x

Liga 1: Arema FC Tidak Mengambil Opsi TC dan Uji Coba Selama Jeda FIFA Match Day

Jumat, 23 September 2022 23:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Manajer Arema FC, Ali Rifki (kiri) bersama Javier Roca. Foto: MO Arema FC

INDOSPORT.COM - Arema FC memilih untuk fokus dalam upaya pembenahan selama jeda kompetisi Liga 1 karena agenda FIFA Matchday hingga akhir September.

Klub berlogo kepala singa itu tidak mengambil opsi menggelar Training Center (TC), sebagaimana yang dilakukan tim lainnya.

Baca Juga

Padahal, menggelar TC menjadi opsi yang dinilai tepat untuk memberikan waktu penyegaran atas ketatnya 10 jadwal kompetisi Liga 1 yang telah dilakoni tim.

"Memang ada jeda dua pekan selama FIFA Matchday. Tapi sudah dikurangi libur 4 hari, sehingga tersisa 10 hari saja," ucap manajer tim, Muchammad Ali Rifki.

Sehingga, menggelar TC dalam jangka waktu tertentu dinilai bukan sebagai opsi yang tepat. Waktu yang terbatas menjadi pertimbangan utama.

Baca Juga

Karena jika menempuh TC, maka setidaknya Arema FC membutuhkan waktu sampai satu pekan untuk menggelarnya, ditambah lagi kalau TC itu di luar Malang.

"Tim lebih fokus menggelar program latihan rutin saja, bukan TC. Jadi selama jeda kompetisi, TC belum kami pikirkan dulu," beber Ali Rifki.

"Biasanya kan (TC) digelar di awal musim. Tapi kami terkendala (waktu) karena kompetisi sudah berjalan," pengusaha berusia 41 tahun itu menambahkan.

Baca Juga

Lagipula, jadwal Arema FC juga tak main-main begitu FIFA Matchday rampung, seiring Timnas Indonesia berlaga pada 24 dan 27 September nanti.

Anak asuh Javier Roca sudah ditunggu Derbi Jatim melawan Persebaya Surabaya pada jadwal pekan ke-11 Liga 1 di Malang, Sabtu (01/10/22) mendatang.


1. Tiadakan Uji Coba

Arema FC memutuskanuntuk tidak menggelar laga uji coba di jeda Liga 1.

Seiring hal itu, manajemen juga belum melakukan diskusi perihal menggelar laga-laga uji coba dalam mengisi jeda kompetisi.

Dalam kebijakan sejumlah klub, laga uji coba juga bertujuan untuk menjaga kondisi pemain plus memberi atmosfer laga sebelum kembali memulai kompetisi Liga 1.

Baca Juga

"Kami (manajemen) belum berdiskusi soal ini dengan tim pelatih. Kalau pun ada, itu melalui pertimbangan pelatih," sebut Ali Rifki.

"Karena Coach Javier Roca lebih menaruh pemulihan kondisi fisik pemain sebagai prioritas selama jeda ini," tambah dia.

Johan Ahmat Farizi dkk sendiri sudah memulai program latihan dan berjalan intensif di Malang sejak Rabu (21/09/22), selepas 4 hari libur total.

Baca Juga

2. Derbi Jatim

Pelatih Arema FC, Javier Roca.

Arema FC tak cuma wajib membenahi segala kekurangan dari aspek teknis permainan selama jeda kompetisi dalam agenda FIFA Matchday selama akhir bulan ini.

Namun, kondisi kebugaran pemain juga menjadi fokus utama dari tim berjulukan Singo Edan itu. Terlebih, laga berikutnya bagi Arema FC juga tak kalah beratnya.

Baca Juga

Ya, tim kebanggaan Aremania itu akan menggelar Derby Jatim melawan rival berat, Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (01/10/22) mendatang.

Persiapan awal pun sudah dilakukan Arema FC seusai menjalani libur 3 hari. Adam Alis Setyano dkk sudah mulai berlatih sejak Rabu (21/09/22) kemarin.

"Sebagai profesional, kami sudah sepakat. Yaitu harus segera kembali berlatih usai menjalani liburan," beber Pelatih Arema FC, Javier Roca.

Baca Juga
Persebaya SurabayaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Javier RocaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini