x

Timnas Indonesia Pamer Progres Masif Jelang Piala AFF 2022, Pengamat Sepak Bola Vietnam Akui Gentar

Kamis, 29 September 2022 17:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Semakin matangnya Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong dianggap pantas untuk membuat negara manapun di Asia Tenggara termasuk Vietnam waspada.

INDOSPORT.COM - Tren apik Timnas Indonesia menjelang gelaran Piala AFF 2022 dipastikan membuat para rival merasa gentar.

Tidak terkecuali Vietnam yang menjadi salah satu rival terberat demi titel tim terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga

Pengamat sepak bola dari negeri kopi, Quang Huy, berpendapat jika Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah menunjukkan progres yang sangat positif.

Bisa dilihat dari sukses Witan Sulaeman dan kolega membekuk Curacao dua kali di FIFA Matchday lalu meski kedua negara dipisahkan 71 level di peringkat dunia.

Vietnam sendiri juga pernah menjajal Curacao pada 2019 silam namun mereka hanya bisa memaksakan adu penalti sebelum akhirnya kalah.

Baca Juga

Shin Tae-yong dianggap Quang Huy paling berperan dalam sukses Timnas Indonesia. Efek yang ia berikan disebut sepadan dengan apa yang Park Hang-seo produksi bersama skuad Vietnam.

"Coach Shin mengurus Indonesia dari level junior hingga senior. Sangat berdedikasi. Kini sangat sulit bagi tim Asia Tenggara untuk mengalahkan mereka," ujar Quang.

"Dia kini sudah dianggap sebagai figur yang sangat penting di Indonesia. Sebelum ini permainan mereka tidak bagus namun berkat Shin Tae-yong semuanya berubah,"

Baca Juga

"Disiplin adalah kunci perkembangan Indonesia bersama pelatih mereka. Negara mereka punya cinta yang besar pada sepak bola dan diberkahi dengan pemain-pemain berbakat layaknya Vietnam,"

"Sejak pertemuan di Piala AFF 2020, saya merasa jika Shin Tae-yong bisa membawa perubahan serupa seperti Park Hang-seo untuk Vietnam," tambahnya lagi.


1. Sudah Lebih Kuat dari Tahun Lalu

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020

Vietnam memang sebaiknya betul-betul waspada saat harus bertemu dengan Timnas Indonesia lagi terutama di Piala AFF 2022.

Semenjak insiden dugaan pengaturan skor di Piala AFF U-20 2022 lalu, Tim Garuda selalu punya motivasi lebih tiap berjumpa dengan The Golden Start Warriors.

Baca Juga

Hasilnya kemenangan pertama atas sang rival bisa didapatkan oleh Shin Tae-yong pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu.

Jika ingin melanjutkan dominasi atas Timnas Indonesia, Vietnam butuh element of surprise dalam taktik mereka.

Baca Juga

"Vietnam butuh gebrakan baru untuk mengatasi Indonesia. Saya tidak mengkritisi Park karena ia sudah meraih banyak prestasi namun perubahan itu perlu," lanjut Quang Huy.

"Indonesia akan menghadapi Piala AFF 2022 dengan cara berbeda dari sebelumnya. Skuat mereka masih akan sama namun pastinya akan lebih berbahaya karena semakin matang," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia dan Vietnam baru akan bisa bertemu saat babak semifinal atau final karena tergabung di dua grup berbeda.

Bersama Thailand, ketiga negara tersebut kembali difavoritkan untuk menjaid juara namun rasa lapar Tim Garuda akan gelar perdana bisa menjadi 'Faktor x' yang wajib diwaspadai.


2. Ungguli Vietnam, Timnas Indonesia jadi yang Terbaik Se-ASEAN di FIFA Matchday

Skuad Timnas Indonesia ketika merayakan gol ke gawang Curacao.

Timnas Indonesia boleh sedikit berbangga dengan pencapaian di jeda internasional September 2022 yang baru saja berlalu.

Pasalnya jika dibandingkan dengan rival-rival di Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia, hasil yang Merah-Putih tuai pada FIFA matchday kali ini jauh lebih berbobot.

Pasalnya Timnas Indonesia mengadakan dua uji coba melawan Curacao yang merupakan negara peringkat 84 dunia dan memenangi semuanya dengan skor 3-2 dan 2-1.

Ada perbedaan 71 peringkat antara Tim Garuda dan La Pantera Azul sehingga hasil tersebut semakin patut dirayakan.

Vietnam sebagai negara ASEAN dengan peringkat tertinggi saat ini, 97, tidak menggelar partai persahabatan yang ambisius.

Baca selengkapnya: 2 Kali Sikat Curacao, Timnas Indonesia Jadi Negara ASEAN Paling Gacor di FIFA Matchday

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF 2022

Berita Terkini