x

3 Pelatih yang Layak Gantikan Dzenan Radoncic di Timnas Indonesia, Juru Taktik Korea Lagi?

Rabu, 5 Oktober 2022 12:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tiga asisten pelatih yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah bergabung di Thailand bersama timnas Indonesia mulai Senin (4/5)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah tiga pelatih yang layak menggantikan Dzenan Radoncic sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Juru taktik Korea Selatan mencuat.

Sebagaimana diketahui, Dzenan Radoncic adalah asisten pelatih Timnas Indonesia yang bekerja di bawah komando Shin Tae-yong. Ia berasal dari Montenegro.

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, Dzenan Radoncic mengambil peran penting saat Timnas Indonesia U-19 unjuk gigi di ajang Toulon Tournamen 2022, dan menang atas Ghana.

Namun baru-baru ini, Radoncic memilih untuk mundur dari jabatannya, dan pulang kampung ke Montenegro. Disinyalir, ibunya sakit dan harus pulang untuk merawatnya.

Radoncic ingin mendampingi ibunya yang telah lama ditinggalkan karena berkelana, baik saat menjadi pemain dan kini menjadi pelatih. Hal itu pun disetujui Shin Tae-yong. 

Baca Juga

"Radoncic saat ini sudah sampai di Montenegro. Siapa penggantinya, itu terserah Shin Tae-yong," ucap Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dalam situs PSSI.

Dengan demikian, PSSI mengembalikan dan menyerahkan keputusan ke Shin Tae-yong, untuk mencari asisten pelatih yang sesuai dengan kebutuhan Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Dzenan Radoncic datang ke Indonesia pada Agustus tahun 2021 lalu.

Baca Juga

Ia diminta langsung oleh Shin untuk jadi staf pelatih Timnas Indonesia, karena keduanya pernah bekerja sama saat masih di Korea.

Kini, Dzenan Radoncic terpaksa melepas jabatannya. INDOSPORT merangkum tiga nama calon asisten pelatih anyar, untuk mendampingi STY di Timnas Indonesia. 


1. 1. Jeon Kyung-jun

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Jeon Kyung-jun adalah nama pelatih asal Korea Selatan yang mencuat untuk datang ke Tanah Air, sebab kedekatannya dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Jeon Kyung-jun sempat menjadi tangan kanan kesayangan Shin Tae-yong. Pelatih berusia 48 tahun itu pernah menjadi asisten STY selama beberapa tahun saat di Korea.

Baca Juga

Jeon Kyung-jun menemani Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan di tahun 2017-2018.

Sebelumnya, Jeon juga membesut Timnas Korea Selatan U-20 pada 2017, dan Timnas Korea Selatan U-23 pada 2015-2016 silam.

Kabar baiknya, Jeon Kyung-jun baru saja berpisah dengan tim kasta kedua di Liga Korea atau K League 2, Jeonnam Dragons.

Baca Juga

Apakah ini menjadi pertanda, bahwa Jeon Kyung-jun akan ditarik ke Timnas Indonesia dan bekerja sama dengan Shin Tae-yong?

2. Bima Sakti

Bima Sakti saat ini menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16, tetapi ada peluang ia diorbitkan sebagai asisten Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia senior dan U-23.

Hal ini dimaksudkan untuk menambah jam terbang kepada Bima Sakti, terlebih Bima sudah tidak asing dengan Shin Tae-yong, karena pernah menjadi asistennya juga.

Baca Juga

Bima Sakti juga punya pengalaman lain sebagai asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia. Fakta ini menegaskan jika ia bisa diandalkan untuk menjadi tangan kanan.

Setelah Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti belum ada agenda lanjutan. Barangkali, ini adalah momen yang tepat untuknya bermitra dengan Shin Tae-yong.


2. 3. Indra Sjafri

Indra sjafri dan Shin Tae yong.

Selain Jeon Kyung-jun dan Bima Sakti, satu nama lainnya yang mulai mendapat sorotan karena layak menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, yakni Indra Sjafri.

Walau saat ini menjabat sebagai Direktur Teknim PSSI, tak dapat disangkal jika Indra Sjafri adalah salah satu pelatih lokal terbaik yang berpengalaman di Timnas Indonesia.

Indra Sjafri sebelumnya jadi spesialis pelatih untuk tim usia muda, mulai dari Timnas U-16, Timnas U-19, hingga Timnas U-23. Ia kerap blusukan saat mencari bibit pemain muda.

Indra Sjafri juga menjadi salah satu pelatih yang berprestasi, mengantarkan Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-19 2013, hingga juara di Piala AFF U-22 2019.

Indra SjafriBima Sakti TukimanIndra SjafriePelatihTimnas IndonesiaIn Depth SportsBima SaktiTRIVIABerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongDzenan Radoncic

Berita Terkini