x

Liga 1: Tetap Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan, Barito Putera Harap Kompetisi Berlanjut

Jumat, 7 Oktober 2022 11:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

INDOSPORT.COM - Barito Putera berharap kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023 tetap berlanjut, seiring dengan upaya kepolisian untuk mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan.

Kompetisi Liga 1 2022-2023 pekan ke-11 berubah menjadi tragedi. Hal ini berawal dari kekalahan Arema FC atas Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/22).

Baca Juga

Aremania turun ke lapangan setelah tim kebanggaannya kalah dengan skor akhir 2-3. Menurut informasi, mereka masuk untuk menguatkan para pemain Arema FC.

Namun, semakin banyak suporter yang turut ke lapangan, ada pula yang melempar botol ke penggawa Persebaya Surabaya, mau tak mau aparat bertindak untuk menghalau massa.

Situasi yang tidak kondusif di lapangan memaksa aparat keamanan melempar gas air mata, hanya saja senjata kimia itu justru diarahkan ke tribun yang banyak penonton.

Baca Juga

Naasnya, jalan keluar stadion yang sempit membuat banyak orang terhimpit, belum lagi paparan gas air mata mengganggu pernafasan, 131 orang meninggal dunia.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan Liga 1 2022-2023 untuk sementara waktu, guna melancarkan proses penyelidikan dan mengevaluasi kompetisi.

Namun, dari lubuk hati para pemain sepak bola yang menggantungkan hidupnya dari pertandingan, banyak yang berharap Liga 1 bisa dilanjutkan, termasuk Aditya Harlan.

Baca Juga

"Barito turut berbela sungkawa, dan kita maklum dengan pemberhentian sementara ini," ungkap Aditya Harlan kepada media.

"Namun kita berharap PSSI tidak mendapat sanksi dan kompetisi tetap bisa dilanjutkan, agar tidak merugikan yang lain dan kita minta PSSI juga tegas," lanjut Aditya.


1. Nantikan Keputuan PT LIB

Rizky Pora, kapten tim Barito Putera di Liga 1 2022, melewati kawalan bek Borneo FC, Diego Michiels. Foto: Barito Putera

Senada dengan Aditya Harlan, kapten PS Barito Putera, Rizky Rizaldi Pora juga ikut menyampaikan duka cita kepada korban Tragedi Kanjuruhan Arema vs Persebaya.

Rizky Pora berharap kejadian ini dapat menjadi pelajaran berharga, dan tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari, agar Liga 1 tetap kondusif dan berjalan lancar.

Baca Juga

"Kita harap kejadian ini yang terkahir, dan kedepannya sepak bola kita lebih baik dan bisa jadi contoh," tegas Rizky Rizaldi Pora.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menyatakan, jika penundaan kompetisi tidak diperpanjang, Liga 1 akan kembali berjalan dengan mempertandingkan laga pekan ke-13.

Berdasar jadwal yang telah dirilis PT LIB, laga pekan ke-13 dimulai pada 13 Oktober.

Baca Juga

Pada hari itu, ada dua pertandingan. Pukul 16.00 WIB, PSM Makassar menjamu Persita Tangerang. Pukul 20.30, RANS Nusantara FC akan menjamu skuat Persikabo 1973.

"Kalau tidak ada kendala, rencananya Liga 1 kembali berjalan pada pekan ke-13. Tetapi semua tetap menunggu kebijakan dari pemerintah," ungkap Sudjarno.

Baca Juga

Namun, Sudjarno mengatakan hal itu tepat sebelum penetapan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita sebagai tersangka atas kelalaian yang menyebabkan korban jiwa.

Selain Akhmad Hadian Lukita, Polri merilis lima tersangka lainnya dalam kasus Tragedi Kanjuruhan, termasuk panitia pelaksana dan pihak keamanan yang bertugas.


2. Barito Putera Gelar Doa Bersama

Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman (tengah). Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT

Sebagai ungkapkan rasa simpati terhadap Tragedi Kanjuruhan, pemain Barito Putera dan manajemen menggelar doa bersama dan open donasi, Senin (3/10/22) malam.

Usai memanjatkan doa bersama, pemain dan para tamu yang hadir juga melakukan pengumpulan uang yang didonasikan untuk keluarga korban yang meninggal dunia. 

"Kita mendoakan, mudah-mudahan para korban mendapat tempat yang baik di sisi Allah SWT. Dan juga bagi yang masih dirawat di rumah sakit, bisa segera sembuh dan sehat," ungkap Hansuryadi Sulaiman.

"Kami berharap kejadian ini tidak terjadi lagi di manapun, dan mudah-mudahan ini yang terakhir. Sekali lagi kami berduka dan mendoakan," sambung Hasnur.

Barito PuteraKanjuruhanLiga IndonesiaStadion KanjuruhanRizky PoraLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1SudjarnoAditya HarlanLiga 1 2022-2023Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini