x

TGIPF Puji Sifat Satria Akhmad Hadian Lukita yang Siap Mundur dari Dirut PT LIB

Kamis, 13 Oktober 2022 09:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - TGIPF apresiasi Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, yang siap mundur dari jabatan direktur utama LIB buntut tragedi kanjuruhan. 

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dikabarkan siap mundur dari jabatan direktur utama PT LIB usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Akhmad Hadian Lukita memang ditetapkan sebagai tersangka tragedi Stadion Kanjuruhan. Dirinya menjadi tersangka bersama lima orang lainnya.

Baca Juga

Akhmad Hadian Lukita pun muncul ke depan publik untuk pertama kalinya saat dipanggil Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) di Kantor Kemenko Polhukam.

TGIPF memang memanggil PSSI, PT LIB hingga broadcaster terkait stadion Kanjuruhan Malang.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut tim TGIPF meminta keterangan terkait insiden yang menyebabkan tewasnya 132 orang.

Diutarakan oleh Ketua Koordinator Save Our Soccer sekaligus anggota TGIPF, Akmal Marhali, yang ikut dalam pemeriksaan itu membeberkan beberapa hal.

Baca Juga

Akmal mengatakan Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita dengan tegas berani bertanggung jawab atas insiden tersebut.


1. Siap Mundur

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita bersama ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Bahkan Akmal menyebut bahwa Akhmad Hadian Lukita siap mundur dari jabatan Direktur Utama PT LIB.

"Kalau PT LIB mereka bertanggung jawab atas kasus ini. bahkan Direktur LIB bertanggung jawab, bahwa beliau siap menyelesaikan kasus hukumnya," ucap Akmal.

Baca Juga

"Bahkan ia siap mundur diri dari posisinya di LIB," kata Akmal.

Akmal pun mengapresiasi pernyataan Akhmad Hadian Lukita. Apalagi Hadian sendiri telah ditetapkan oleh Kapolri Sigit Listyo sebagai salah satu tersangka untuk tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

"Saya pikir pernyataan Dirut LIB ini perlu diapresiasi ya, artinya signs of crisis yang dimilikinya, sehingga dia siap menerima konsekuensi dan siap dihukum," kata Akmal.

Menurut Akmal itu kepemimpinan hebat yang ditunjukkan oleh Hadian yang memilih bertanggung jawab penuh dan tak kabur.

Baca Juga

"Bahkan beliau tadi bilang "Tolong pak, kalau bisa saya saja yang menjadi tersangka", itu bagian dari bentuk kepemimpinan," ujarnya.


2. Profil Akhmad Hadian Lukita

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita saat Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI Jabar di Golden Flower Hotel, Kota Bandung, Sabtu (27/11/21).

Mengenal lebih dekat sosok Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB yang ditetapkan jadi tersangka oleh pihak Kepolisian di Tragedi Kanjuruhan.

Buntut dari Tragedi Kanjuruhan, Kapolri mengumumkan enam tersangka terkait kejadian tersebut, termasuk Dirut PT LIB selaku operator Liga 1 dan tiga dari pihak kepolisian.

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Kamis (06/10/22) hari ini, Listyo Sigit menjelaskan jika tim investigasi telah melakukan penyelidikan sesuai dengan mandat yang telah diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Dalam kesempatan ini, Listyo Sigit telah menetapkan enam tersangka terkait Tragedi Kanjuruhan Malang, salah satunya adalah Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. 

Liga IndonesiaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Akhmad Hadian LukitaTragedi KanjuruhanTGIPFTGIPF Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini