x

Rasiman Bicara Debut Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo di Liga 1

Sabtu, 1 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rasiman buka suara soal penampilan Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo di Liga 1. Foto: Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, memuji debut Gianluca Pandeynuwu saat laga melawan PSM Makassar di Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan, Kamis (29/9/22) sore.

Kiper asal Sulawesi Utara itu dinilai tampil meyakinkan.

Baca Juga

Persis Solo memang gagal meraih kemenangan saat melawan PSM Makassar. Keunggulan lewat gol Irfan Jauhari menit ke-23 berhasil disamakan lewat Kenzo Nambu menit ke-44.

Namun, gol itu disebut Rasiman bukan terjadi karena kesalahan Gianluca Pandeynuwu. Dua tower PSM, Everton Nascimento dan Yuran Fernandes, membuat lini belakang Persis Solo kesulitan.

Menurut Rasiman, Gianluca menjalankan tugasnya dengan baik, meski pada awal-awal permainan sempat kesulitan. Namun, seiring berjalannya waktu, sang kiper tampil penuh percaya diri.

Baca Juga

"Ketika sudah lama tidak bermain tentu agak susah di awal, tapi saya rasa dia pemain yang berpengalaman dan gol yang terjadi bukan atas kesalahan Gianluca," kata Rasiman, Kamis (29/9/22) malam.

Dalam laga ini, PSM memang kalah penguasaan bola. Persis Solo menguasai 59 persen bola, berbanding 41 persen dari PSM Makassar.

Namun bila bicara sepakan ke arah gawang, PSM lebih dominan. Dari sebelas percobaan, delapan tendangan tepat mengarah ke gawang Persis Solo.

Baca Juga

Dari delapan itu, tujuh sepakan bisa diantisipasi Gianluca. Rasiman menyebut mayoritas peluang PSM berasal dari sepakan luar kotak penalti.

"Dia beberapa kali bisa menangkap tembakan lawan dengan baik, walaupun itu memang rata-rata dari luar karena PSM jarang bisa masuk ke box kita," tutur Rasiman.


1. Penampilan Gianluca Pandeynuwu untuk Persis Solo

Suasana pertandingan saat Persis Solo menghadapi PSM Makassar di Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Performa gemilang Gianluca Pandeynuwu membuat tim pelatih percaya diri ketika Muhammad Riyandi dipanggil Timnas Indonesia lagi.

Dalam laga melawan PSM, Gianluca diturunkan sejak menit pertama karena Riyandi baru tiba di Solo, Rabu (29/9/22).

Baca Juga

Riyandi sempat mengikuti satu sesi latihan di Stadion Sriwedari Solo, tapi Gianluca tetap jadi pilihan.

"Saya percaya diri bahwa Gianluca bisa bermain baik, karena Gianluca juga punya pengalaman panjang di Liga 1," papar Rasiman.

Salah satu penyelamatan krusial dilakukan Gianluca pada babak kedua. Blunder Abduh Lestaluhu yang hendak melakukan back pass, tapi direbut pemain PSM, sukses dijinakkan Gianluca.

Baca Juga

Putra dari mantan kiper Persmin Minahasa, Hendra Pandeynuwu, ini bisa menghadang Ramadan Sananta, hingga sepakan pemain baru Shin Tae-yong itu tak berbuah gol.

Usai pertandingan, Abduh Lestaluhu, berterima kasih pada Gianluca karena bisa menutupi kesalahannya. Dalam permainan tim, penting bagi setiap pemain saling membantu rekannya.

Baca Juga

"Itu kesalahan saya saat back pass ke kiper. Saya terima kasih ke Gianluca karena dia sangat siap dan sigap menghadang pemain lawan. Kalau tidak salah Sananta itu," kata Abduh usai pertandingan.

"Itulah, kita bermain sepak bola dalam satu tim, kita saling bahu-membahu, agar ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi," lanjut Abduh.


2. Jadwal Persis Solo Selanjutnya

Suasana pertandingan saat Persis Solo menghadapi PSM Makassar di Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Setelah ini, Persis Solo akan menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Manahan Solo, Kamis (6/10/22) mendatang.

Kemungkinan besar Riyandi kembali dipasang sebagai penjaga gawang.

Riyandi kini menjadi satu dari sederet kiper dengan banyak penyelamatan di Liga 1 2022/2023.

Ia hanya kalah dari kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Riyandi harus waspada karena Rans Nusantara FC cukup tajam. Dari sepuluh kali penampilan, Rans FC sudah mencetak 15 gol atau lebih banyak dari Persis Solo yang baru mencetak sebelas gol.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaRasimanGianluca PandeynuwuBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini