x

3 Hal yang Perlu Diperbaiki Chelsea saat Jeda Piala Dunia 2022, Lepas dari Bayang-Bayang Brighton!

Selasa, 15 November 2022 16:07 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Berikut 3 hal yang perlu diperbaiki Graham Potter di klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, saat jeda Piala Dunia 2022, lepas dari bayang-bayang Brighton.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 hal yang perlu diperbaiki Graham Potter di klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, saat jeda Piala Dunia 2022, lepas dari bayang-bayang Brighton.

Raksasa Liga Inggris, Chelsea, tengah mengalami keterpurukan baru-baru ini meskipun pada awalnya perjalanan Graham Potter relatif mulus tanpa kekalahan.

Keterpurukan terakhir yang dialami Chelsea adalah pada saat The Blues tumbang dari Newcastle United dengan skor 0-1 melawan Newcastle United pada Minggu (13/11/2022) lalu.

Kekalahan dari the Magpies ini lantas menjadi tiga kekalahan beruntun The Blues dalam pentas Liga Inggris 2022/2023 setelah sebelumnya sempat digilas Brighton & Hove Albion dan Arsenal.

Dengan rentetan hasil buruk itu, Chelsea kian terlempar jauh dari empat besar yang mana kini duduk di peringkat kedelapan Liga Inggris dengan koleksi 21 poin.

Baca Juga

Menariknya lagi, Liverpool, yang tengah jeblok pada musim anyar ini, malah berada di atas Chelsea. The Reds kini bertengger di posisi keenam dengan raihan 22 poin.

Tentu saja Chelsea harus segera berbenah untuk bisa mempertaruhkan satu tiket Liga Champions musim depan dengan finis empat besar.

Baca Juga

Sementara itu, Chelsea beruntung bahwa mereka sudah gugur di Piala Liga Inggris sebab ajang itu bakal dilaksanakan sehari atau dua hari setelah Piala Dunia 2022 usai.

Chelsea jelas tidak bisa diam saja saat ini. Maka dari itu, berikut tiga hal yang perlu Graham Potter perbaiki di Chelsea dengan memanfaatkan jeda Piala Dunia 2022 yang berlangsung kurang lebih sebulan.

Baca Juga

1. Tiga Hal Ini Perlu Diperbaiki Potter Segera

Graham Potter, pelatih Chelsea. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Layaknya manajer Liga Inggris lainnya, Graham Potter bakal mendampingi tim yang lebih kecil selama enam minggu ke depan mengingat kebanyak pemain Chelsea membela timnas masing-masing di Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Graham Potter baru saja mengonfirmasi pada Jumat waktu setempat bahwa Chelsea bakal berangkat ke Abu Dhabi pada bulan Desember untuk pemanasan sekaligus melakoni laga uji coba.

Sembari menunggu Piala Dunia 2022 usai, Graham Potter setidaknya harus segera memperbaiki tiga hal ini sebelum laga Liga Inggris kembali dimulai pada akhir bulan Desember.

1. Formasi yang Pasti

Formasi Chelsea tidak pernah sama setiap The Blues menjalani laga berbeda tiap pekan mulai dari 3-5-2, 4-2-2-2, 3-4-3, dan 4-3-3 sudah dicoba oleh Potter.

Memang perubahan tersebut bisa membuat lawan tidak bisa menebak-nebak, tetapi hal itu bakal mengacaukan kebutuhan Chelsea akan konsistensi dan mengganggu irama pemain.

Baca Juga

Maka dari itu, Potter harus segera memutuskan pakem formasi apa yang ingin dia terapkan dan kembangkan di Chelsea dan tampaknya 3-4-3 yang biasanya dipakai Thomas Tuchel masih jadi pilihan terbaik.

2. Berani dalam Pilih Pemain

Laga uji coba di tengah Piala Dunia 2022 ini sekiranya bisa menjadi kesempatan pemain muda untuk memikat hati Potter.

Baca Juga

Akan tetapi, memang tidak semua pemain muda ini bakal berhasil di Liga Inggris mengingat usia mereka yang masih belia dan belum matang untuk bermain di kancah tertinggi.

Hal ini bakal jadi kesempatan bagi Potter sekalian untuk memantau Armando Broja, Carney Chukwuemeka, Lewis Hall, dan Omari Hutchinson apakah layak untuk dipertahankan atau dipinjamkan ke klub lain ke depannya.

3. Lepas dari Bayang-Bayang Brighton

Setelah dihajar Brighton 4-1, Potter tampaknya menjadi bermain terlalu aman melawan Arsenal dan Newcastle yang mana mereka kurang mengambil risiko agar tidak berbuat eror.

Pendekatan bebas risiko pada akhirnya membuat beberapa penggemar geram karena sempat dilakukan oleh Thomas Tuchel sehingga Graham Potter harus berani ambil risiko jika dia ingin memajukan skuad Chelsea.

Baca Juga

Sumber: Football London

ChelseaLiga Primer InggrisBrighton & Hove AlbionLiga InggrisGraham Potter

Berita Terkini