x

Resmi, PSSI Percepat Kongres Luar Biasa

Sabtu, 29 Oktober 2022 09:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Ketum PSSI Mochammad Iriawan sekita hampir 2 jam di kantor PSSI GBK Arena, Selasa (18/10/22).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan PSSI akan mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Percepatan KLB ini didapat setelah PSSI melakukan Rapat Komite Eksekutif, Jumat (28/10/22) malam.

Exco PSSI memang menggelar emergency metting di Kantor PSSI. Dalam rapat ini dihadiri 12 anggota Exco PSSI termasuk Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI.

Baca Juga

Setelah menggelar rapat tersebut, Mochamad Iriawan menegaskan PSSI sepakat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

"Exco PSSI melaksanakan Exco Emergency metting yang dihadiri 12 anggota Exco. Dan memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa," ucap Mochamad Iriawan dalam akun Youtube PSSI.

Baca Juga

Sebelum menggelar KLB, PSSI disebut Iwan Bule akan lebih dulu melalukan tahap verifikasi. Dia menekankan bahwa KLB akan digelar selambat-lambatnya tiga bulan pasca proses verifikasi selesai.

Baca Juga

Sebagaimana merujuk Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB baru bisa dilaksanakan apabila sekurangnya 2/3 dari delegasi (voters) mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan itu secara tertulis.


1. Tidak Ingin Ada Perpecahan

Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Ketum PSSI Mochammad Iriawan sekita hampir 2 jam di kantor PSSI GBK Arena, Selasa (18/10/22).

Iriawan juga mengatakan percepatan Kongres Luar Biasa juga sebagai bentuk perhatian atas dua surat dari anggotanya yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya yang meminta dilaksanakannya KLB.

"Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

"Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh voters yang mewakili anggota PSSI," tutup Iriawan.

Setelah memastikan bakal menggelar KLB, PSSI kini akan berkirim surat ke FIFA untuk memberitahukan rencana tersebut. Surat pemberitahuan kepada FIFA rencananya bakal dirilis PSSI pada Senin (31/10/22) mendatang.

FIFAPSSIKongres Luar Biasa (KLB)Liga IndonesiaMochamad Iriawan

Berita Terkini