x

Buka-bukaan, Pelatih Kiper Persija Beberkan Pengalaman di Liga 1 ke Media Ceko

Sabtu, 5 November 2022 13:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Perpisahan Ismed Sofyan usai laga Persija Jakarta vs Madura United di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Ismed didampingi sang istri melakukan penghormatan terakhir kepada ribuan Jakmania.

INDOSPORT.COM – Pelatih kiper Persija Jakarta, Jan Klima, membeberkan pengalamannya di Liga 1 Indonesia, termasuk soal kompetisi yang terhenti dan kualitas liganya yang hampir selevel dengan Ceko.

Pelatih kiper Persija tersebut dahulunya merupakan penjaga gawang yang sempat membela Pribram FK Viagem Pribram, Lazne Bohdanec, dan sempat bermain di timnas futsal Ceko.

Baca Juga

Setelah itu, Jan Klima memutuskan untuk menjadi pelatih kiper dan sempat melatih di Arab Saudi. Namun pada Juni 2022, ia memilih bergabung menjadi staf pelatih di tim Persija Jakarta.

Belum lama bertugas di Persija Jakarta, ia menyayangkan kompetisi Liga 1 2022-2023 terhenti karena pecah tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan 135 orang.

Ia menilai bahwa tragedi tersebut merupakan sesuatu hal yang tidak masuk akal. Jan Klima tidak paham mengapa panpel yang menyelenggarakan pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya tersebut memberikan kuota lebih bagi penonton.

Baca Juga

Tragedi tersebut membuat banyak suporter dan pecinta sepak bola mengutuk keras atas jatuhnya korban yang begitu banyak akibat berdesak-desakan.

Hal lain yang Jan Klima sayangkan adalah, pasca peristiwa tersebut seharusnya timnya, Persija Jakarta akan  melawan Persib dalam tajuk El Clasico versi Indonesia.

Ia menyayangkan bahwa laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta ditunda karena itu merupakan kesempatan Macan Kemayoran untuk mengambil poin dan memimpin klasemen.

Baca Juga

Pecahnya Tragedi Kanjuruhan tersebut mulanya membuat Jan Klima depresi, apalagi setelah mengetahui begitu banyak korban yang jatuh.

Akibat tragedi tersebut pula, seluruh kompetisi Liga Indonesia dari kasta tertinggi hingga kasta paling bawah diberhentikan untuk sementara.


1. Sebut Liga 1 Buruk dalam Hal Taktik

Selebrasi pemain Persija Jakarta Michael Krmencik merayakan gol ke gawang Barito Putera, Minggu (11/09/22). Foto: Khairul Imam Persija

Saat ini, Jan Klima bersama Persija Jakarta hanya melakukan latihan dan internal game sambil menunggu kepastian kapan kompetisi Liga Indonesia akan dimulai.

Ketika ditanya wartawan Ceko, Jan Klima menilai bahwa sepakbola Indonesia merupakan olahraga populer yang disukai oleh sebagian besar masyarakat, selain badminton.

Ia juga ditanya perbandingan Liga Indonesia dengan Liga Ceko. Jan Klima menilai bahwa banyak sekali pemain berkualitas yang bisa berkembang secara teknis. Akan tetapi ia menilai bahwa kelemahannya ada di bagian taktis.

Baca Juga

"Untuk (Liga 1) levelnya tak begitu buruk. Para pemain banyak berkualitas secara teknis, tapi buruk di bagian taktikal. Tapi beberapa tim bisa bermain di kompetisi kita (Ceko)," tutur Jan Klima kepada media Republik Ceko, Denik.

Sebelum bergabung ke Persija Jakarta, Jan Klima belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di Indonesia. Ia juga tidak menyangka akan bertugas di Indonesia.

Jan Klima menilai bahwa temannya Feras Ali, seorang manajer yang bertanggung jawab atas semua transfer di Asia adalah sosok yang membawanya ke Indonesia.

Baca Juga

Feras Ali juga memberi tahu terkait apapun di Indonesia, seperti kegilaan orang di sini tentang sepakbola, banyak tim bagus, dan kehidupan yang bagus.

Pada akhirnya Jan Klima menyatakan harus mengambil tawaran tersebut karena ia mungkin akan menyesal di suatu hari apabila tidak mengambil pekerjaan itu.

Jan Klima juga belum pernah sekalipun bekerja sama dengan pelatih asal Jerman yang saat ini menukangi Persija Jakarta, yakni Thomas Doll.

Oleh sebab itu, pengalaman pertama dan bergabung dalam staf kepelatihan Thomas Doll menjadi tantangan bagi Jan Klima untuk bekerja di Persija Jakarta.

Sumber: Denik

Penulis: Lukman Hadi Subroto

Persija JakartaCekoLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini