x

3 Teknik Luis Milla yang Diadopsi Bima Sakti di Timnas Indonesia U-17, Ampuh Kalahkan UEA

Kamis, 6 Oktober 2022 13:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

INDOSPORT.COM - Ada tiga teknik andalan Luis Milla yang diadopsi oleh Bima Sakti, sehingga Timnas Indonesia U-17 sukses meraih kemenangan atas Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia U-17 sukses menaklukkan Uni Emirat Arab dalam pertandingan kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (5/10/22), dengan skor akhir 3-2.

Baca Juga

Nabil Asyura membuka keunggulan, lalu Arkhan Kaka menambah kedudukan jadi 2-0. Naasnya, pemain Uni Emirat Arab juga berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Memasuki babak kedua, Arkhan Kaka mendapatkan peluang emas dan tercipta gol ketiga, sekaligus jadi gol penutup yang memastikan kemenangan untuk Indonesia.

Bukan hanya pemain yang dielu-elukan. Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti juga tidak lepas dari pujian, usai membawa Garuda Muda menang atas Uni Emirat Arab.

Baca Juga

Bahkan, sejumlah pengamat sepak bola menyebutkan bahwa kualitas Bima Sakti selevel dengan pelatih asal Spanyol, Luis Milla, sebab mereka pernah bekerja sama.

Pujian pertama datang dari komentator sekaligus pengamat sepak bola, Binder Singh, yang mengakui kualitas Bima Sakti.

"Saya melihat permainan dari Timnas Indonesia U-17 ini mirip seperti Timnas Indonesia U-23 ketika masih dilatih oleh Coach Luis Milla," ungkap Binder Singh.

Baca Juga

"Bermain sedikit position, mengandalkan progressive passing, menyerang secara cepat, dan ada switching play dilakukan para pemain, meskipun belum rapi."

"Paling tidak mereka sudah memperagakan permainan yang cukup menarik, Timnas Indonesia U-17 bisa meraih kemenangan," ucap komentator berkepala plontos itu.


1. 3 Sentuhan Khas Luis Milla di Timnas U-17

Pelatih Persib, Luis Milla.

Pujian lainnya datang dari analis sepak bola, Tommy Desky, yang menyebutkan bahwa pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti memiliki sentuhan-sentuhan khas Luis Milla.

Hal ini nampak dari formasi bermain, di mana Timnas Indonesia U-17 menerapkan pola 4-3-3, tetapi ketika turun bertahan, formasi ikut berubah menjadi 4-1-4-1.

Baca Juga

Tak pelak, Tommy Desky menyamakan Bima Sakti dengan era Luis Milla. Sudah diketahui pula, Bima pernah menjadi asisten Luis Milla dan bersama menukangi Timnas Indonesia.

"Saya rasa, pernyataan saya ketika Bima Sakti bersama Timnas Indonesia U-16 lalu, saya sampaikan bahwa sentuhan-sentuhan Bima Sakti mengadopsi ide dari Luis Milla."

"Ada sentuhan-sentuhan khas Luis Milla yang dia aplikasikan di pertandingan bersama Timnas Indonesia U-17."

Baca Juga

"Ketika menghadapi Guam di pertandingan pertama, ketika menghadapi Uni Emirat Arab ini juga ada beberapa sentuhan."

Setidaknya ada tiga sentuhan khas Luis Milla yang kini diterapkan oleh Bima Sakti di Timnas Indonesia U-17, dan terlihat di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B ini.

"Bermain konstruktif, sangat jarang kita lihat Timnas kita dari bawah langsung long ball, ada keselarasan untuk bermain konstruktif, bermain dari bawah, satu dua sentuhan."

Baca Juga

"Kedua, permainan side to side, kombinasi dari sektor kanan ke sektor kiri, beberapa peluang akhirnya tercipta," jelas Tommy.

"Ketiga, permainan by pass vertikal, dari bawah long pass ke depan, letakkan bola di belakang garis pertahanan lawan, speed kita mainkan," pungkas sang analis.


2. Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Berikut ini adalah klasemen sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B, per hari Kamis (6/10/22) pagi.

Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B, Timnas Indonesia U-17 berada di puncak.

Kemudian, berikut ini adalah jadwal Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Jumat, 7 Oktober 2022
Palestina vs Indonesia
Stadion Pakansari, Bogor

Minggu, 9 Oktober 2022
Indonesia vs Malaysia
Stadion Pakansari, Bogor

Timnas U-17Uni Emirat ArabBima Sakti TukimanUEAPelatihTimnas IndonesiaLuis MillaBima SaktiBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini