x

Dibocorkan Pak Menteri PUPR, Inilah Desain 'Wah' Renovasi Stadion Kanjuruhan

Senin, 17 Oktober 2022 08:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ilham Oktafian
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat meninjau Stadion GBK yang mengalami kerusakan .

INDOSPORT.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono turut menggambarkan bagaimana desain renovasi yang akan diterapkan untuk Stadion Kanjuruhan Malang.

Sebagaimana diketahui, pemerintah dalam hal ini PUPR sudah menjalankan instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk melakukan audit teknis untuk stadion di Indonesia menyusul Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

Stadion Kanjuruhan pun mendapat prioritas, lantaran menjadi lokasi terjadinya tragedi yang menewaskan 132 korban dengan ratusan lainnya luka-luka.

Dalam paparannya Kamis (13/10/22) lalu, Kementerian PUPR menyimpulkan bahwa markas Arema FC tersebut perlu renovasi total.

Basuki Hadimuljono yang ketika itu didampingi Menpora Zainudin Amali, lantas menyebut ada 7 rekomendasi yang akan digunakan untuk mendesain renovasi Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga

"Stadion ini nanti akan ditutupi oleh atap yang melingkar seluruh tribun. Minimal seperti Stadion Manahan (di Solo)," ucap menteri kelahiran Surakarta, Jawa Tengah tersebut.

Jika mengacu pada kondisi Stadion Manahan Solo saat ini, maka bisa dipastikan Stadion Kanjuruhan akan menjadi venue menuju standar piala dunia.

Pasalnya, markas Persis Solo di Liga 1 itu akan menjadi satu dari enam venue yang dipakai Indonesia selama menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

"Tahun depan akan kami mulai renovasinya. Mudah-mudahan desain stadion akan rampung pada tiga sampai empat bulan ke depan," beber Basuki Hadimuljono.

Arema FC sudah dipastikan tidak bisa menggelar semua laga home Liga 1 di Malang. Hal itu mengacu sanksi Komite Disiplin PSSI pasca terjadinya Tragedi Kanjuruhan.


1. Bangun Momen

Tim PUPR saat audit Stadion Kanjuruhan.

Seiring hal itu, Basuki Hadimuljono juga menampung beragam aspirasi masyarakat. Karena Tragedi Kanjuruhan paling kelam di antara tragedi di sepak bola nasional lainnya.

Sehingga, pihak pemerintah akan membangun juga sebuah monumen di dalam area Stadion Kanjuruhan, sebagai perekam memori tragedi tersebut.

Baca Juga

"Kami akan membangun monumen juga disini, untuk mengenang para korban. Kami optimis dalam satu tahun, semua renovasi sudah selesai," tandas dia.

Baca Juga

Basuki pun sangat berharap, renovasi Stadion Kanjuruhan bisa menepis semua trauma atas terjadinya tragedi tersebut. Tampilan markas Tim Singo Edan itu akan benar-benar berbeda.

"Renovasi dilakukan agar stadion bisa dipergunakan kembali (untuk laga-laga kompetisi sepak bola). Pastinya untuk menghilangkan jejak kelam soal tragedi di sini," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, terakit renovasi Stadion Kanjuruhan.

Basuki HadimuljonoLiga IndonesiaStadion KanjuruhanArema FCLiga 1

Berita Terkini