x

Liga 2: Kembali Gelar Latihan, Erwan Hendarwanto Bicara Kondisi Pemain PSIM Yogyakarta

Selasa, 8 November 2022 07:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Manajer musim lalu PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto saat memberikan arahan kepada pemain dalam laga Liga 2 di Stadion Sultan Agung, Bantul. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto, melihat kondisi pemain yang menurun setelah libur dua pekan karena Liga 2 2022-2023 ikut dihentikan.

Seperti diketahui, PSIM Yogyakarta kembali memulai latihan setelah ada sedikit kejelasan mengenai lanjutan kompetisi Liga 2. Ada potensi bahwa kompetisi kasta kedua tersebut mulai diputar lagi pada awal Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Latihan perdana digelar di Stadion Mandala Krida, Senin (7/11/22) sore. Latihan tak berjalan pada waktu penuh yang telah ditentukan karena hujan deras mengguyur kota Yogyakarta.

"Kita buat adaptasi training karena kita dua pekan tanpa kegiatan. Kita ingin tahu sejauh mana para pemain bisa menjaga kondisi secara mandiri," kata Erwan usai latihan.

Baca Juga

Dalam latihan sore ini, Erwan memberikan materi ball possesion kepada Cristian Gonzales dkk. Ia juga menggelar pertandingan internal untuk melihat sejauh mana kualitas dari setiap pemain.

"Namun latihan kita hentikan karena hujan, daripada sakit nanti. Mudah-mudahan hari Selasa cuacanya lebih kondusif," tutur Erwan.

Baca Juga

Dari pengamatan Erwan, kondisi para pemain PSIM mengalami penurunan. Makanya, program akan dibuat bertahap untuk meningkatkan kebugaran awak tim Laskar Mataram.

"Saat di game kecil kelihatan, bagaimana membuat keputusan, sentuhan bola agak berkurang. Makanya tadi kita beri pengertian, harus ada aktivitas conditioning karena latihan ini tidak hanya untuk saat ini saja, tapi juga karir mereka kedepannya," papar Erwan.


1. PSIM Yogyakarta Bakal Adakan Uji Coba

Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. (Foto: PSIM Yogyakarta)

Uji coba menjadi salah satu agenda yang digunakan untuk mengukur progres tim. Uji coba ini akan digelar setiap akhir pekan.

"Karena kondisinya baru kumpul, level lawan tidak terlalu berat. Kita akan gelar setiap pekan," jelas Erwan.

Baca Juga

Borneo FC menjadi salah satu tim yang sudah mengajak PSIM untuk uji coba. Kontestan Liga 1 itu sudah sepekan lebih menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta.

Sebelum menghadapi PSIM, Borneo FC sudah uji coba melawan Persis Solo di Stadion Sriwedari Solo. Erwan menyebut kans uji coba melawan Borneo FC tetap ada.

Baca Juga

"Sebelum kita libur lalu sudah ada komunikasi dengan manajemen. Ini akan kita komunikasikan lagi, tapi tentu saja pemain akan kita latih dulu agar kondisinya tidak drop," ungkap Erwan.

Erwan berharap, setelah tim kembali berlatih lagi, segera ada kejelasan terkait lanjutan Liga 2. Tim pelatih mendengar kabar bahwa kompetisi Liga 2 akan berjalan awal Desember.

Saat Owners Meeting Club di Jakarta, ada opsi bahwa Liga 1 dilanjutkan mulai 18 November, 25 November atau 2 Desember. Dari tiga opsi itu, 2 Desember menjadi yang paling realistis.

"Harapannya sebagai insan bola, mudah-mudahan kompetisi segera berjalan lagi. Jika kabarnya awal Desember, mudah-mudahan itu benar," harap Erwan.

Erwan tak lagi memikirkan waktu paling ideal untuk melanjutkan Liga 2. Setelah sebulan lebih terhenti, PSIM hanya berpikir bahwa kompetisi jalan dengan lebih aman dan nyaman bagi semua stakeholder.

"Soal (waktu) ideal, untuk saat ini yang penting jalan dulu," tegas Erwan.

Baca Juga

PSIM perlu kerja keras agar saat kompetisi dilanjutkan lagi, para pemain siap bertarung merebut posisi atas grup tengah. Saat ini PSIM masih ada di peringkat enam, terpaut tujuh poin dari FC Bekasi City dan tiga poin dari Persijap Jepara.

Setiap grup hanya akan diambil dua tim terbaik untuk lolos ke babak 6 besar Liga 2. Tiga dari enam tim tersebut berhak promosi ke Liga 1 2023/2024.

Cristian GonzalesPSIM YogyakartaLiga IndonesiaLiga 2Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini