x

Ramai Desakan Mundur dari Ketum PSSI, Asnawi: Iwan Bule Masih yang Terbaik!

Kamis, 13 Oktober 2022 13:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mendukung Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

INDOSPORT.COM – Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mendukung Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Diketahui, pada Sabtu (01/10/22), tragedi Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya Surabaya terjadi. Ratusan korban meninggal dunia, mulai dari anak-anak, hingga laki-laki dan perempuan dewasa.

Baca Juga

Ada pula ratusan korban lainnya yang dilarikan ke rumah sakit karena luka ringan hingga luka berat, termasuk masalah penglihatan.

Lantas, sejumlah investigasi dilakukan untuk mengusut tuntas penyebab dari tragedi kemanusiaan pascapertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, Minggu (01/10/22).

Buntut panjang lainnya dari tragedi Kanjuruhan tersebut adalah desakan mundur dari beberapa pihak kepada Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Baca Juga

Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dituntut mundur  dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI karena dianggap gagal bertanggung jawab dan lalai melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan.

Desakan mundur Iwan Bule tersebut mendapatkan reaksi dari banyak pihak, termasuk pemain Timnas Indonesia yang membela klub K-League 2 Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam.

Menurutnya, Iwan Bule masih layak untuk mengemban jabatannya sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca Juga

Pernyataan ini disampaikan oleh pemain klub K-League 2 Ansan Greeners tersebut melalui instagram resminya @asnawi_bhr pada Rabu (12/10/22).

“This True, kurang lebih 10 tahun bersama Timnas Indonesia, beberapa kali merasakan pergantian PSSI, dan jika mau menilai sampai dengan saat ini memang Iwan Bule masih yang terbaik,” tulis Asnawi.

Asnawi Mangkualam. Foto: Instagram@asnawi_bhr

1. Dukungan untuk Iwan Bule

Dukungan setia untuk Iwan Bule.

Selain Mangkualam, dukungan untuk Mochamad Iriawan atau Iwan Bule untuk bertahan sebagai ketua umum PSSI datang dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Dalam pernyataannya di instagram, Shin Tae-yong bahkan secara terang-terangan akan pasang badan dan ikut bertanggung jawab atas insiden Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

“Menurut saya, jika ketua umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri.”

“Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja atas nama tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama besar. Kami adalah satu tim.”

“Sepak bola tidak akan sukses jika hanya performa 11 pemain inti saja yang bagus, bukan juga hanya staff pekerja saja yang bagus.”

Baca Juga

“Namun kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim dari pemain inti, pemain cadangan, staff pelatih, official, semua karyawan federasi termasuk ketua umum (PSSI),” tulis Shin Tae Yong.

Unggahan instagram Shin Tae-yong itupun ramai dengan beragam komentar dari banyak pihak, termasuk dari banyak pemain Timnas Indonesia seperti Hokky Caraka, Marc Klok, hingga Asnawi.

“That is true, Pak Iwan Bule masih yang terbaik untuk PSSI,” komentar Asnawi Mangkualam.

Baca Juga

Insiden Kanjuruhan memang menjadi duka bersama di Indonesia dan dunia. Banyak bintang sepak bola dunia mengirimkan bentuk duka citanya pasca tragedi kanjuruhan.

Asnawi Mangkualam juga menjadi salah satu orang yang berduka cita hingga ikut bersuara ketika desakan kepada ketua Umum PSSI, Iwan Bule atau Mochamad iriawan mundur begitu panas.


2. Bintang Emon Sindir Ketum PSSI?

Iwan Bule atau Mochamad Iriawan memang sempat panas dituntut mundur beberapa pihak atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (01/10/22).

Iwan Bule atau Mochamad Iriawan memang sempat panas dituntut mundur beberapa pihak atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (01/10/22). 

Hanya saja, dari bombardier tuntutan mundur, purnawirawan Polri tersebut tetap bersikukuh untuk mempertahankan posisinya sebagai Ketum PSSI.

Iwan Bule menganggap, mundur bukan jawaban yang tepat. Jika ia mundur dari kursi petinggi PSSI, maka ia lepas tanggung jawab.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan publik. Bahkan, muncul petisi Iwan Bule mundur di sosial media yang telah ditandatangani puluhan ribu orang.

Komika Bintang Emon yang membuat tutorial mundur pun tak pelak disangkutpautkan dengan Ketua Umum PSSI Iwan Bule atau Mochamad Iriawan oleh publik di kolom instagram-nya.

Baca selengkapnya: Bikin Tutorial Cara Mundur, Komika Bintang Emon Sindir Ketum PSSI?

PSSILiga IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharIwan BuleMochamad Iriawan

Berita Terkini