x

Kakang dan Robi Gabung Timnas Indonesia U-20, Legenda Persib Bangga

Senin, 24 Oktober 2022 21:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Diklat Persib, Kakang Rudianto, saat berlatih dengan tim Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (7/9/20).

INDOSPORT.COM - Legenda Persib Bandung, Atep, merasa bangga dengan bergabungnya Kakang Rudianto dan Robi Darwis ke Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong.

Kakang Rudianto dan Robi Darwis bersama satu pemain lainnya Ferdiansyah, menjadi perwakilan Persib Bandung, yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan atau Training Center (TC) Timnas Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol.

Baca Juga

TC tersebut, merupakan persiapan menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan, Maret 2023. Selain, Timnas Indonesia juga akan menatap Piala Dunia FIFA U-20 2023 yang akan berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Atep merasa bangga, dengan bergabungnya Kakang dan Robi Darwis ke Timnas Indonesia. Pasalnya, kedua pemain tersebut hasil dari binaan sekolah sepak bola (SSB) Atep 7 (A7).

Baca Juga

SSB A7 sendiri, merupakan SSB yang didirikan oleh Atep di kampung halaman di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Tentu bangga senang, karena ada dari anak didik kami dari Cianjur yang sekarang berhasil menembus tim nasional dan Persib Bandung, tentu saya juga kebetulan beberapakali mengikuti perkembangan mereka, karena mereka dari usia dini berada di SSB A7," ucap Atep kepada INDOSPORT, Senin (24/10/22).

Mantan kapten Persib ini menambahkan, bergabungnya Kakang Rudianto dan Robi Darwis ke Timnas Indonesia, menjadi salah satu tujuannya, agar pemain yang menimba ilmu di SSB A7 bisa berkembang dan menjadi pemain sepak bola profesional.

Sebagai informasi, Kakang dan Robi Darwis setelah menimbang ilmu di SSB A7, dilirik oleh Akademi Persib hingga akhirnya bisa bergabung dengan tim Persib dan Timnas Indonesia U-20.

"Ketika mencapai puncak seperti sekarang, tentu jadi kebahagiaan untuk kami dan menjadi tujuan saya dulu mendirikan SSB," jelasnya.

Pemain yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini memiliki harapan besar dengan bergabungnya Kakang Rudianto dan Robi Darwis ke Timnas Indonesia.

Ini bisa dijadikan motivasi oleh anak-anak yang saat ini sedang menimba ilmu sepak bola khususnya di Cianjur.

Selain itu, untuk menjadi pemain sepak bola profesional seperti yang telah diraih oleh Kakang dan Robi, tentu tidak dapat dengan instan.

Baca Juga

Pasalnya, sejak usia dini Kakang dan Robi Darwis selalu berlatih dan bekerja keras, sehingga cita-cita mereka untuk menjadi pesepakbola profesional bisa tercapai.

"Ya Alhamdulillah, ini bisa menjadi sebuah insipirasi buat adik-adik yang ada di Cianjur, buat motivasi juga bahwa pemain dari kampung pun bisa menjadi pemain seperti sekarang," ungkap.

"Kakang dan Robi tentunya adalah salah satu anak yang berhasil kami didik yang menjadi pemain nasional dan (gabung) Persib," jelasnya.


1. TC ke Turki dan Spanyol demi Prestasi di Piala Asia dan Piala Dunia

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Sementara itu, Spanyol dan Turki sebelumnya sudah pernah menjadi destinasi latihan timnas Indonesia U-19 era Pratama Arhan dan kawan-kawan pada 2020 lalu.

Baca Juga

Saat itu, ada beberapa lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-19, yakni Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu, Sabadell U-19 dan Ceuta U-19 (klub Spanyol).

Baca Juga

Tak hanya persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol juga menjadi pemanasan sebelum Piala Asia U-20 2023. 

Pasalnya, Piala Asia U-20 bergulir lebih awal, yakni Maret tahun depan, sedangkan Piala Dunia U-20 dimainkan pada Mei 2023.

Baca Juga

Selain itu, akan ada beberapa laga uji coba internasional untuk Timnas U-20 selama TC di Eropa. PSSI telah berkomunikasi dengan sejumlah klub dan negara Eropa untuk uji tanding.

"Sejumlah negara Eropa akan menjadi lawan uji coba timnas Indonesia U-20 saat pemusatan latihan di Turki dan Spanyol," tutur Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. 

Persib BandungAtep RizalTurkiBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kakang RudiantoRobi DarwisPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini