x

Daftar Negara-negara yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Indonesia Jadi Penonton

Senin, 10 Oktober 2022 15:01 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

INDOSPORT.COM - Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 telah rampung digelar, artinya sudah ketahuan negara-negara yang akan tampil di putaran final tapi tidak ada Indonesia.

Kepastian itu diketahui setelah Timnas Indonesia U-17 tak mampu merebut tiket runner-up terbaik untuk lolos, lantaran kalah di laga terakhir dari Malaysia.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-17 kalah menyakitkan 1-5 saat berhadapan dengan Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (09/10/22) kemarin.

Malaysia tampil sangat dominan dan jauh lebih solid. Mereka bahkan unggul 5-0 lebih dahulu di babak pertama.

Anak asuh Bima Sakti baru bisa mencetak gol balasan sekaligus hiburan jelang babak kedua berakhir menit ke-90+3, melalui Arkhan Kaka Putra.

Baca Juga

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-17 lengser dari puncak klasemen Grup B karena direbut oleh Malaysia.

Alhasil, Malaysia yang mengoleksi poin akhir 10 menjadi tim dari Grup B yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U17 tahun depan. 

Sementara itu, meski mampu mengumpulkan sembilan poin dan selisih gol plus 13, Skuad Garuda Asia tetap kalah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik.

Baca Juga

Dari 10 tim runner-up, hanya enam tim terbaik yang mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. 

Secara berurutan, keenam tim runner-up terbaik itu adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos.

"Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepakbola Indonesia atas hasil tidak memuaskan ini. Kecewa sedih pasti," kata Bima Sakti, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini untuk mereka ke depan. Karena karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," ujarnya menambahkan.


1. Indonesia Dikalahkan Laos

Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

Kegagalan Timnas Indonesia U-17 merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023 selain dikalahkan Malaysia, juga dikalahkan oleh Laos.

Indonesia berada di bawah Los dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, karena hasil pertandingan melawan peringkat keempat dan kelima di fase grup tidak dihitung.

Baca Juga

Sehingga kemenangan besar atas Guam dan Palestina tidak mempengaruhi nasib Indonesia untuk lolos. 

Sebab, 10 grup pada babak Kualifikasi Piala Asia U17 2023 memiliki jumlah tim yang berbeda. 

Oleh sebab itu, hasil yang diraih Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) tidak dihitung dalam klasemen runner-up terbaik.

Baca Juga

Dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023, keenam tim termasuk Laos dan Indonesia sama-sama mengoleksi tiga poin. 

Akan tetapi, Laos (selisih gol -2) berhak atas peringkat keenam, sedangkan Indonesia (selisih gol -3) berada di posisi ketujuh. 

Kemenangan 2-1 Laos atas Kyrgyzstan pada matchday terakhir Grup I menjadi kunci keberhasilan mereka menggeser Indonesia.

Baca Juga

Sementara itu pelatih Timnas Malaysia U-17, Osmera bin Omaro memberikan kunci suksesnya mampu pecundangi Indonesia. Menurutnya, kegagalan di Piala AFF U-16 telah dipelajari dan perbaiki.

"Di AFF banyak orang menilai kita tidak layak lolos ke babak gugur, situasi di AFF memang amat pelik, performa kami memang tidak konsisten, nasib kami tak selalu bagus, tapi bola itu bundar," kata Osmera bin Omaro.

"Ini juga anak-anak muda yang masih belajar, permasalahan yang terjadi di Piala AFF sudah kami perbaiki dan inilah hasilnya," pungkasnya.

Adapun, putaran final Piala Asia U17 2023 awalnya akan diselenggarakan di Bahrain pada 03-20 Mei tahun depan.

Namun, Bahrain menyatakan mundur sebagai tuan rumah Piala Asia U17 2023, dan pihak AFC akan segera mencari penggantinya.


2. Daftar Negara Lolos Piala Asai U-17

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

Timnas Indonesia U-17 menjadi salah satu tim kuat di Asia Tenggara level kelompok umur yang tidak akan perpartisipasi di Piala Asia U-17 2023. 

Ada beberapa negara lain yakni Singapura U-17 hingga Filipina U-17. Artinya, zona Asia Tenggara atau AFF akan mengirim sebanyak 5 negara yang diwakili Vietna, Thailand, Malaysia, Australia dan Laos.

Berikut Negara-negara Peserta Piala Asia U-17 2023:

1. Jepang
2. Qatar
3. Iran
4. Uzbekistan
5. Malaysia
6. Yaman
7. Vietnam
8. Australia
9. Tajikistan
10. Korea Selatan
11. China
12. Afghanistan
13. Thailand
14. Arab Saudi
15. Laos
16. India 

MalaysiaBima SaktiBola InternasionalKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini