x

Liga 1: Riyandi Dipanggil Timnas, Skuat Gemuk Bikin Persis Pede Hantam PSM

Sabtu, 24 September 2022 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Aksi kiper M. Riyandi mencoba menepis bola dalam latihan tendangan penalti.

INDOSPORT.COM - Caretaker Persis Solo, Rasiman, tak khawatir dengan stok kiper. Ketika Muhammad Riyandi dipanggil timnas Indonesia, tim masih punya Gianluca Pandeynuwu yang siap ditampilkan menghadapi PSM Makassar, Kamis (29/9/22).

Sektor penjaga gawang menjadi salah satu posisi dengan rekrutan terbaik musim ini. Riyandi dan Gianluca sama-sama punya kualitas untuk mengisi posisi nomor satu di bawah mistar.

Baca Juga

Musim lalu, Gianluca tampil dalam 23 partai bersama Borneo FC. Jumlah main itu mengalami peningkatan dibanding 14 laga pada Liga 1 2019.

Sementara itu, penampilan Riyandi juga lumayan banyak, yakni 15 kali bareng Barito Putera di Liga 1 2021-2022. Jumlah itu tak bisa disebut sedikit karena dia beberapa kali mengikuti agenda timnas Indonesia.

Dari dua nama itu, Persis Solo baru memainkan Muhammad Riyandi di Liga 1 2022-2023. Dia menjadi satu-satunya pemain yang belum pernah diganti dalam 10 partai musim ini.

Baca Juga

Riyandi tak pernah diganti karena memang tampil luar biasa. Ia menjadi kiper nomor kedua di Liga 1 dengan jumlah penyelamatan terbanyak (35), berselisih satu dari kapten Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa (36).

Namun, situasi ini berpotensi berubah saat melawan PSM Makassar. Ada peluang Gianluca Pandeynuwu mengisi posisi penjaga gawang di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga

Pasalnya, Riyandi saat ini memenuhi panggilan timnas Indonesia untuk laga melawan Curacao, Sabtu (24/9/22) dan Selasa (27/9/22). Dia baru pulang ke Solo pada H-1 laga melawan PSM Makassar.

"Riyandi pulang ke Solo tanggal 28 September. Saya rasa tidak masalah, tapi kita juga punya Gianluca Pandeynuwu yang juga termasuk top level goalkeeper di Liga 1. Dia punya jam terbang cukup banyak di Borneo FC," kata Rasiman.


1. Banyak Stok

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Selain Riyandi dan Gianluca, Persis Solo juga masih menyimpan Pancar Nur Widiastono, ditambah Erlangga Setyo yang baru pulang dari timnas Indonesia U-20.

Beralih ke urusan lain, Rasiman melihat dengan berjalannya waktu, setiap posisi punya lebih dari satu pemain mumpuni. Mereka perlahan mulai nyetel dengan gaya bermain Persis.

Baca Juga

Salah satu sektor itu adalah gelandang bertahan. Shulton Fajar bermain apik pada debutnya di Liga 1 melawan Bali United. Di sektor bek kanan ketambahan Gavin Kwan Adsit.

Gavin sendiri baru dikembalikan ke posisi bek kanan, setelah sempat menjadi gelandang sayap kanan. Rasiman menilai Gavin dan Eky Taufik punya karakter berbeda, namun kualitasnya sama-sama bagus.

Baca Juga

"Alhamdulillah pemain-pemain yang masuk (saat melawan Bali United) membawa dinamika yang berbeda dan cukup baik. Gavin, Shulton, debut yang baik dan Alfath yang kembali lagi ke pertandingan," cetus Rasiman.


2. Tunggu Jaime dan Rodri

Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Saat ini, kesiapan Persis Solo menuju laga melawan PSM Makassar terus digembleng. Laskar Sambernyawa menggelar uji coba pada Sabtu (24/9/22).

Selain untuk menjaga kondisi, Persis juga memantau kondisi Jaimerson Xavier dan Fernando Rodrigues. Kedua pemain asing ini absen sewaktu melawan Bali United.

Jaime dibekap cedera hamstring dan Rodri sempat operasi kecil pada bagian pipi dalam. Keduanya sudah ikut latihan namun, dengan porsi sewajarnya pekan ini.

Baca Juga

Jika keduanya sudah siap tempur, tentu Rasiman bakal lebih mudah untuk menyiapkan tim menyambut duel melawan PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 2022-2023.

Laga ini tak akan mudah karena PSM Makassar belum tersentuh kekalahan dalam sembilan laga di Liga 1 2022-2023. Mereka bahkan mencatatkan dua kemenangan dan dua hasil seri dalam empat laga tandang.

PSM MakassarPersis SoloLiga IndonesiaMuhammad RiyandiLiga 1Bola IndonesiaRasimanGianluca PandeynuwuBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini