x

Dari Beckham hingga Maradona, 5 Pencetak Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Jumat, 4 November 2022 19:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi David Beckham usai mencetak gol kemenangan Inggris atas Yunani dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2002, 6 Oktober 2001.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia, di mana ada dalam daftar ini terdapat nama David Beckham dan Diego Maradona.

Ajang Piala Dunia akan bergulir dalam hitungan hari saja. Saat ini, para pecinta sepak bola di seluruh jagat raya tengah menantikan hadirnya Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Jelang gelaran Piala Dunia 2022, banyak pecinta sepak bola kembali menilik sejarah-sejarah maupun rekor-rekor yang pernah diciptakan di ajang empat tahunan itu.

Sebagai contoh salah satunya adalah soal rekor assist di Piala Dunia. Tak banyak yang tahu jika ada sederet pemain yang bisa mencetak assist.

Berikut deretan pemain yang mampu mencetak assist terbanyak di sejarah Piala Dunia, dari David Beckham hingga Diego Maradona.

Baca Juga

5. David Beckham (Inggris)

David Beckham merupakan pemain andalan Timnas Inggris di Piala Dunia. Tercatat, ia tampil di tiga edisi ajang tersebut, yakni 1998, 2002, dan 2006.

Dalam tiga penampilannya di ajang Piala Dunia tersebut, eks winger Manchester United itu mencatatkan 13 penampilan dengan menit bermain sebanyak 1027 menit.

Selama 13 kali bermain bagi Timnas Inggris di Piala Dunia, pria yang kini berstatus pemilik Inter Miami ini tak pernah sekalipun membawa negaranya melangkah jauh.

Baca Juga

Pencapaian terbaik Beckham di Piala Dunia hanya membawa Timnas Inggris mencapai babak perempat final saja di ajang tersebut.

Meski tak pernah juara, ia tetap masuk dalam buku rekor Piala Dunia dengan masuk daftar pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah dengan total enam assist.


1. Ada Legenda AS Roma

Francesco Totti hadir dalam drawing Liga Champions 2017/18.

4. Francesco Totti (Italia)

Menemani David Beckham di daftar pencetak assist terbanyak Piala Dunia, ada nama legenda AS Roma, Francesco Totti.

Pemain yang dijuluki Pangeran Roma ini tercatat mencetak enam assist dalam ajang Piala Dunia, sama halnya dengan Beckham.

Namun, Totti mencetak enam assist tersebut dalam jumlah penampilan yang lebih sedikit dari Beckham. Tercatat, ia hanya tampil 11 kali saja di Piala Dunia.

Baca Juga

Meski tampil lebih sedikit dan mencetak assist yang sama jumlahnya dengan Beckham, pencapaian Totti jauh lebih baik dari bintang Inggris itu.

Totti mampu membawa negaranya, Timnas Italia, menjuarai Piala Dunia 2006 usai menang adu penalti atas Timnas Prancis.

3. Grzegorz Lato (Polandia)

Meski Polandia bukanlah negara yang rajin tampil di Piala Dunia, namun negara ini menghadirkan nama Grzegorz Lato dalam daftar rekor ajang ini.

Mantan winger andalan Polandia ini masuk daftar rekor pencetak assist terbanyak Piala Dunia dengan menorehkan tujuh assist di Piala Dunia.

Tujuh assist itu ia buat dalam 20 pertandingan di Piala Dunia, saat ia tampil di edisi Piala Dunia 1974, edisi 1978, dan edisi 1982.

Baca Juga

Pria yang sempat menjadi Presiden Sepak Bola Polandia ini pun tak mampu membawa negaranya menjuarai ajang Piala Dunia.

Namun, ia berhasil membawa negaranya mencapai peringkat terbaik sepanjang sejarah, yakni peringkat ketiga pada edisi 1974 dan 1982.


2. Si Tangan Tuhan Masuk Buku Rekor

Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986.

2. Pierre Littbarski (Jerman)

Jerman selaku salah satu langganan Piala Dunia, kerap menghasilkan pemain-pemain hebat yang pernah tampil di ajang ini.

Salah satunya adalah Pierre Littbarski. Mantan Playmaker dan Winger Jerman ini bahkan berhasil masuk buku rekor Piala Dunia.

Littbarski masuk dalam buku rekor pencetak assist terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia, dengan sumbangan tujuh assist dari 18 penampilan.

Baca Juga

Ia sendiri mencetak tujuh assist tersebut saat tampil di tiga edisi Piala Dunia, masing-masing pada edisi 1982, 1986, dan edisi 1990.

Bahkan berkat assist-assist yang diberikannya itu, Littbarski pernah membawa Jerman merengkuh gelar Piala Dunia, yakni pada edisi 1990.

1. Diego Maradona (Argentina)

Bukan rahasia lagi jika Diego Maradona merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah yang pernah tampil di ajang Piala Dunia.

Meski baru mengantarkan Argentina meraih satu gelar, pemain yang identik dengan gol ‘Tangan Tuhan’ itu, kerap mencetak rekor-rekor di Piala Dunia.

Baca Juga

Salah satu rekornya adalah assist terbanyak di Piala Dunia. Tercatat, Maradona mampu mencetak 8 assist dalam 21 penampilan.

Hebatnya lagi, lima dari delapan assist yang dicetaknya itu datang di Piala Dunia 1986 kala dirinya mengantarkan Argentina menjadi juara.

Namun, rekor Maradona ini disebutkan tak akan bertahan lama. Sebab penerusnya, Lionel Messi, berpotensi menyamai atau menyalip rekor itu.

Piala DuniaDavid BeckhamDiego MaradonaFrancesco TottiPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini