 8 September 2022, usai The Blues memutuskan untuk memecat Thomas Tuchel.

Baca Juga

Pria berusia 47 tahun itu ditebus oleh Chelsea dari Brighton. Disebut-sebut, untuk menebusnya The Blues harus mengeluarkan dana hingga 13 juta poundsterling (Rp222 miliar).

Chelsea memilih Graham Potter sebagai suksesor Tuchel bukan tanpa alasan. Diketahui, pelatih berkebangsaan Inggris ini punya rekam jejak apik dalam kepelatihannya.

Meski tak punya kiprah menangani tim-tim besar, Graham Potter mampu membuat Brighton sebagai salah satu penakluk tim besar di Liga Inggris.

Baca Juga

Selain itu, ia memiliki rekam jejak unik, di mana di awal karier kepelatihannya mampu membawa Ostersunds promosi dari kasta keempat hingga tampil di Liga Europa.

Kemampuan Graham Potter dalam mengangkat performa tim serta kemampuannya memainkan sepak bola progresif dengan para pemain muda membuat Chelsea merekrutnya.

Maka tak mengherankan jika Chelsea berani memberikannya kontrak berdurasi panjang, yakni 5 tahun dengan bayaran 12 juta poundsterling (Rp205 miliar) per tahunnya.

Baca Juga

Kehebatan Graham Potter dalam meracik strategi, termasuk dalam memilih pemain buruannya, tak berkat kecerdasannya semata, melainkan juga berkat para tangan kanannya.

Tak disangka, para tangan kanannya di Brighton pun turut dibawanya ke Chelsea. Siapa saja para pembantu Potter tersebut?


1. Tangan Kanan Graham Potter di Chelsea

Pelatih baru Chelsea, Graham Potter saat memimpin Brighton melawan Newcastle United (13/08/22). (Foto: REUTERS/Toby Melville)

1. Billy Reid

Billy Reid merupakan tangan kanan pertama Graham Potter. Jabatannya sendiri adalah sebagai asisten manajer bagi pelatih berusia 47 tahun itu.

Billy Reid sendiri sudah lama bersama Graham Potter. Tercatat, ia sudah menjadi asisten pelatih baru Chelsea itu sejak di Ostersunds.

Pria asal Skotlandia ini bukan orang sembarangan.pasalnya ia pernah menjuarai kasta kedua Skotlandia bersama Hamilton Academical ke kasta teratas.

Selain itu, ia mampu meraih penghargaan pelatih terbaik Skotlandia karena pencapaiannya itu. Maka tak heran jika Graham Potter mampu meramu taktik ciamik karena ada sosok Billy Reid.

Baca Juga

2. Bjorn Hamberg

Sama seperti Billy Reid, Bjorn Hamberg merupakan tangan kanan Graham Potter di Chelsea. Ia merupakan asisten pelatih, atau sosok yang bertanggung jawab atas latihan.

Bersama Billy Reid, Bjorn Hamberg juga menjadi tangan kanan Graham Potter di Ostersunds. Sehingga ketiganya telah bekerjasama sejak lama.

Siapa sangka, Bjorn Hamberg dulunya merupakan manajer supermarket di Swedia, sebelum dirinya menjadi pelatih seperti saat ini.

Baca Juga

3. Bruno Saltor

Sama seperti Bjorn Hamberg, Bruno Saltor merupakan asisten pelatih Graham Potter yang mengurusi tim dalam melakoni latihan.

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Bruno Saltor sendiri baru bekerjasama dan masuk staf kepelatihan Graham Potter di Brighton.

Sebelum masuk staf kepelatihan, dirinya adalah legenda Brighton. Total 225 penampilan dibuat pria asal Spanyol itu bagi klub berjuluk The Seagulls tersebut.


2. Ada Otak Kesuksesan Brighton

Pelatih Brighton, Graham Potter, di laga kontra Fulham (30/08/22). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

4. Kyle Macaulay

Kyle Macaulay bukanlah asisten pelatih seperti Billy Reid, Bjorn Hamberg, dan Bruno Saltor. Dirinya merupakan perpanjangan tangan Graham Potter ke manajemen.

Diketahui, Macaulay adalah sosok yang bertanggung jawab atas perekrutan pemain yang cocok untuk filosofi permainan Graham Potter.

Baca Juga

Dari sosok Macaulay ini, Brighton mendapat pemain-pemain yang tepat untuk Graham Potter, seperti Moises Caicedo dan Yves Bissouma.

Diketahui, sosok Macaulay ini telah bekerjasama dengan Graham Potter sejak di Ostersunds. Sehingga, dirinya turut dibawa Chelsea agar bisa menemukan pemain yang pas bagi pelatih barunya itu.

5. Ben Roberts

Ben Roberts merupakan pelatih kiper yang dipercaya Graham Potter. Ia sendiri akan bekerjasama dengan Henrique Hilario, pelatih kiper Chelsea sejak lama.

Baca Juga

Ben Roberts sendiri tak asing dengan Chelsea. Sebab, dirinya sudah pernah berhadapan dengan klub asal London Barat tersebut kala bermain bagi Middlesbrough di final Piala FA 1997.

Ia sendiri baru bergabung di staf kepelatihan Brighton sejak 2015. Berkat sumbangsihnya, The Seagulls saat ini memiliki kiper hebat pada sosok Robert Sanchez.

ChelseaBrighton & Hove AlbionThomas TuchelOne FootballGraham Potter

Berita Terkini