x

Jadi Ampas di Liga Champions, Xavi Bisa Usung 3 Misi Penting di Laga Viktoria Plzen vs Barcelona

Selasa, 1 November 2022 10:54 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Laga Viktoria Plzen vs Barcelona pada Rabu (02/11/22) dini hari WIB akan menjadi perjuangan terakhir Xavi Hernandez di pentas Liga Champions musim ini. Foto: REUTERS-Andreas Gebert.

INDOSPORT.COM - Laga Viktoria Plzen vs Barcelona pada Rabu (02/11/22) dini hari WIB akan menjadi perjuangan terakhir Xavi Hernandez di pentas Liga Champions musim ini.

Seperti diketahui, Barcelona gagal memastikan satu tempat di 16 besar setelah tergabung dalam grup neraka yang juga berisikan Bayern Munchen dan Inter Milan.

Baca Juga

Berada di grup yang sulit, tiga tim tersebu memang sempat diprediksi bakal bersaing hebat dan menyisakan Viktoria Plzen sebagai kontestan ‘hore’ semata.

Benar saja, Viktoria Plzen yang tergolong inferior dibanding ketiganya, hanya bisa memble setelah gagal mencatatkan satu pun kemenangan sejak matchday pertama.

Sementara itu, berhubung hanya ada dua tiket ke 16 besar, mau tidak mau satu dari Bayern Munchen, Inter Milan, atau Barcelona akan jadi korbannya.

Baca Juga

Ya, ternyata kubu Xavi Hernandez-lah yang apes. Sampai tulisan ini dibuat, mereka ada di peringkat 3 klasemen Grup C dengan 4 poin dan dipastikan lengser ke Liga Europa.

Kini sudah gagal lolos putaran grup Liga Champions 2022-2023, yang tersisa dari Xavi dan anak-anak asuhnya adalah menyelamatkan wajah terakhir mereka di laga Viktoria Plzen vs Barcelona nanti.

Lantas, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan Xavi di pertandingan terakhir Blaugrana di putaran grup Liga Champions musim ini?

Baca Juga

Gugur dengan Kepala Tegak

Meski sudah tersingkir, Barcelona setidaknya harus berjuang hingga titik darah penghabisan di laga kontra Viktoria Plzen.

Apalagi, dari lima matchday yang telah dilakoni, mereka hanya mencatatkan satu kali kemenangan, yang uniknya, melawan musuh yang sama.


1. 'Lengser' ke Liga Europa Tanpa Menanggung Malu

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Foto: REUTERS/Albert Gea.

Untuk diingat kembali, Barcelona tampil menjanjikan saat berlaga di matchday pertama Grup C Liga Champions 2022-2023.

Secara meyakinkan mereka menggebuk Viktoria Plzen dengan skor 5-1 pada awal bulan September. Setelah itu, hasil kurang impresif melawan duo Bayern Munchen dan Inter Milan justru membuntuti.

Baca Juga

Namun tentu saja, berkaca pada hasil positif saat menghadapi Viktoria Plzen di pertemuan pertama, nampaknya bukan hal sulit vagi Xavi Hernandez untuk ‘memaksa’ para pemainnya untuk menang lagi nanti.

Walau kemenangan di laga Viktoria Plzen vs Barcelona tidak mengubah nasib Frenkie de Jong dkk di Liga Champions 2022-2023, setidaknya separuh wajah sang wakil Spanyol bisa terselamatkan.

Di sisi lain, dengan situasi saat ini Barcelona pun bisa fokus memenangkan pertandingan tanpa perlu memikirkan tiket 16 besar.

Baca Juga

Terhempas dengan wajah tegak pun menjadi bekal tersendiri bagi Robert Lewandowski dkk untuk tampil sebagai lawan menakutkan di Liga Europa kelak.

Musim lalu, mereka berhasil menghempas Napoli di putaran play-off untuk berjumpa Galatasaray di 16 besar.

Sayangnya, perjalanan Barcelona di Liga Europa 2021-2022 harus terhenti di perempat final oleh tim kuda hitam asal Jerman, Eintracht Frankfurt.

Baca Juga

Walau musim ini kembali lengser dari Liga Champions, Barcelona sebagai salah satu tim papan atas Eropa masih punya kans besar untuk memperbaiki raihan mereka pada 2021-2022.

Apalagi jika menang besar di laga Viktoria Plzen vs Barcelona, mungkin Xavi akan membuat calon lawan timnya di Liga Europa nanti bergidik ngeri - atau setidaknya tidak meremehkan mereka.

 

2. Misi Lainnya

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Foto: REUTERS/Albert Gea.

Trial Pemain Muda

Partai Viktoria Plzen vs Barcelona yang mungkin sudah tidak ‘berarti’ lagi di Liga Champions 2022-2023, masih bisa membawa manfaat bagi Xavi selaku pelatih.

Ia jadi punya kesempatan untuk melakukan rotasi dan menjajal sejumlah pemain mudanya atau para jebolan La Masia.

Baca Juga

Salah satunya seperti diwartakan laman Barca Universal, yang sempat memprediksi beberapa murid La Masia yang diikutsertakan ke skuad Blaugrana menghadapi Viktoria Plzen.

Sebut saja dua di antaranya Marc Casado dan Alvaro Sanz. Belum lagi, ada Pablo Torre yang baru saja bergabung dari Racing Santander.

Ditandatangani sebagai prospek menjanjikan, Pablo Torre memang belum banyak menunjukkan taji yang ia miliki.

Baca Juga

Sebagai tambahan informasi, gelandang berusia 19 tahun tersebut telah melakoni debut untuk tim senior Barcelona saat melawan Viktoria Plzen pada matchday pertama Liga Champions 2022-2023.

Menyelamatkan Jabatan

Pertandingan Viktoria Plzen vs Barcelona dini hari nanti pun bisa jadi panggung Xavi meraih hati para penggemar sekaligus petinggi klub, yang mungkin sedang mempertimbangkan pemecatannya saat ini.

Walau gagal di Liga Champions, ia masih punya kesempatan membawa Barcelona berjaya dan meraih gelar Liga Europa 2022-2023, yang tentu saja tidak buruk-buruk amat.

Baca Juga

Pasalnya, beberapa waktu belakangan, jabatannya sebagai pelatih kepala memang cukup terancam. Bahkan, ia sudah mengaku ikhlas apabila klub ingin berhenti memakai jasanya.

Namun perjuangan Xavi belum berakhir dan mungkin pertandingan Viktoria Plzen vs Barcelona di Liga Champions dini hari nanti bisa jadi jawaban serta angin segar untuknya.

BarcelonaLiga ChampionsXavi HernandezBerita Liga Champions EropaOne FootballViktoria Plzen

Berita Terkini