x

Alami Retak Tulang Fibula, Begini Kondisi Terbaru Winger Bali United Irfan Jaya

Kamis, 27 Oktober 2022 10:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ilham Oktafian
Winger klub Liga 1 Bali United, Irfan Jaya, menjalani rontgen ulang untuk pengecekan kondisi retak tulang fibula pada Selasa (25/10/22) sore.

INDOSPORT.COM - Winger klub Liga 1 Bali United, Irfan Jaya, menjalani rontgen ulang untuk pengecekan kondisi retak tulang fibula pada Selasa (25/10/22) sore. Hasilnya, tulang Irfan Jaya sudah mulai menyatu lagi.

Irfan Jaya mengalami cedera saat menghadapi Persebaya Surabaya, 3 September 2022 lalu. Tulang fibula Irfan Jaya mengalami retak setelah mendapat tackle dari bek Persebaya, Rizky Ridho.

Baca Juga

Setelah laga itu, Irfan Jaya istirahat total. Selama tujuh pekan ini, Irfan Jaya menunggu proses tulang fibulanya menyatu kembali.

Hasil dari kesabaran Irfan Jaya bersama tim dokter Bali United berbuah hasil. Dari hasil rontgen terbaru, tulang fibula Irfan Jaya menunjukkan perkembangan bagus.

"Perkembangannya positif. Kemarin kita sudah lakukan rontgen ulang dan hasilnya tulang sudah mulai menyatu. Kondisi dia baik dan sudah bisa jalan seperti biasa," kata Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra, Rabu (26/10/22).

Baca Juga

dr. Ganda menjelaskan, proses penyembuhan cedera Irfan Jaya tak membutuhkan operasi. Dia cukup istirahat serta diberikan penanganan oleh tim medis Bali United.

Selain itu, Irfan Jaya juga diberikan sepatu khusus. Sepatu ini yang membuat tulang barunya bisa tumbuh dengan sempurna seperti sebelumnya.

"Tidak dilakukan operasi karena patahannya rapih. Kita lakukan protect menggunakan sepatu khusus ortopedic agar tulang barunya nanti tumbuh sesuai jalur. Kita juga berikan beberapa injeksi di tulang fibula dan ankle-nya," jelas dr. Ganda.

Baca Juga

Kabar baiknya, keinginan Irfan Jaya untuk segera memulai program latihan direstui tim medis Bali United. dr. Ganda menjelaskan, tahapan program untuk Irfan Jaya dimulai dari adaptasi berjalan.

"Pekan ini mungkin kita akan berikan program untuk adaptasi jalan terlebih dulu. Mungkin pada pekan depan dia mulai masuk sesi penguatan di gym," ucap dr. Ganda.


1. Belum Bisa Bela Timnas

Aksi Irfan Jaya di Piala AFF 2020 Bersama Timnas Indonesia vs Vietnam

Namun, Irfan Jaya kemungkinan tak bisa tampil membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 yang digelar 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Dari tahapan yang akan dijalani eks PSS Sleman ini, dr. Ganda menyebut Irfan Jaya paling cepat bisa berlatih di lapangan bersama Bali United pada pertengahan Desember mendatang.

Baca Juga

"Kalau semua berjalan lancar mungkin di pertengahan Desember dia sudah bisa coba gabung latihan bersama tim," papar dr. Ganda.

Ketika sudah gabung latihan, Irfan Jaya jelas membutuhkan waktu untuk mengembalikan level kebugarannya. Irfan Jaya juga perlu adaptasi lagi dengan situasi pertandingan yang keras.

Saat kondisinya sudah siap, Bali United bisa menurunkan Irfan Jaya pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Dengan begitu, peluang Irfan Jaya tampil bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 masih terbuka.

Baca Juga

Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar baru berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023 mendatang.

Indonesia dengan negara ranking terendah masuk pada pot empat. Indonesia saat ini ada di peringkat ke-152 FIFA. Selain Indonesia, pot empat turut diisi Malaysia, Hongkong, Thailand, Tajikistan dan India

Bali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Irfan JayaBerita Liga 1

Berita Terkini