x

Media Malaysia Sebut Kim Pan-gon Akan Bersinar Seperti Shin Tae-yong

Selasa, 4 Oktober 2022 05:20 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Media Malaysia sebut pelatih Kim Pan-Gon akan mendulang popularitas seperti pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Media Malaysia sebut pelatih Kim Pan-Gon akan mendulang popularitas seperti pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong.

Media Malaysia, Harimau Malaya menyebutkan kepopuleran Kim Pan-Gon di Malaysia akan menyamai kepopuleran Shin Tae-Yong di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya tawaran iklan yang dibintangi Shin Tae-Yong usai berhasil membawa Timnas Indonesia naik level.

Baca Juga

Keinginan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-Yong turut menjadi perhatian media Malaysia.

“Dengan keberhasilan ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dikabarkan akan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-Yong,”

Baca Juga

“Ini hal positif yang bisa dicontoh oleh Malaysia, Kim Pan-Gon juga tak kalah populer di kalangan warga Malaysia,” tulis media Harimau Malaya.

Kim Pan-Gon sendiri menambah daftar pelatih Korea Selatan yang berkarir di negara-negara Asia Tenggara. Setelah Park Hang-Seo dan Shin Tae-Yong.

Media Malaysia itu turut menyoroti kesuksesan Shin Tae-Yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia masuk putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga

“Kim Pan-Gon berhasil memimpin Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023,”

“Jika mampu mengantarkan Timnas Malaysia mengangkat Piala AFF untuk kedua kalinya, maka “saham” Kim Pan-Gon akan naik,” pungkas Media Harimau Malaya.


1. Hubungan Kim Pan-Gon dan Shin Tae-Yong

Hubungan Kim Pan-Gon dan Shin Tae-Yong di Timnas Korea Selatan

Kim Pan-Gon resmi menjadi pelatih Timnas Malaysia pada tahun 2022. Menariknya, Kim Pan-Gon merupakan pelatih Korea Selatan ketiga di negara Asia Tenggara.

Tren pelatih Korea sendiri dimulai dari Park Hang-Seo yang menjadi pelatih Vietnam sejak tahun 2017.

Lalu diikuti Indonesia yang berhasil mendatangkan mantan pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-Yong pada tahun 2020.

Baca Juga

Kim Pan-Gon tentu tidak asing dengan nama Shin Tae-Yong. Pasalnya mereka memiliki pengalaman bersama pada ajang Piala Dunia 2018.

Pada saat itu, Kim Pan-Gon bertanggung jawab menangani pelatih di semua tingkatan Timnas Korea Selatan.

Baca Juga

Sementara itu, Shin Tae-Yong menjadi kepala pelatih untuk tim yang berhasil mengalahkan Jerman pada gelaran bergengsi itu.

Hubungan keduanya seperti belum berakhir, hal ini disebabkan oleh gagalnya Shin Tae-Yong membawa Timnas Korea lolos ke babak 16 besar.

Shin Tae-Yong dianggap gagal dan ia pun dicopot jabatannya sebagai pelatih oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Baca Juga

D imana pada saat itu Kim Pan-Gon berperan sebagai komite khusus di KFA.

Sangat menarik untuk dinantikan pertandingan dari tim duo pelatih Korea Selatan itu.


2. Asisten Shin Tae-Yong Mengundurkan Diri

Asisten Shin Tae-Yong Mengundurkan Diri

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Dzenan Radoncic secara resmi mengundurkan diri dari staf kepelatihan. Dia akan kembali ke negaranya, Montenegro.

Dzenan ingin mendampingi ibunya yang sakit telah lama ditinggalkan karena menjadi pemain bola dan kini asisten pelatih. Hal itu sudah disetujui pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Menurut keterangan Indra Sjafri selaku direktur teknik PSSI, Dzenan Radoncic kini telah tiba di kampung halamannya. 

Dengan mundurnya Dzenan, bisa dipastikan Shin Tae-yong membutuhkan asisten pelatih baru. Namun, sejauh ini belum diputuskan.

Baca selengkapnya: Asisten Shin Tae-yong Asal Eropa Mengundurkan Diri dari Timnas Indonesia

PSSIMalaysiaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaShin Tae-yongKim Pan-gon

Berita Terkini

Berita Terpopuler