x

Langka, 3 Sosok yang Bisa Menjuarai Piala Dunia sebagai Pemain dan Pelatih

Rabu, 26 Oktober 2022 18:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih merupakan hal yang terbilang langka, tetapi tiga sosok ini berhasil melakukannya. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih merupakan hal yang terbilang langka. Namun, tiga sosok ini berhasil melakukannya.

Piala Dunia merupakan kompetisi paling elite di kancah sepak bola. Saking elite-nya, sulit untuk menjuarai ajang ini karena gengsi yang dimiliki.

Baca Juga

Sulitnya menjuarai Piala Dunia karena ajang ini berbeda dengan ajang bergengsi lainnya, yakni digelar empat tahun sekali.

Karenanya, sulit bagi suatu negara meraih gelar juara atau sekadar mempertahankan gelarnya sejak FIFA menggelar ajang ini pada 1930 silam.

Banyak pemain dan pelatih ternama di dunia bermimpi bisa meraih titel Piala Dunia karena prestisenya ajang empat tahunan ini.

Baca Juga

Namun, untuk memenangkannya dibutuhkan pengalaman serta mental bertanding yang kuat agar bisa mengatasi tekanan yang ada.

Sebagai contoh, beberapa pemain ternama seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo serta pelatih ternama seperti Louis van Gaal belum pernah sekali pun menjuarai Piala Dunia.

Sehingga, baik Messi, Ronaldo, dan Van Gaal pun akan berusaha kuat bersama negara-negaranya untuk menjuarai Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Berbeda dengan Messi, Ronaldo, dan Van Gaal, ada beberapa sosok yang justru bisa merasakan mengangkat gelar Piala Dunia sebanyak dua kali.

Tak tanggung-tanggung, sosok-sosok ini bisa meraih gelar Piala Dunia saat masih berstatus pemain dan saat menjadi pelatih. Siapa saja mereka?


1. 1. Franz Beckenbauer

Kapten Jerman Barat, Franz Beckenbauer, mengangkat trofi Piala Dunia usai mengalahkan Belanda di final, 7 Juli 1974.

Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer menjadi sosok pertama yang berhasil menggondol gelar Piala Dunia saat masih bermain dan melatih.

Semua gelar itu didapatkannya bersama negaranya, Jerman. Semasa bermain, Beckenbauer mampu membawa Jerman Barat menjuarai Piala Dunia 1974.

Karena kiprahnya selama bermain itu, Beckenbauer sampai dua kali meraih Ballon d’Or dan dua kali menjadi runner-up Ballon d’Or.

Baca Juga

Usai gantung sepatu, Beckenbauer pun berkesempatan melatih negaranya, Jerman, pada 1984 hingga gelaran Piala Dunia 1990.

Siapa sangka pada akhir masa jabatannya sebagai pelatih Jerman, Beckenbauer mampu membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 1990.

2. Mario Zagallo

Mario Zagallo menjadi orang kedua yang berhasil menjuarai Piala Dunia saat masih aktif bermain dan saat menjadi pelatih.

Rekor ini didapatkannya bersama Brasil. Saat menjadi pemain, Zagallo mampu membawa tim Samba menjuarai Piala Dunia sebanyak dua kali.

Baca Juga

Dua gelar Piala Dunia itu didapatkannya bersama Brasil, yakni pada edisi 1958 yang berlangsung di Swedia dan 1962 yang berlangsung di Chile.

Usai membawa Brasil sebagai pemain, Zagallo kemudian berhasil membawa negaranya itu menjadi juara Piala Dunia 1994 sebagai pelatih.

Saat itu Zagallo bukanlah pelatih kepala Brasil. Ia hanya berstatus asisten pelatih bagi pelatih tim Samba kala itu, Carlos Alberto Parreira.


2. 3. Didier Deschamps

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Berbeda dengan Beckenbauer dan Zagallo, Didier Deschamps mampu mengangkat gelar Piala Dunia sebagai kapten tim kala bermain dan juga pelatih.

Deschamps pertama kali meraih gelar Piala Dunia kala menjadi kapten bagi Prancis selaku tuan rumah Piala Dunia 1998.

Baca Juga

Saat itu, Deschamps bertindak sebagai kapten mampu membuat Prancis tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan yang dimainkan di Piala Dunia 1998.

Ia pun kemudian menjadi pemain Prancis pertama yang berhasil mengangkat gelar Piala Dunia 1998 yang menjadi gelar perdana bagi negaranya.

Baca Juga

20 tahun berselang, Didier Deschamps membuat kejutan dengan membawa Prancis menjuara Piala Dunia 2018 yang menjadi gelar kedua bagi Les Bleus.

FIFAPiala DuniaFranz BeckenbauerDidier DeschampsPiala Dunia 2022TRIVIATrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini