x

Batal Lawan Lion City Sailors, Persis Solo Bakal Hadapi Klub Singapura Ini

Senin, 14 November 2022 12:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Para pemain Persis Solo merayakan gol Fernando Rodriguez ke gawang Johor Darul Takzim.

INDOSPORT.COM - Persis Solo batal menantang Lion City Sailors dalam rangkaian agenda pemusatan latihan di Malaysia. Sebagai penggantinya, mereka akan melawan tim yang tidak kalah kuat dari Singapura, Tanjong Pagar FC, Rabu (16/11/22).

Persis memboyong 26 pemain dalam pemusatan latihan di Johor Bahru, Malaysia, pada 9-18 November 2022. Mereka menjadwalkan dua uji coba melawan tim dari Malaysia dan Singapura.

Johor Darul Takzim (JDT) menjadi tim pertama yang telah dilawan Fabiano Beltrame dkk. Partai yang berlangsung di Stadion Sultan Ibrahim, Sabtu (12/11/22) malam, berakhir imbang 1-1.

Performa Persis dalam laga melawan juara Liga Malaysia itu mendapat banyak apresiasi. Meski tak menurunkan tim inti,, namun tim cadangan JDT merupakan pemain-pemain langganan timnas Malaysia.

Kini, partai kedua akan dilakoni Persis. Lion City Sailors menjadi opsi pertama. Raksasa Singapura tersebut menduduki peringkat kedua Singapore League 2022.

Baca Juga

Namun, pertemuan lawan Lion City Sailors tak jadi digelar. Kemungkinan besar mereka sedang bersiap menyambut raksasa Jerman, Borussia Dortmund pada 24 November nanti.

"Kami akan menghadapi Tanjong Pagar pada Rabu (16/11/22)," kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, Minggu (13/11/22) malam.

Dalam laga ini, tim kepelatihan Persis Solo akan menganalisa kebugaran pemain sebagai pertimbangan menentukan starting eleven melawan Tanjong Pagar FC.

Baca Juga

Ada kemungkinan bahwa Persis akan menurunkan pemain yang belum tampil. Ketika melawan JDT, Persis Solo memasang Muhammad Riyandi, Gavin Kwan Adsit, Fabiano, Jaimerson Xavier, Abduh Lestaluhu.

Lalu ada Sutanto Tan, Alexis Messidoro, Irfan Jauhari, Althaf Indie, Ryo Matsumura, Fernando Rodriguez, Samsul Arif, Taufiq Febriyanto, Shulton Fajar dan Ferdinan Alfred Sinaga.

"Kami baru akan analisa kondisi pemain pada latihan hari Senin, tapi pastinya akan ada rotasi mengingat kemungkinan liga akan bermain dua kali dalam seminggu," tutur Rasiman.

Baca Juga

1. Mental dan Fisik

Manajemen bersama tim pelatih Persis Solo saat mengunjungi Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Jumat (11/12/22).

Rasiman berharap timnya bisa bermain bagus melawan Tanjong Pagar. Dalam laga melawan JDT lalu, Persis menunjukkan progres selama latihan enam pekan.

Kondisi fisik Fernando Rodriguez dkk. bisa terjaga 90 menit, padahal Laskar Sambernyawa menampilkan high pressure hingga akhir laga.

"Oke hasil akhir memang 1-1, tapi berdasarkan permainan di babak kedua, Persis membuktikan bahwa kami sangat bagus sepanjang 90 menit di atas lapangan," jelas Rasiman.

Baca Juga

Menurut Rasiman, dalam laga ketat melawan JDT, fisik bukan menjadi faktor utama ketika bisa bertahan dalam intensitas tinggi sepanjang permainan.

"Sebetulnya yang paling penting adalah membangun kepercayaan diri kami. Persis dan semua pemain mengorbankan diri ketika banyak tim yang libur, menurunkan intensitas latihan, kami berusaha stay on the track," kata Rasiman usai pertandingan.

Dalam sepekan, Persis Solo berkegiatan lima hari. Pada rentang waktu itu, tiga hingga empat hari digunakan untuk latihan, dan satu hingga dua hari untuk uji coba.

Baca Juga

"Saya rasa pengorbanan kita semua bisa kita buktikan pada laga lawan Johor. Kita main away di Johor, pemain bisa melakukan taktik dengan baik, itu membutuhkan stamina dan kekuatan mental yang sangat baik," tutur Rasiman.

Secara keseluruhan, Tanjong Pagar akan menjadi lawan ke-12 sejak Liga 1 2022-2023 distop imbas Tragedi Kanjuruhan. Di Indonesia, Persis sudah menghadapi tujuh tim Liga 3, dua Liga 2, dan satu Liga 1.

Sementara Tanjong Pagar sendiri sudah merampungkan kegiatan musim ini. Di Liga Singapura, mereka menduduki peringkat keenam dengan raihan 37 poin. 

SingapuraPersis SoloLiga IndonesiaJohor Darul Ta'zimLiga 1Bola IndonesiaRasimanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini