x

PSSI Diledek 'Tidak Diajak' Pemerintah Indonesia Ketemu FIFA, Iwan Bule Buka Suara

Rabu, 2 November 2022 19:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, uka suara soal ejekan terkait PSSI tidak diajak pemerinta Indonesia bertemu FIFA pasca-Tragedi Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule, akhirnya buka suara soal ejekan terkait PSSI tidak diajak pemerinta Indonesia bertemu FIFA pasca-Tragedi Kanjuruhan.

Pada 18 Oktober lalu, Presiden FIFA, Gianni Infantino, datang ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi dan beberapa menteri termasuk Erick Thohir.

Baca Juga

Kedatangan Gianni Infantino merupakan tindak lanjut atas suratnya kepada Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Erick Thohir terkait transformasi sepak bola Indonesia pasca-Tragedi Kanjuruhan.

Tentu saja tragedi tersebut lantas menjadi sorotan tajam dunia, khususnya FIFA yang segera mengambil tindakan guna mengubah wajah sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Dalam suratnya beberapa waktu lalu, FIFA menyatakan siap bekerja sama dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), pemerintah Indonesia, dan PSSI dalam mentransformasi sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Namun momen ini mengundang suara sumbang dari sejumlah netizen di dunia maya. Mereka menyebut bahwa federasi yang dipimpin oleh Iwan Bule 'tidak diajak' dalam pertemuan tersebut.

Dalam artinya, PSSI dianggap netizen dikesampingkan oleh pemerintah Indonesia dalam merancang pembangunan sepak bola Tanah Air bersama FIFA. 

Iwan Bule akhirnya angka bicara soal ejekan tersebut. Iwan Bule menjelaskan sola posisi PSSI dan fakta sebenarnya dalam sesi podcast Deddy Corbuzier.

Baca Juga

“Beliau (Gianni Infantino) datang bertemu dengan presiden (Jokowi) dulu, Bukan (maksudnya PSSI tidak dibawa),” ujar Iwan Bule.

“Setelah ketemu presiden makan siang, jam 2 kami jemput (Gianni Infantino) di hotelnya, jam 2 langsung ke PSSI,” terangnya.


1. Iwan Bule dan Presiden FIFA Bahas Transformasi Sepak Bola

Presiden FIFA, Gianni Infantino usai melakukan pertemuan dengan Ketum PSSI Mochammad Iriawan sekita hampir 2 jam di kantor PSSI GBK Arena, Selasa (18/10/22).

Menurut penuturan Iwan Bule, pihaknya dan Gianni Infantino sempat terlibat diskusi panjang selama 2,5 jam terkait rencana transformasi sepak bola di Indonesia.

“Kita berdikusi di ruang rapat selama 2,5 jam, memberikan arahan, makanya kita membentuk transformasi olahraga,” sambung Iwan Bule.

Baca Juga

“Bagaimana membentuk transformasi sepak bola lebih baik dari semua sektor tata kelola, Manajemen, suporter, keamanan, stadium kita lakukan pembenahan dengan semua stakeholder yang ada,” lanjutnya.

Ada pun Jokowi dan Gianni Infantino sebelumnya sudah menyepakati lima poin untuk transformasi sepak bola di Indonesia.

Poin pertama, terkait dengan standar keamanan dan keselamatan stadion yang harus ditinjau ulang secara komprehensif dan ditingkatkan.

Baca Juga

Poin kedua yakni protokol dan prosedur kepolisian dalam menjalankan tugas pengamanan pertandingan yang harus sesuai dengan standar keselamatan internasional

Ketiga keterlibatan suporter, yakni sosialisasi yang lebih intensif termasuk pelibatan aktif suporter dalam transformasi sepak bola di Indonesia.

Keempat, penjadwalan pertandingan yang harus ditinjau termasuk dengan tujuan khusus guna menghindari waktu pelaksanaan yang bisa meningkatkan risiko.

Kelima alias poin terakhir, pendampingan yang mengharuskan lembaga-lembaga dan pakar bidang keselamatan dan keamanan stadion perlu dijangkau untuk menetapkan perbandingan sistematis terhadap praktik-praktik terbaik secara global.

Baca Juga


Sebagai informasi awan kelam terjadi dalam persepakbolaan Indonesia. Dalam laga Arema vs Persebaya yang berkesudahan 2-3 untuk keunggulan Bajul Ijo ini berakhir dengan kericuhan.

Kerusuhan tersebut menewaskan lebih dari 130 orang. Adanya kejadian ini pemerintah Indonesia membentuk Tim Gabungan Independent Pencari Fakta yang diketuai oleh Menkopolhukam Mahfud MD.
 

FIFAPSSIJokowiGianni InfantinoLiga IndonesiaIwan BuleMochamad IriawanKetua Umum PSSITragedi Kanjuruhan

Berita Terkini