x

Barnsley, Klub Kasta Bawah Liga Inggris Penghasil Bek-bek Top Premier League

Sabtu, 22 Oktober 2022 17:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
John Stones, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT. COM - Barnsley hanyalah tim sepak bola penghuni kasta bawah Liga Inggris. Namun kualitas akademi sepak bola mereka ternyata cukup bagus, karena mampu menghasilkan bek-bek jempolan.

Reputasi Barnsley memang harus diakui sungguh kurang terkenal di kalangan para pecinta pentas lapangan hijau internasional.

Maklum, keikutsertaan Barnsley dalam kompetisi Liga Inggris, lebih seringnya cuma bisa berkutat di kasta bawah saja.

Baca Juga

Musim 2022/23 yang sekarang sedang berjalan, Barnsley diketahui berkompetisi di kasta ketiga Liga Inggris, yakni League One.

Barnsley mengikuti kompetisi ini akibat hasil buruk mereka musim lalu yang menempati juru kunci klasemen akhir Divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris), alias terdegradasi.

Meski demikian, Barnsley ternyata memiliki sisi apik tersendiri, khususnya terkait sistem pembinaan pemain muda mereka.

Buktinya, ada beberapa bek tengah jebolan akademi sepak bola Barnsley yang kini bersinar menjadi bintang Premier League.

Setidaknya ada dua nama bek tengah yang kini main di tim-tim top Premier League, serta jadi langganan Timnas Inggris, yang merupakan hasil binaan akademi sepak bola Barnsley.

Lantas, siapa sajakah para bek tengah yang dimaksud? Demi menjawabnya, silahkan tengok ulasan versi redaksi INDOSPORT berikut!


1. 1. Harry Maguire

Harry Maguire di laga Liga Inggris antara Manchester United vs Burnley

Harry Maguire kini sohor sebagai salah satu bek top di pentas Premier League, bersama salah satu klub raksasa, Manchester United.

Meski kini karier sepak bolanya tampak mengalami penurunan akibat performa buruk yang ia tunjukkan, fakta kalau dia merupakan bek termahal di muka bumi tetap tak bisa dihapuskan.

Harga pembelian Maguire kala pertama kali didatangkan MU dari Leicester City memang memecahkan rekor bek termahal, lantaran menelan biaya sebesar 87 juta euro.

Baca Juga

Selain tenar di level klub, Maguire juga memiliki karier yang cukup sukses dalam skala internasional, sebab namanya rajin diandalkan oleh Timnas Inggris.

Hingga tulisan ini dibuat, bek berpostur 194 cm tersebut tercatat sudah bermain membela Timnas Inggris di laga-laga internasional sebanyak 48 kali.

Pencapaian mentereng yang Maguire dapatkan sekarang, ternyata dimulai dari perjalanannya merintis karier bersama akademi milik Barnsley.

Semasa masih usia belia, Maguire diketahui pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Barnsley hingga tahun 2009.

Ia kemudian pergi meninggalkan Barnsley untuk pindah ke akademi sepak bola milik klub Liga Inggris lainnya, Sheffield United.

Maguire menapaki karier level senior pertama kali dengan tim utama Sheffield United pada awal musim 2011/12.

Memasuki musim panas 2014, Maguire menerima ajakan bergabung dari Hull City dan ia meneruskan karier sepak bolanya di sana.

Singkat cerita, Maguire memperlihatkan perkembangan signifikan, sehingga Leicester City berani menebusnya dari Hull City pada musim panas 2017.

Dua tahun membela Leicester, permainan Maguire begitu menonjol, yang lantas membuat Man United rela mengeluarkan dana fantastis untuk mendaratkannya ke Old Trafford.


2. 2. John Stones

John Stones.

Bila Harry Maguire hanya sebentar menjalani pembinaan di akademi Barnsley, kiprah bek tengah top Premier League bernama John Stones, justru cukup lama berkarier di sana.

Stones terus menimba ilmu sepak bola bersama Barnsley, hingga akhirnya mendapatkan kesempatan promosi ke tim senior pada 2012.

Setengah musim menjadi andalan lini belakang Barnsley, permainan Stones mampu memikat hati salah satu klub top Premier League, Everton.

Baca Juga

Pada bursa transfer Januari 2023, Everton resmi membajak Stones dari Barnsley dengan mahar senilai 3,5 juta euro.

Karier Stones sejak pindah ke Everton makin memperlihatkan perkembangan drastis, dan membuat klub raksasa, Manchester City, datang menawarinya ajakan bergabung pada musim panas 2016.

Everton dan Stones sama-sama menyetujui penawaran Man City yang dihiasi nominal biaya penebusan sebesar 55,6 juta euro.

Stones pun tentu kian memantapkan statusnya sebagai bek top Premier League maupun Timnas Inggris, berkat keputusannya hijrah ke Etihad Stadium.

Karier Stones hingga sekarang masih rutin menjadi andalan utama lini belakang Man City dalam mengarungi kerasnya kompetisi level tertinggi, baik di kancah domestik maupun Eropa.

Nama Stones juga tampak sangat sering diandalkan Timnas Inggris, yang mana ia sekarang sudah mengoleksi 59 penampilan dan tiga gol.

Premier LeagueBarnsleyLiga Inggris

Berita Terkini