x

4 Hal yang Bisa Dilakukan Gerard Pique setelah Pensiun, Jadi Presiden Barcelona?

Jumat, 4 November 2022 11:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gerard Pique memutuskan pensiun dari klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: REUTERS/Juan Medina.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola dunia dan Liga Spanyol (LaLiga) baru saja dikagetkan dengan kabar Gerard Pique pensiun dari Barcelona.

Pemain asal Spanyol tersebut akan memainkan pertandingan terakhirnya bersama Blaugrana di Camp Nou di laga kontra Almeria akhir pekan ini.

Baca Juga

Bek tengah berusia 35 tahun tersebut mengungkapkan kabar ia akan gantung sepatu dalam sebuah video emosional yang dirilis pada Kamis (03/11/22) malam waktu setempat.

Gerard Pique, yang kehilangan tempatnya sebagai starter reguler, baik di klub maupun timnas dalam beberapa musim terakhir, ada dalam daftar 55 pemain sementara Spanyol untuk Piala Dunia 2022.

Tidak ayal, keputusan Gerard Pique pensiun ini pun mengundang tanda tanya besar di benak para suporter Barcelona dan penikmat sepak bola.

Baca Juga

Apalagi, belakangan ia sempat jadi buah bibir publik setelah berpisah jalan dengan ibu anak-anaknya, Shakira.

Ditambah lagi, perpisahan pasangan ini diwarnai bumbu-bumbu skandal yang melibatkan bek Timnas Spanyol tersebut dengan perempuan muda yang berbeda usia jauh darinya.

“Banyak orang membicarakan saya selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, kini giliran saya yang berbicara tentang diri saya sendiri,” ucapnya.

Baca Juga

Rekan seangkatan Lionel Messi dan Cesc Fabregas itu pun menceritakan bagaimana Barcelona jadi mimpi besar yang berhasil ia wujudkan - meski sempat pergi ke Manchester United dan kembali lagi.

Setelah Gerard Pique pensiun, nampaknya ada banyak hal yang bisa ia lakukan entah untuk Barcelona maupun dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya.


1. Mau Ngapain Habis Ini, Gerard Pique?

Gerard Pique memutuskan pensiun dari klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: REUTERS/Juan Medina.

Bahkan bukan tidak mungkin, bek kelahiran 2 Februari 1987 ini bakal melakukan hal-hal menarik di luar sepak bola - apalagi jika mengingat ia punya naluri pebisnis yang cukup kuat.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan Gerard Pique setelah pensiun? Mungkin empat hal ini bisa jadi jawabannya.

Baca Juga

Pandit/Komentator

Profesi yang paling banyak ditekuni para pesepak bola setelah memutuskan mundur dari liga maupun ajang-ajang kompetitif.

Tidak lagi berada di lapangan dan memainkan bola, mereka akan lebih banyak berada di dalam studio, mengomentari para pemain - bahkan mantan rekan setimnya dulu di klub maupun timnas.

Di luar studio, mereka terkadang turun ke tepi lapangan untuk melakukan wawancara singkat - yang lebih cocok disebut ngobrol - sembari memakai setelan jas rapi dan sepatu mengkilap.

Baca Juga

Presiden Barcelona

Jabatan yang bukan mustahil didapatkan Gerard Pique setelah pensiun sebagai pemain profesional. Apalagi, ia termasuk sosok vital bagi raksasa Liga Spanyol ini dari masa ke masa.

Nyaris tidak ada orang di klub yang tidak mengenal namanya. Ditambah lagi, ia sudah pernah berkata ingin jadi presiden Barcelona suatu hari nanti.

Bahkan pada awal 2022, pemain bernama lengkap Gerard Pique Bernabeu tersebut dengan frontal mengkritik situasi pelik yang terjadi di Barcelona.

Baca Juga

Menjawab pertanyaan streamer Ibai Llanos, ia pun mengungkapkan hal apa yang bakal dilakukan jika ia adalah presiden Barcelona kala itu.

Seperti pernah diwartakan Marca, Gerard Pique ingin menjadikan Barcelona sebuah klub yang lebih modern.

 

2. Pique Punya Visi Presiden dan Jiwa Bisnis

Gerard Pique memutuskan pensiun dari klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: REUTERS/Juan Medina.

Bukan hanya itu. Salah satu langkah yang bakal diambilnya untuk mewujudkan cita-cita tersebut ialah mendepak para pejabat maupun direktur yang menurutnya perlu ‘dibersihkan’.

“Saya akan membuat klub yang lebih modern. Saya akan mengubah banyak hal,” ucap Gerard Pique, seperti diwartakan Marca pada Januari 2022.

Baca Juga

“Saya akan memberitahu seluruh inner circle untul musnah. Mereka itu toxic. Pergi saja,” ujarnya lagi sembari menggunakan kata-kata kasar yang layak disensor.

Meski saat itu hanya menjawab pertanyaan Ibai Llanos, Gerard Pique sudah menunjukkan bahwa ia adalah pemain dengan visi pemimpin - yang mungkin bisa mengantarkannya ke kursi presiden klub.

Bisnis

Di luar sepak bola, Gerard Pique juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas lain di dunia bisnis bersama perusahaan yang ia miliki saat ini, Kosmos.

Baca Juga

Ia membangun bisnis ini bersama Hiroshi Mikitani pada 2017, bergelut di berbagai kegiatan seperti akuisisi, administrasi, dan manajemen yang terkait dengan industri hiburan.

Selain itu, ia juga memiliki hak atas turnamen tenis Davis Cup dan telah berpartisipasi dalam negosiasi untuk reformasi Piala Super Spanyol.

Gerard Pique pensiun pun tidak lantas membawanya jauh-jauh dari sepak bola. Selain bisa menjadi komentator, ia juga bisa mengurusi klub yang dimiliki Kosmos saat ini, FC Andorra.

Baca Juga

Tim eSports

Kecintaan terhadap video games ditambah hubungan pertemanan yang dekat dengan Ibai Llanos juga membuat Gerard ique cukup sibuk di dunia eSports.

Mereka membentuk tim bernama KOI yang tampil di sejumlah kompetisi eSports berbeda. Apakah kesibukan ini akan mengisi sebagian waktu luang Gerard Pique setelah pensiun dari Barcelona nanti?

BarcelonaLaLiga SpanyolGerard PiqueLiga SpanyolBerita Liga SpanyolOne Football

Berita Terkini