x

Lakoni Tur Sulit Jawa Timur, Ini Catatan Evaluasi Rasiman untuk Persis Solo

Minggu, 23 Oktober 2022 12:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, memiliki catatan terkait performa tim dalam tur ke Jawa Timur. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Rasiman, memiliki catatan terkait performa tim dalam tur ke Jawa Timur. Terbaru, Laskar Sambernyawa ditahan Gresik United 3-3 di Stadion Joko Samudro, Gresik, Sabtu (22/10/22) sore.

Persis Solo membawa 30 pemain dalam rangkaian uji coba selama kompetisi Liga 1 2022/2023 terhenti. Setelah laga kandang, Persis Solo menjalani laga tandang ke Jawa Timur.

Baca Juga

Persis Solo mengawal tour dengan melawan tim Liga 3 Jawa Timur, Persekabpas Pasuruan, di Stadion Untung Suropati, Kota Pasuruan, Jumat (21/10/22) sore.

Pada laga ini, Persis Solo menang 1-0 lewat gol Rezam Baskoro. Sayangnya, laga tertutup ini hanya berjalan satu babak karena suporter Persekabpas kemudian datang ke stadion.

Laga kedua kemudian dilakoni Persis Solo dengan melawan Gresik United. Laga yang berjalan seru ini berkesudahan 3-3. Tuan rumah menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit ke-90+2.

Baca Juga

Sebelum gol itu, Persis Solo tiga kali memimpin lewat gol Samsul Arif menit ke-50, Andri Ibo menit ke-73 dan Rian Miziar menit ke-88. Gresik United membalas lewat Rafli Mursalim menit ke-64, Muhammad Ghozy menit ke-85 dan Imam Bagus menit ke-90+2.

"Kita unlucky karena hari Jumat hanya bisa main satu babak, jadi kita tidak bisa memainkan skenario yang sesungguhnya. Saat lawan Gresik, ada banyak pemain yang belum main, saya harus memainkan mereka, karena saya harus memberikan kesempatan ke semua pemain," kata Rasiman, Sabtu (22/10/22).

Dari dua laga yang dijalani, Rasiman lebih senang melihat jalannya laga di Gresik. Menurutnya, saat melawan Persekabpas yang dilatih Subangkit, para pemain yang diturunkan terlihat kelelahan.

Baca Juga

Rombongan sendiri baru berangkat ke Jawa Timur pada Kamis (20/10/22) siang. Setelah itu mereka melawan anak-anak muda Persekabpas.

"Kalau hari Jumat mungkin persoalannya pemain kelihatan kelelahan di Pasuruan. Pada laga kedua ini, mereka kelihatan lebih fresh dan sangat bagus, mengawali laga dengan bagus. Cuma sayangnya kita tidak bisa menjaga kemenangan yang sudah di ujung waktu," tutur Rasiman.


1. Evaluasi Pertandingan

Logo Persis Solo.

Pada laga melawan Gresik United, Rasiman memiliki banyak catatan tentang performa Alexis Messidoro dkk.

Menurutnya, meski hasil akhir tak menjadi patokan, tetapi proses lawan mendapatkan gol ketiga sejatinya bisa dihindari. Ini menjadi salah satu catatan dalam lawatan ke Jawa Timur.

Baca Juga

"Tentunya (evaluasi) ada banyak hal ya, ketika lawan melakukan high press, kita tidak bisa keluar dari tekanan, itu salah satu pekerjaan rumah kita," kata Rasiman.

"Kedua, how to kill the game, sudah saya ingatkan beberapa pemain tidak naik ketika leading 3-2, tapi mereka tetap naik," lanjut Rasiman.

Dua laga melawan Gresik United dan Persekabpas menjadi catatan pelatih untuk membuat program sepekan ke depan.

Baca Juga

"Ini saya rasa akan jadi koreksi, karena biar bagaimanapun, kalau tadi kita bisa menjaga, karena terakhir itu kan counter attack dari corner kick, kalau kita taruh center back di belakang, saya rasa situasi tidak mungkin terjadi," ucap Rasiman.

Gresik United Puas

Terpisah, asisten pelatih Gresik United, Andik Ardiansyah, senang dengan terlaksananya laga melawan tim Liga 1, Persis Solo.

Agenda ini penting bagi Gresik United untuk berbenah lagi sebelum bertarung di Liga 2 2022/2023. Andik Ardiansyah pun tak begitu memikirkan hasil akhir dari laga ini.

Baca Juga

"Masih banyak yang dibenahi di laga uji coba ini," jelas Andik Ardiansyah dalam laman resmi klub.

Baik Persis Solo maupun Gresik United akan terus melakukan uji coba sampai kompetisi dimulai lagi. Belum diketahui kapan Liga 1 dan Liga 2 akan digelar lagi. 

Persis SoloGresik UnitedLiga InggrisLiga 1RasimanBerita Liga 1Persekabpas Pasuruan

Berita Terkini