x

Solidaritas dengan Korban Tragedi Kanjuruhan, Liga Champions akan Diawali Mengheningkan Cipta

Selasa, 4 Oktober 2022 21:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Liga Champions jadi salah satu kompetisi UEFA yang akan melakukan one minute Silence untuk koorban Tragedi Kanjuruhan

INDOSPORT.COM – Otoritas sepak bola Eropa (UEFA) akan melakukan semenit mengheningkan cipta di Liga Champions untuk menghormati korban Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Liga 1 Indonesia.

Seperti diketahui, Tragedi Kanjuruhan menjadi perhatian dunia yang terjadi usai laga Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Dalam tragedi yang terjadi pada hari Sabtu (01/10/22), ada banyak korban jiwa dan korban luka yang muncul kemudian.

Tragedi Kanjuruhan memang menyita perhatian  dunia internasional lantaran 125 orang menjadi korban jiwa dan 323 orang di antaranya terluka.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dunia internasional, karena ada korban jiwa anak-anak yang kabarnya mencapai 32 orang.

Baca Juga

Lantaran kemudian menjadi perhatian internasional, ada banyak kompetisi yang melakukan momen of silence atau mengheningkan cipta selana semenit.

Baru-baru ini, dilansir dari situs resmi UEFA, ada mengheningkan cipta selama semenit yang akan dilakukan di laga kompetisi UEFA.

Hal ini dilakukan untuk menghormati tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia.

Baca Juga

Momen mengheningkan cipta ini akan dilakukan di semua kompetisi yang digelar oleh UEFA, seperti Liga Champions, Liga Europa, UEFA Conference League, dan Play-Off Piala Dunia Wanita.

Sebelumnya, operator Liga Spanyol dan Induk sepak bola Spanyol, RFEF dikabarkan akan meminta tim-tim yang berlaga untuk melakukan one minute silence atau semenit mengheningkan cipta.
 


1. Instruksi Mengheningkan Cipta di Liga Spanyol dan Liga Belanda

One Minute Silence untuk korban tragedi Kanjuruhan juga dilakukan oleh Liga Spanyol

Dalam rilis resmi di laman La Liga atau kompetisi liga Spanyol, ada instruksi yang diberikan mengheningkan cipta sebelum pertandingan.

“Sebagai tanda hormat, akan dilakukan mengheningkan cipta selama satu menit untuk semua pertandingan yang masih dimainkan di matchday 7 La Liga Santander (kasta teratas Liga Spanyol) dan matchday 8 La Liga SmartBank (Kasta kedua),” tulis laman resmi Liga Spanyol.

Baca Juga

“Hal ini dilakukan atas solidaritas dengan keluarga korban,” imbuh mereka.

Beberapa laga yang kemudian diawali dengan one minute silence, adalah Espanyol vs Valencia dan Real Madrid vs Osasuna

Selain kompetisi Liga Spanyol, Liga Belanda pun melakukan hal serupa dengan memberlakukan one minute silence.

Baca Juga

Dilansir dari instagram resmi Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB),  Liga Belanda melakukan one minute silence untuk memberikan doa kepada korban tragedy Kanjuruhan.

Selama satu menit, para pemain Liga Belanda yang terdiri dari erevedisie dan Vrouwen Eredivisie (Erevidisie Wanita), hari ini menunduk sejenak sebelum kick-off dimulai. untuk menghormati korban tragedi Kanjuruhan yang berasal dari penggemar Arema FC.


2. KNVB juga Lakukan One Minute Silence untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Logo Piala KNVB (Piala Belanda).

“Sebelum mulai semua pertandingan yang dimainakn di Vrouwen Eredivisie dan Eredivisie hari ini, mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati seluruh korban yang tewas dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan,” tulis instagram @officialknvb.

KNVB atau Asosiasi Sepak Bola Belanda memang selama ini dikenal kerap kali memamerkan kemesraannya dengan persepak bolaan Indonesia.

Bahkan dalam beberapa waktu belakangan, KNVB terus mendekat dengan penggemar Timnas Belanda di Indonesia, dengan cara menggaet artis atau influencer dari Tanah Air.

Baca Selengkapnya: Ikut Berduka Tragedi Kanjuruhan, Liga Belanda Mengheningkan Cipta Sebelum Kick-off

Persebaya SurabayaLiga ChampionsUEFAArema FCBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini