x

Bakal Jadi The Next Pratama Arhan, Wonderkid Persib Bongkar Rahasia Lemparan Jauh Miliknya

Jumat, 11 November 2022 10:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Mirip Pratama Arhan, salah satu pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis, bongkar rahasia lemparan bola jauh miliknya yang sering membahayakan pertahanan lawan.

INDOSPORT.COM - Mirip dengan Pratama Arhan, salah satu pemain muda Persib Bandung di Liga 1 22/23, Robi Darwis, bongkar rahasia lemparan bola jauh miliknya yang sering membahayakan pertahanan lawan.

Pasalnya, lemparan jauh yang dilakukan oleh Robi Darwis tersebut sering menjadi umpan dan peluang bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol.

Baca Juga

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengatakan, bakat untuk melakukan lemparan jauh tersebut sudah ada sejak masih kecil. Diawali saat dirinya mengikuti kompetisi sepak bola anak sekitar tahun 2010.

Saat itu, Robi mencoba mengambil bola dan melakukan lemparan, hasilnya bola bisa sampai ke gawang dan membahayakan pertahanan lawan.

"Untuk lemparan jauh dari kecil sih udah bisa ya, berawal dari kompetisi Magma 2010 kalau gak salah ya. Robi pertama kompetisi main ada out, Robi coba ambil langsung coba throw in ke gawang, eh nyampe," kenang Robi.

Baca Juga

Melihat bakat yang dimilikinya, pelatih saat itu selalu menginstruksikan Robi memanfaatkan lemparan ke dalam sekaligus untuk menciptakan peluang mencetak gol. 

Hingga akhirnya, sampai saat ini Robi Darwis sering memanfaatkan peluang dari lemparan jauh untuk dijadikan peluang, baik di tim Persib maupun timnas Indonesia.

"Dari situ pelatih menginstruksikan untuk selalu memanfaatkan kelebihan Robi yang sebelum gak tahu dan terbukti, Alhamdulillah dari throw in banyak terjadi gol. Jadi terbilang assist lemparan," jelas Robi.

Baca Juga

Menurut pemain yang saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan atau Training Center bersama timnas Indonesia U-20 ini, lemparan jauh tersebut dipelajarinya secara mandiri.

"Belajar mah enggak, lebih belajar sendiri gitu kan supaya gimana lemparan baik, jauhnya juga cuma gak asal jauh saja gitu kan," ujarnya.

"Keahlian khusus gak tahu, Robi bersyukur dapat keahlian lebih yang mungkin orang lain belum punya juga, hanya beberapa saja yang bisa," ungkapnya.


1. Robi Darwis Ingin Terus Mengasah Kemampuannya

Pemain muda Persib, Robi Darwis.

Pemain jebolan Akademi Persib ini berharap, keahliannya tersebut bisa terus terasah, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang mencetak gol.

Untuk itu, pemain berusia 19 tahun ini akan terus belajar dan membenahi kekurangannya, agar kedepannya dia bisa tampil lebih baik lagi dan bisa berkontribusi bagi Persib maupun timnas Indonesia.

Baca Juga

"Lebih konsisten di latihan dan pertandingan jadi kebiasaan. Sekarang juga lebih mendalami juga, jadi gimana caranya throw in jauh tapi gak sia-sia," ucap Robi.

"Yang sekarang lebih didalami, ingin konsisten lemparan itu serasa shooting lebih keras gitu, lebih membahayakan tim lawan gak cuma jauh saja," tegas Robi.

Sementara itu, Robi Darwis, sempat tampil di posisi yang berbeda saat memperkuat timnas Indonesia U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga

Pada beberapa kesempatan, pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengubah posisi Robi Darwis dari gelandang ke bek tengah dan bisa menjalankan tugas tersebut dengan baik.

Menurut Robi Darwis, tidak ada kesulitan yang dihadapinya saat bermain di posisi yang berbeda dari biasanya. Apalagi, menurut pemain jebolan Akademi Persib ini sebelumnya sudah pernah merasakan bermain di beberapa posisi.

Sehingga, saat mendapat tugas sebagai bek tengah di timnas Indonesia U-20, pemain yang menggunakan nomor punggung 6 di Persib ini tidak terlalu kesulitan dan tetap berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

"Tentunya sih di piala AFC beberapa kali ditempatkan di posisi yang berbeda, tapi itu tidak terlalu kesulitan karena Robi sendiri sebelum di Timnas dan Persib ada beberapa posisi yang dicoba, jadi adaptasinya gak terlalu lama dan gak terlalu sulit," kata Robi Darwis.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Robi Darwis

Berita Terkini