x

Berbenah Usai Digebuk Timnas Indonesia, Curacao Panggil Eks Wonderkid Man United?

Kamis, 29 September 2022 15:44 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Tahith Chong yang merupakan jebolan akademi Manchester United akan coba Curacao panggil lagi setelah kekalahan dari timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dua kekalahan sekaligus dari timnas Indonesia di jeda internasional September 2022 memaksa Curacao untuk berbenah.

Salah satu cara untuk memperkuat diri dengan cepat adalah memanggil pemain keturunan berbakat dan jebolan akademi Manchester United, Tahith Chong, masuk dalam radar La Pantera Azul.

Baca Juga

Chong saat ini memegang paspor Belanda namun ia punya darah Curacao yang mengalir deras dalam tubuhnya karena kedua orangtuanya berasal dari sana.

Bahkan winger kidal 22 tahun itu juga lahir di Willemstad, Curacao, bahkan sejak negara Kepulauan Karibia itu masih bernama Antillen Belanda.

Hanya saja karena sejak kecil tinggal di Feyenoord, Belanda, dan belajar sepak bola di sana ia pun lebih cepat dijaring oleh De Oranje.

Baca Juga

Sampai saat ini koleksi penampilannya untuk sangara Belanda di kelompok usia muda sudah mencapai lebih dari 40.

Karena kini persaingan untuk mendapatkan penampilan bersama Belanda senior sanat berat, Tahith Chong yang punya dua gelar pemain akademi terbaik Manchester United mungkin berpikir untuk membela Curacao saja.

Baca Juga

Pada Juni tahun lalu sebenarnya Curacao sudah berhasil memanggil eks Werder Bremen itu ke pemusatan latihan mereka sebelum CONCACAF Gold Cup 2021 lalu namu sang pemain harus mundur karena alasan kesehatan.

Saat itu nama bintang Manchester United terkini, Tyrell Malacia, juga masuk dalam skuat bayangan Curacao namun pada akhirnya juga batal mengenakan seragam biru kebesaran mereka.


1. Bukan Pintu Lagi?

Tahith Chong

Tahith Chong yang dijual oleh Manchester United ke Birmingham City pada bursa transfer musim panas 2022 lalu sepertinya masih membuka pintu untuk Curacao.

Rekan satu timnya di The Blues, Juninho Bacuna, adalah pemain reguler untuk Curacao yang juga ikut menghadapi timnas Indonesia lalu dan merupakan salah satu teman akrabnya.

Baca Juga

Pengaruh dari Bacuna bisa membuat Chong tertarik untuk berganti paspor. Pemilik 16 penampilan senior untuk Manchester United itu bahkan sudah merasa menjadi orang Curacao dan bukannya Belanda.

"Saya kenal Bacca (Bacunha) sejak lama. Setiap kali saya pulang ke Curacao saya melihat penampilannya bersama timnas. Setelahnya kamu terkadang saling ngobrol," beber Chong.

Baca Juga

"Sekarang pertemanan kami semakin erat. Orang Curacao pasti bangga melihat dua pemainnya bermain di Birmingham," tambahnya lagi.

Timnas Indonesia yang mengalahkan mereka dua kali dengan skor 3-2 dan 2-1 memang seharusnya membuka mata Curacao.

Baca Juga

Saat ini mereka memang jadi salah satu negara kecil paling ambisius untuk mengejar prestasi sepak bola terutama dengan jalan pemain keturunan dan naturalisasi.

Hanya saja punya pemain bagus macam Tahith Chong saja tidak cukup. Butuh kerja keras dari semua elemen tim agar Curacao bisa benar-benar menjadi negara kuat nantinya.


2. Gebuk Curacao, Timnas Indonesia Jalani FIFA Matchday Terbaik di ASEAN

Pertandingan leg ke 2 Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Selasa (27/09/22).

Timnas Indonesia boleh sedikit berbangga dengan pencapaian di jeda internasional September 2022 yang baru saja berlalu.

Pasalnya jika dibandingkan dengan rival-rival di Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia, hasil yang Merah-Putih tuai pada FIFA matchday kali ini jauh lebih berbobot.

Pasalnya timnas Indonesia mengadakan dua uji coba melawan Curacao yang merupakan negara peringkat 84 dunia dan memenangi semuanya dengan skor 3-2 dan 2-1.

Ada perbedaan 71 peringkat antara Tim Garuda dan La Pantera Azul sehingga hasil tersebut semakin patut dirayakan.

Vietnam sebagai negara ASEAN dengan peringkat tertinggi saat ini, 97, tidak menggelar partai persahabatan yang ambisius.

Baca selengkapnya: 2 Kali Sikat Curacao, Timnas Indonesia Jadi Negara ASEAN Paling Gacor di FIFA Matchday

Manchester UnitedTimnas IndonesiaTahith ChongBola InternasionalTim Nasional Curacao

Berita Terkini