x

Timnas Indonesia Menang atas Curacao, Shin Tae-yong Apreasiasi Kerja Keras Pemainnya

Minggu, 25 September 2022 02:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ilham Oktafian
Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Curacao, dengan skor 3-2 pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/09/22). Shin Tae-yong angkat topi dengan kerja keras anak asuhnya.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Curacao, dengan skor 3-2 pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/09/22). Shin Tae-yong angkat topi dengan kerja keras anak asuhnya.

Tiga gol timnas Indonesia pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Marc Klok (18'), Fachruddin Aryanto (23') dan Dimas Drajad (56'). Sedangkan gol Curacao, melalui Rangelo Maria Janga (7') dan Juninho Gracilelo Bacuna (25').

Baca Juga

Setelah pertandingan, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai kemenangan tersebut didapat berkat kerja keras anak asuhnya. Pasalnya, sepanjang laga Fachruddin dan kawan-kawan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

Secara ranking FIFA timnas Indonesia cukup jauh di bawah Curacao, selain itu postur tubuh pemain lawan juga tinggi. Meski demikian, dengan semangat dan kerja keras, skuat Garuda akhirnya bisa mengamankan kemenangan.

"Pertama-tama, Curacao FIFA rankingnya memang di atas kita, jauh ya, secara postur tubuh pun memang lebih baik dari tim Indonesia," kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

Baca Juga

Pada pertandingan tersebut, skuat Garuda sempat tertinggal lebih dulu dari Curacao melalui gol yang dicetak oleh Rangelo Maria Janga (7'). Namun, timnas Indonesia mampu bangkit hingga akhirnya bisa memenangkan laga dengan skor 3-2.

"Memang banyak hal yang menyusahkan tim kita, sampai gol pertama pun kita kemasukan, tapi tetap kita bisa membalikkan skor dan memang punya kehausan terhadap kemenangan di home," ungkapnya.

Pelatih asal Korea Selatan ini, mengucapkan selamat kepada anak asuhnya yang mampu bermain penuh motivasi dan mempertahankan keunggulan di FIFA Matchday tersebut.

Baca Juga

"Jadi para pemain sangat bekerja keras, oleh karena itu saya terima kasih banyak dan pemain memang sangat baik untuk hari ini," ungkap Shin Tae-yong.

"Memang lawan kita bukan hanya negara asia saja, tapi diluar itu postur tubuh sangat baik, tapi kita bisa melawan dengan baik dan tidak ada ketakutan kepada pemain lawan hari ini," ucapnya menambahkan.


1. Komentar Shin Tae-yong

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Secara permainan, imbuh Shin Tae-yong anak asuhnya bisa menjalankan instruksi yang diberikan olehnya dengan baik, sehingga dia kembali mengapresiasi kerja keras pasukannya.

"Jadi pemain pun sangat baik untuk hari ini, mengikuti instruksi saya, untuk itu saya memang sangat terimakasih," jelas Shin Tae-yong.

Baca Juga

Sementara itu, sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membeberkan alasan memilih timnas Curacao sebagai lawan tanding timnas Indonesia pada FIFA Match Day 24 dan 27 September 2022.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, secara ranking FIFA Curacao berada di atas Indonesia yakni di peringkat 84, dengan demikian secara kualitas mereka cukup bagus dan diharapkan bisa menambah pengalaman bagi pemain Indonesia.

Pasalnya, jika bertemu dengan tim yang ranking FIFA nya berada di posisi 100-an, maka secara kualitas pasti tidak akan jauh berbeda dengan Indonesia. Skuat Garuda sendiri, saat ini masih berada di peringkat 155.

Baca Juga

Sehingga, kedepannya timnas Indonesia juga memiliki keinginan untuk berhadapan dengan tim yang ranking FIFA nya berada di peringkat 50-an, agar skuat Garuda bisa mendapatkan pengalaman baru.

Selain itu, dari segi persiapan Curacao dalam kondisi siap bertanding, hal itu menjadi pertimbangan timnas untuk berhadapan dengan Curacao pada FIFA Match Day kali ini.

"Kita ingin mencari peringkat yang jauh di atas kita, salah satunya Curacao yang siap, nanti bukan tidak mungkin kita cari tim yang rangking 50, kalau 100 ke atas kan cukup dekat ya," kata Iriawan.

Baca Juga

"Kita ingin menimba pengalaman dari tim Karibia ya, sehingga nantinya memberikan pengalaman tambahan bagi kita, mereka cukup kuat loh, banyak pemainnya yang bermain di Eropa," ucapnya menambahkan.

"Jadi maaf, kalau kita main dengan tim yang rangking 170 kan kurang pengalaman, tapi kalau lawan ini memberikan pengalaman luar biasa," ungkap Iriawan.


2. Hasil FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao: Banjir Gol, Garuda Asia Bungkam Peringkat 84

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Berikut hasil FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao, Sabtu (24/09/22). Di mana skuad Shin Tae-yong sukses membungkam peringkat 84 FIFA dengan 3-2.

Pada pertandingan pembuka FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Timnas Indonesia langsung membuka peluang lewat tendangan bebas dari Marc Klok.

Hanya saja, setelah pertandingan berlangsung selama lima menit, Curacao justru memberikan tekanan bertubi-tubi kepada skuad Shin Tae-yong.

Rangelo Janga langsung membuka keunggulan bagi Curacao 1-0 atas Timnas Indonesia di menit ke-7, setelah memanfaatkan bola liar yang gagal diantisipasi oleh Nadeo.

Dengan kecepatannya, Juninho Bacuna berkali-kali terus mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia.

Baca selengkapnya: Hasil FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao: Banjir Gol, Garuda Asia Bungkam Peringkat 84

Timnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoShin Tae-yong

Berita Terkini