x

Bukan Xavi yang Buat Tite Bangga Atas Penampilan Cemerlang Raphinha bersama Brasil, Lantas Siapa?

Selasa, 27 September 2022 08:15 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
Ternyata ada sosok yang membuat pelatih Brasil, Tite, senang dengan perkembangan yang ditunjukkan Raphinha bersama Selecao.

INDOSPORT.COM – Ternyata ada sosok yang membuat pelatih Brasil, Tite, senang dengan perkembangan yang ditunjukkan Raphinha bersama Selecao.

Pasalnya dalam laga persahabatan melawan Ghana, Raphinha mampu memberi assist bagi gol pembuka Timnas Brasil, yang dicetak oleh Marquinhos pada menit ke-9.

Baca Juga

Ditambah lagi, penampilan Raphinha kala Brasil menang tiga gol tanpa balas atas Ghana, sama dengan yang ditunjukkan bersama Barcelona.

Pada laga tersebut, Tite memang memberi kebebasan kepada eks pemain Leeds United tersebut untuk bergerak, meski pos utamanya adalah sayap kanan.

Kendati demikian, winger kelahiran Porto Alegre pada 14 Desember 1996 itu menjadi salah satu pemain yang paling menonjol dalam pertandingan melawan Ghana.

Baca Juga

Bahkan, melansir dari Mundo Deportivo, Raphinha mendapat banyak pujian dari negaranya, tak terkecuali dari pelatihnya sendiri di tim nasional, Tite.

Selain itu, pelatih berdarah Brasil tersebut sempat merasa terpukau dengan kemunculan Raphinha bersama Leeds pada Agustus 2021 lalu.

Sehingga pelatih berusia 61 tahun itu berterima kasih kepada mantan pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, yang telah membuat Raphinha menjadi berkembang.

Baca Juga

“Saya secara pribadi berbicara dengan (Marcelo) Bielsa dan saya berterima kasih kepadanya atas dukungannya itu(yang diberikan kepada Raphinha),” ungkap Tite.

Meskipun telah berlabuh ke Barcelona pada bursa transfer musim panas kemarin, Tite meminta kepada Raphinha untuk tetap menunjukkan permainan yang sama saat membela Leeds.


1. Tite Minta Raphinha Pertahankan Gaya Permainannya

Tite, pelatih Timnas Brasil

Meski Raphinha sering menunjukkan permainan individual bersama tim barunya, Barcelona. Pelatih Timnas Brasil, Tite tetap mendukung hal yang dilakukan pemainnya tersebut.

Pasalnya, menurut pelatih yang memiliki nama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut, penampilan yang ditunjukkan oleh Raphinha merupakan gaya murni pemain Selecao.

Baca Juga

Sehingga, pelatih kelahiran Caxias do Sul itu juga menjelaskan bahwa, dirinya meminta kepada Raphinha untuk mempertahankan gaya permainannya tersebut, dengan meningkatkan beberapa detail lebih lanjut.

Karena Tite meyakini dengan memberinya kebebasan untuk memainkan gaya sepak bola Brasil, akan membuat eks pemain Leeds itu merasa nyaman.

Sebagaimana diketahui, Brasil memang selalu melahirkan pemain yang dikenal memiliki skil individu luar biasa. Pasalnya mereka dapat terlihat menari dengan bola, atau biasa disebut ‘Joga Bonito’.

Baca Juga

Terbukti pada kompetisi musim lalu, Raphinha mengumpulkan torehan 11 gol, dan tiga assist dari seluruh pertandingan yang dilakoni bersama Leeds United pada semua kompetisi.

Bahkan, melansir dari Transfermarkt, selama dua tahun berseragam The Paeacock, pemain berusia 25 tahun tersebut telah mengoleksi 17 gol, dan 13 assist dari 67 laga yang dimainkan.

Catatan tersebut membuat deretan klub Liga Inggris seperti, Arsenal dan Chelsea terpikat pada pemain kelahiran Porto Alegre tersebut.

Baca Juga

Selain itu, Manchester United juga dilaporkan sempat berminat untuk menggunakan jasa Raphinha di Old Trafford, sebelum sang pemain bergabung dengan Barcelona.

Sayang, pada saat itu tawaran dari Manchester United langsung ditolak mentah-mentah oleh Leeds. Pasalnya diyakini terdapat nuansa rivalitas antara kedua tim itu.


2. Raphinha Sebut Ronaldinho Alasan Dirinya Gabung Barcelona

Bintang Barcelona, Ronaldinho, berupaya melewati pemain Racing Santander dalam pertandingan LaLiga Spanyol, 4 Januari 2004.

Meninggalkan zona nyaman di Leeds United untuk gabung Barcelona, adalah pilihan seorang Raphinha. Di balik keputusan tersebut, ternyata ada andil sosok besar, yakni Ronaldinho.

Winger Timnas Brasil, Raphinha baru saja mengungkapkan ada andil beberapa pihak, terutama Ronaldinho dalam kepindahannya ke Camp Nou musim panas ini.

Blaugrana resmi merekrut Raphinha dari Leeds United dengan banderol transfer senilai 65 juta euro atau setara Rp973,50 Miliar.

Baca selengkapnya: Raphinha Bocorkan Alasan Gabung Barcelona, Bawa-bawa Ronaldinho

BrasilBarcelonaXavi HernandezLeeds UnitedMarcelo BielsaBola InternasionalTiteRaphinha

Berita Terkini