x

Usai Tantang 4 Tim Liga 3, PSS Sleman Buka Peluang Uji Coba Tandang

Minggu, 30 Oktober 2022 14:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Uji coba PSS Sleman melawan 757 Kepri Jaya FC di Lapangan Pakembinangun, Jumat (22/10/22). (Foto: MO PSS Sleman)

INDOSPORT.COM - PSS Sleman membuka peluang untuk menggelar uji coba tandang seusai dihentikannya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 akibat Tragedi Kanjuruhan.

Agenda uji coba dari PSS Sleman ini dilakukan agar Mychell Chagas dkk tidak merasa jenuh. Elang Jawa termasuk tim yang tak meliburkan pemain dalam waktu lama ketika Liga 1 dibekukan.

Baca Juga

Skuat besutan Seto Nurdiyantoro terus berlatih di Lapangan Pakembinangun, Sleman, DIY. Selama empat pekan program berjalan, PSS Sleman juga menggelar uji coba melawan tim-tim Liga 3.

Mereka sempat menantang beberapa klub dari kasta ketiga Liga Indonesia seperti Raga Putra Menoreh, Bantul United, 757 Kepri Jaya FC dan PS Tunas Ngaglik.

Baca Juga

Hanya saja, dari setiap uji coba itu, para pemain PSS Sleman merasa jenuh karena semua laga berlangsung di Lapangan Pakembinangun.

Makanya, ada rencana bahwa PSS Sleman menjalani uji coba di tempat lain di luar DIY. Peluang untuk melakukan uji coba tandang, seperti halnya Persis Solo, berpotensi dilakukan.

"Mungkin (away), kita akan lihat kedepannya. Kita juga masih menunggu kejelasan dari kompetisi," ucap pelatih Elang Jawa, Seto Nurdiyantoro.

Seto Nurdiyantoro belum menentukan tim mana yang akan menjadi lawan. Pelatih berlisensi AFC Pro itu hanya memastikan program uji coba akan dilakukan setiap pekan.

Baca Juga

Kedepannya, PSS akan mencari klub yang datang dari level Liga 2 dan Liga 1. Uji coba melawan tim dengan level lebih tinggi dari Liga 3 diperlukan untuk mengevaluasi kinerja tim.

"Yang penting jangan sampai ada kejenuhan dari para pemain," tutur pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.


1. Bakal Tantang Borneo FC?

Suporter PSS Sleman memasang spanduk dukungan untuk Seto Nurdiyantoro dalam sesi latihan. Foto: Media PSS Sleman

Salah satu klub yang bisa jadi lawan uji coba PSS adalah Borneo FC. Mulai akhir pekan lalu, para penggawa Borneo FC sudah berdatangan ke Yogyakarta.

Stefano Lilipaly dkk. akan menjalani latihan dan sederet uji coba selama pemusatan latihan di Yogyakarta. Seto mengaku belum mengetahui agenda Borneo FC.

"Belum ada (komunikasi)," singkat Seto.

Baca Juga

Ditambahkan gelandang PSS, Komarudin, para pemain coba mengatasi situasi tanpa pertandingan ini dengan semangat berlatih. Komarudin menyadari bahwa PSS masih perlu berbenah lagi.

"Kita pernah pengalaman saat Covid lalu, mengalami hal yang sama, jadi sekarang sudah bisa menerima," ucap Komarudin.

Baca Juga

"Harapan sebagai pemain, kita hanya bisa mendoakan korban Kanjuruhan kemarin, lalu kedepannya supaya liga lebih baik lagi dan kejadian di Kanjuruhan jangan terulang lagi," lanjut Komarudin.

Sementara itu, Saddam Emiruddin Gaffar mencatatkan hattrick saat PSS Sleman pesta gol ke gawang klub Liga 3 DIY, PS Tunas Ngaglik 14-0. Laga itu merupakan agenda uji coba di Lapangan Pakembinangun, Sleman, Sabtu (29/10/22) pagi.

Dalam laga itu, PSS menurunkan semua pemain dalam dua babak. Pada babak pertama, PSS mencetak enam gol. Tiga gol dicetak Saddam Gaffar, dua gol dicetak Komarudin dan sebiji gol dicetak Wahyu Sukarta.

Pergantian menyeluruh dilakukan pada babak kedua. PSS menurunkan para pemain yang biasanya masuk skuat inti, termasuk empat pilar asing.

Baca Juga

Dominasi yang sudah terlihat pada babak pertama pun semakin berlanjut. Delapan gol kembali dicetak skuat besutan Seto Nurdiyantoro ini.

Dua gol dicetak bomber asal Brasil, Mychell Chagas. Sementara enam gol lain dicetak Rifky Suryawan, Ze Valente, Ibrahim Sanjaya, Jihad Ayoub, Miftahul Hamdi dan Kim Kurniawan.

PSS SlemanPersis SoloBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Liga 3Seto NurdiyantoroTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini