x

Pernah Main di Italia, Emir Eranoto Bela Iwan Bule: Jangan Mundur dari PSSI

Sabtu, 15 Oktober 2022 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Wonderkid Indonesia di Italia, Emir Eranoto.

INDOSPORT.COM - Pernah bermain di klub Italia, Emir Eranoto, menilai Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, adalah sosok terbaik untuk memimpin federasi.

Meski banyak dorongan agar Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mundur dari jabatannya di PSSI, sebagai bentuk tanggung jawab moral atas Tragedi Kanjuruhan, tetapi tetap ada yang kontra.

Baca Juga

Salah satunya ialah pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang mengaku akan melepas jabatannya jika Iwan Bule mundur sebagai Ketua Umum PSSI.

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," tegas Shin.

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai satu tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama," lanjutnya.

Baca Juga

Berawal dari unggahan Shin Tae-yong, sejumlah penggawa timnas Indonesia juga ikut bersuara, bahwa kinerja Iwan Bule telah memberi dampak yang bagus untuk Timnas.

"This is true. Kurang lebih 10 tahun bersama timnas Indonesia, beberapa kali merasakan pergantian Ketum PSSI," ungkap Asnawi Mangkualam, pemain Ansan Greeners.

"Dan jika mau menilai, sampai dengan saat ini memang Iwan Bule masih yang terbaik," tambah bek andalan timnas Indonesia itu.

Baca Juga

Tak hanya dari internal timnas Indonesia, salah satu pemain muda yang pernah merumput di Italia, Emir Eranoto juga menilai Iwan Bule masih layak memimpin.

Apalagi, baru-baru ini Iwan Bule telah menyatakan kesiapannya bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan, dengan cara yang terbaik, tanpa harus mundur.


1. Mengenal Emir Eranoto

Emir Eranoto, bakat muda Indonesia di Liga Italia

Emir Eranoto merupakan pesepakbola muda asal Indonesia yang sempat viral beberapa waktu lalu, karena menjadi kapten tim sepak bola Italia, San Marco Juventina.

Tak sekadar numpang nama, Emir Eranoto juga kerap mendapat kepercayaan pelatih, meski berstatus sebagai pemain asing di Italia. Emir berposisi sebagai gelandang.

Perjalanan Emir Eranoto di Liga Italia berlangsung sejak tahun 2018. Kala itu, ia direkrut oleh tim ISM Academy. Tahun 2019, Emir dikontrak oleh San Marco Juventina.

Namun, kendala pandemi Covid-19 yang merebak di Italia, pada awal tahun 2020 lalu, memaksa Emir Eranoto untuk pulang. Tapi, kiprahnya tak berhenti sampai di sana.

Emir Eranoto sempat mewakili Indonesia dalam kunjungan pemain dan seleksi di klub asal Turki, Antalya Halspor, sang juara divisi empat Liga Turki musim 2019/2020 lalu.

KanjuruhanPSSIBola InternasionalLiga IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharEmir EranotoIwan BuleMochamad IriawanKetua Umum PSSIShin Tae-yongTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini