x

Menakar Perjalanan Wakil Asia di Piala Dunia 2022, Jepang dan Korea Selatan Bakal Paling Kuat

Jumat, 11 November 2022 12:55 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM – Berikut adalah perjalanan para kontestan Piala Dunia 2022 yang berasal dari benua Asia dimana Jepang dan Korea Selatan masih menjadi yang terkuat.

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar memang tinggal menghitung hari saja, yakni pada tanggal 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Total 32 negara dari seluruh dunia telah memastikan diri untuk berpartisipasi di putaran final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar tersebut.

Ketiga puluh dua negara tersebut nantinya bakal terbagi lagi ke dalam delapan grup yang terdiri dari Grup A hingga Grup H.

Seluruh kontestan Piala Dunia 2022 bahkan sudah mulai saling menunjukkan kualitasnya dan menyatakan diri untuk siap bertarung.

Baca Juga

Tak terkecuali wakil-wakil dari benua Asia, benua yang kerap dipandang sebelah mata dari segi prestasi di dunia olahraganya, termasuk sepak bolanya.

Kendati begitu, wakil-wakil Asia nyatanya juga mampu memberikan kejutan di tengah sikap diremehkan yang mereka terima.

Baca Juga

Seperti salah satunya yang terjadi pada Piala Dunia 2018 saat Korea Selatan berhasil menekuk Jerman dan memaksa Die Mannschaft tersingkir di babak penyisihan grup.

Pada Piala Dunia 2022 kali ini, ada enam wakil dari benua Asia yang setidaknya bakal berpartisipasi dan menunjukkan ketangguhan mereka.

Keenam negara tersebut diantaranya tuan rumah Qatar, Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia. Lantas, bakal sejauh mana wakil-wakil Asia tersebut dapat melaju di Piala Dunia?

Baca Juga

1. Korea Selatan

Timnas Korea Selatan saat melakoni uji coba melawan Kosta Rika

Jika berbicara soal wakil-wakil Asia di Piala Dunia, Korea Selatan dapat dibilang masih menjadi yang terhebat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Hal itu berkat prestasinya dalam keberhasilan mereka menyelanggarakan Piala Dunia 2002 bersama Jepang. Akan tetapi, tak hanya itu, Korea Selatan juga menjadi salah satu negara yang selalu lolos di tiap edisi Piala Dunia dan menjadi wakil Asia.

Pada Piala Dunia 2022, Korea Selatan beradasatu grup dengan Portugal, Ghana, dan Uruguay. Berada di grup sulit, kemungkinan untuk lolos adalah sangat kecil bagi Korea Selatan.

Kendati begitu, semua bisa terjadi. Son Heung-min dan bek Kim Min-jae yang saat ini bermain di Eropa akan menjadi komandan bagi rekan-rekannya.

Kolektivitas dan semangat juang akan menjadi kunci bagi langkah Korea Selatan dalam meloloskan dari dari terkaman para raksasa-raksasa Grup H.

Baca Juga

Australia

Skuad Timnas Australia mungkin dapat dikatakan sudah tak semewah dulu. Sebut saja Harry Kewell, Tim Cahill, hingga Mark Viduka yang pernah mengisi skuad Negeri Kanguru tersebut.

Kendati begitu, saat ini, skuad Timnas Australia tak kalah mentereng. Nama-nama pemain yang berkiprah di Liga Inggris masih menjadi andalan seperti Mathew Ryan dan mantan pemain Berighton, Aaron Mooy.

Baca Juga

Berada dalam satu grup dengan Prancis, Denmark dan Tunisia, langkah Australia bakal terbilang berat. Namun, Australia dapat sedikit berharap agar kutukan juara Piala Dunia masih berlaku sehingga mereka bisa memanfaatkan pertandingan melawan Denmark Maupun Tunisia.

Arab Saudi

Wakil Asia lain adalah Arab Saudi. Perkembangan kawasan-kawasan Arab tampaknya telah membuat ribuan pasang mata menyorot segala kemajuan yang berada di kawasan tersebut, tak terkecuali sepak bola.

Mendapati situasi itu, Green Falcon, julukan Arab Saudi sepertinya turut mendapatkan perubahan. Perubahan itu dibuktikan dengan keperkasaan mereka lolos sebagai pemuncak grup di atas Jepang dan Australia.

Akan tetapi, langkah Arab Saudi tampaknya juga tak akan mudah. Berada satu grup bersama Argentina, Polandia, dan Meksiko membuat kans mereka lolos ke babak selanjutnya kecil kemungkinannya.

Baca Juga

2. Iran

Profil Timnas Jepang Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@japan_football__)

Dari semua wakil Asia di Piala Dunia 2022 saat ini, Iran adalah yang pertama berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Lolosnya mereka tahun ini membuat Iran mencatatkan rekor tersendiri yakni dengan tiga kali tampil beruntun di Piala Dunia.

Iran tergabung di Grup B bersama Inggris, Amerika Serika, dan Wales. Langkah sulit bakal ditemui Iran karena harus mengalahkan dua negara besar.

Kendati begitu, jika mampu memberi kejutan, bukan tidak mungkin Iran dapat menjadi pendamping Inggris yang diprediksi bakal lolos ke babak selanjutnya.

Qatar

Menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat langkah Qatar otomatis ikut serta di gelaran sepak bola empat tahunan sekali ini.

Baca Juga

Bakal bermain di rumah mereka sendiri, sokongan penuh dari ribuan suporter bakal turut mendobrak daya juang para pemain.

Meski secara kualitas Qatar jauh dibanding dengan rekan se-grup mereka yakni Belanda, Senegal, dan Ekuador, akan tetapi segalanya bisa terjadi. Terlebih Senegal yang diprediksi bakal kehilangan Sadio Mane.

Jepang

Negeri Samurai Biru mungkin adalah wakil dari Asia dengan kualitas pemain yang terkuat saat ini bersama dengan Korea Selatan.

Baca Juga

Banyak pemain Jepang yang berkompetisi di benua Eropa. Sebut saja Takumi Minamino, Takefusa Kubo, Maya Yosdhida hingga Takehiro Tomiyasu.

Nama-nama pemain yang berkiprah di benua Eropa tersebut diprediksi bakal membantu sang pelatih, Hajime Moriyasu, membawa Jepang melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022.

Namun, lagi dan lagi, wakil Asia satu ini harus berada di grup sulit bersam dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol.

Jepang setidakanya harus memberikan kekuatan terbaik mereka dalam menjalani babak penyisihan grup sembari berharap dua raksasa Eropa tersebut tersandung.

Baca Juga
JepangPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022

Berita Terkini