x

UEFA Nations League: Inggris Gagal Balas Dendam dan Degradasi, Southgate Dicerca Fans Sendiri

Sabtu, 24 September 2022 11:10 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Italia, Giacomo Raspadori merayakan gol ke gawang Inggris di UEFA Nations League REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, dicerca fans sendiri setelah The Three Lions dibekuk Italia dengan skor tipis 1-0 di UEFA Nations League.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Italia dan Inggris sempat bertemu saat bentrok final Euro 2020.

Baca Juga

Laga ini sudah menjadi laga panas yang sarat kontroversi, seperti pemain Timnas Inggris bernama Bukayo Saka yang bajunya ditarik oleh Giorgio Chiellini demi menggagalkan counter-attack The Three Lions.

Alhasil, Chiellini diganjar kartu kuning oleh wasit yang mana hukuman itu merupakan pengorbanan yang ‘murah’ baginya daripada melihat Gli Azzuri kebobolan.

Laga tersebut berakhir seri 1-1 yang mana akhirnya dilanjutkan hingga babak adu penalti yang berhasil dimenangkan Italia dengan skor 3-2.

Baca Juga

Saat itu, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka, menjadi biang kerok kekalahan The Three Lions setelah gagal menjebol gawang Gianluigi Donnaruma di babak adu penalti.

Bahkan, banyak orang yang mempertanyakan keputusan Gareth Southgate yang menempatkan pemain muda, seperti Bukayo Saka, sebagai penendang terakhir padahal di babak ini.

Padahal setidaknya ia bisa menendang penalti lebih awal, sementara sisanya sebaiknya diserahkan kepada pemain yang lebih senior di skuad.

Baca Juga

Juni lalu Italia dan Inggris sempat bertemu. Akan tetapi, The Three Lions gagal membalaskan dendamnya lantaran laga itu berakhir dengan skor kacamata alias 0-0.

Berkesempatan sekali lagi bisa membalaskan dendam, Inggris malah harus menahan malu karena tumbang 1-0 lawan Italia sehingga Gareth Soutgate pun dicerca fansnya sendiri.


1. Southgate: Inggris Sudah Berada di Jalan yang Benar

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Dilansir dari Metro, Gareth Southgate paham mengenai reaksi fans Inggris yang mencemoohnya setelah The Three Lions tumbang melawan Italia.

Ya, Inggris kalah 1-0 kontra Italia di San Siro pagi dini hari tadi sehingga The Three Lions harus degradasi ke Grup B Nations League.

Baca Juga

Lebih parahnya lagi, Inggris memperpanjang rentetan buruk tanpa kemenangan di lima laga terakhir mengingat Piala Dunia bakal segera dimulai dua bulan lagi.

Setelah peluit akhir ditiup, Southgate mendekati tim supporter tandang untuk memuji dukungan supporter Inggris, tetapi ia disambut oleh cercaan lantaran membuat para fans frustrasi mengingat mereka melakukan perjalanan jauh.

“Sangat sulit untuk menentukan mengapa kami tidak mencetak gol. Saya pikir kami masuk ke area yang tepat,” kata Southgate, “kami memiliki saat-saat di mana kami akan mendapatkan umpan, tetapi kami tidak memberikan finishing yang berkualitas malam ini.”

Baca Juga

“Saya mengerti reaksi (para fans) pada akhirnya karena itulah hasil yang kami dapatkan di kompetisi ini. Itu adalah reaksi emosional yang bisa dimengerti.”

Inggris mengulangi rekor buruk yang sempat terjadi November 2000 lalu yang mana The Three Lions menjalani tiga laga tanpa mencetak satu pun gol.

Meski begitu, Gareth Soutgate menyebut bahwa Inggris sudah selangkah di jalan yang benar yang tidak lepas dari jumlah tembakan ke gawang, tembakan tepat sasaran, dan penguasaan bola yang lebih banyak.

“Banyak penampilan individu yang bagus. Saya pribadi berpikir performa (tim) sudah selangkah di jalan yang benar. Saya sepenuhnya mengerti karena hasil akhirnya kurang diharapkan,” tutup Southgate.


2. Jelang Piala Dunia 2022, Inggris Bakal Coret Bintang Man United dan Liverpool

Selebrasi Jadon Sancho usai mencetak gol ke gawang Manchester City (06/03/22). (Foto: Reuters/Carl Recine)

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, disebut bakal mencoret beberapa nama besar, termasuk di antaranya pemain Liverpool dan Manchester United, di Piala Dunia 2022.

Gareth Southgate diyakini segera mengumumkan skuat final timnas Inggris yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ada beberapa nama besar yang diyakini akan dicoret eks pelatih Middlesbrough ini di antaranya pemain Manchester United, Arsenal, dan Liverpool.

Dilansir Express, ada empat pemain yang kemungkinan tak akan bergabung dengan timnas Inggris terlepas dari performa yang ditunjukkan di kompetisi beberapa pekan ini.


Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/amp/20220923/skuat-inggris-untuk-piala-dunia-2022-segera-dirilis-bintang-man-uniteddan-liverpool-out

InggrisItaliaGareth SouthgateBola InternasionalUEFA Nations LeagueOne Football

Berita Terkini