x

2 Kali Pecundangi Curacao, Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia

Kamis, 29 September 2022 21:50 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia kembali menjadi sorotan media Vietnam usai berhasil menumpaskan perlawanan Curacao pada Selasa (27/09/22).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia kembali menjadi sorotan media Vietnam usai berhasil menumpaskan perlawanan Curacao pada Selasa (27/09/22). 

Dalam laga FIFA Matchday kedua tersebut, Timnas Indonesia berhasil mengungguli Curacao dengan skor 2-1.

Baca Juga

Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan berhasil tampil menjadi pahlawan Timnas Indonesia dengan mencetak gol, sementara Curacao hanya mampu membalas melalui gol yang dicetak oleh Jeremy Antonisse. 

Laga tersebut tentu saja menjadi tanda bahwa Shin Tae-yong kini telah membawa Timnas Indonesia ke dalam permainan sepak bola yang lebih modern.

Apalagi, lawan yang Timnas Indonesia kalahkan merupakan tim yang saat ini menempati peringkat 84 dunia di ranking FIFA.

Baca Juga

Media Vietnam, Soha, pun turut menyoroti hal ini dalam artikel mereka yang bertajuk ‘Menang Atas Curacao, Mimpi Pelatih Indonesia Masih Jauh’. 

Dalam artikel tersebut, Soha menyebutkan jika Timnas Indonesia perlahan mulai menjelma menjadi kekuatan yang mengerikan dan bisa mengancam Timnas Vietnam dan Thailand.

Bukan hanya itu, media Vietnam tersebut juga menyebutkan jika Timnas Indonesia berhasil menunjukkan progres yang baik sehingga mampu merangkak naik menuju peringkat 152 dunia.

Baca Juga

“Pelatih Shin Tae-yong mungkin bermimpi, tetapi harus diakui jika Indonesia, tim yang menempati peringkat 155 di peringkat FIFA, telah menunjukkan kemajuan besar dalam beberapa waktu terakhir,” kata media Vietnam, Soha, dalam artikel yang mereka buat.

“Momentum Indonesia membawa tantangan tersendiri bagi Vietnam atau Thailand, tim terkuat di Asia Tenggara,” pungkasnya.


1. Pengamat Sepak Bola Vietnam Waspadai Kekuatan Timnas Indonesia

Pertandingan leg ke 2 Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Selasa (27/09/22).

Di sisi lain, pengamat sepak bola Vietnam, Quang Huy pun mulai mewaspadai kebangkitan timnas Indonesia.

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya dalam dua laga FIFA Matchday terakhir, Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan atas Curacao.

Baca Juga

Bintang Emas pun rupanya pernah menjajal kekuatan Curacao pada 2019 lalu. Tak seperti Indonesia, Curacao justru berhasil mengalahkan Vietnam melalui babak adu penalti.

Hal inilah yang lantas dilihat oleh Quang Huy sebagai salah satu ancaman bagi Timnas Vietnam sendiri.

Quang Huy pun menyanjung pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang berhasil membawa sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga

Pengamat sepak bola Vietnam tersebut pun juga mengakui jika kedatangan Shin Tae-yong berhasil mengubah gaya bermain sepak bola Indonesia yang buruk.

“Coach Shin menangani Indonesia dari level junior hingga senior. Sangat berdedikasi. Kini sangat sulit bagi tim Asia Tenggara untuk mengalahkan mereka (Timnas Indonesia),” kata Quang Huy.

“Dia kini sudah dianggap sebagai sosok yang sangat penting di Indonesia. Sebelum ini, permainan mereka tidaklah bagus. Namun berkat Shin Tae-yong, semuanya berubah,” ucapnya.

Baca Juga

“Disiplin menjadi kunci perkembangan (sepak bola) Indonesia bersama pelatih mereka. Negara mereka punya kecintaan yang besar pada sepakbola dan diberkati dengan pemain-pemain berbakat layaknya Vietnam,”

“Sejak bertemu di Piala AFF 2020, saya merasa jika Shin Tae-yong bisa membawa perubahan yang sama seperti Park Hang-seo (lakukan) untuk Vietnam,” pungkasnya.


2. Dimas Drajad Bidik Prestasi di Piala AFF

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Penyerang Timnas Indonesia, Dimas Drajad, tampil moncer dalam dua laga FIFA Matchday melawan Curacao. Dimas mampu mencetak dua gol dalam dua laga tersebut.

Timnas Indonesia memang baru saja menyelesaikan agenda uji coba FIFA Matchday melawan Curacao. Skuad Garuda berhasil meraih kemenangan di dua kali pertemuan.

Timnas Indonesia pertama menang dengan skor 3-2 saat laga berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung (24/09/22) lalu.

Tiga hari berselang, Timnas Indonesia mampu menang dengan skor 2-1 saat laga berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dari dua kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao tersebut, Dimas Drajad selalu mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Baca selengkapnya: Tampil Apik di 2 Laga Timnas Indonesia, Dimas Drajad Bidik Cetak Sejarah di Piala AFF

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTim Nasional CuracaoTimnas VietnamBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini