x

Gelandang Dewa United FC Sebut Liga Indonesia Lebih 'Gila' Dibanding Malaysia

Selasa, 15 November 2022 06:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Gelandang anyar Dewa United, Natanael Siringoringo.

INDOSPORT.COM - Pemain pinjaman Dewa United FC, Natanael Siringoringo mengatakan ada perbedaan dalam gaya permainan Liga Indonesia dan Malaysia.

Natanael Siringoringo menyebut kompetisi Liga Indonesia khususnya Liga 1 musim 2022-2023 lebih gila, terutama soal dukungan suporter.

Sebagaimana diketahui, Natanael Siringoringo sebelumnya bermain untuk TRW Kelantan FC di kasta kedua Liga Malaysia pada musim lalu. Tapi, dia kemudian dipinjam oleh Dewa United FC saat Liga 1 2022 bergulir.

Oleh sebab itu, pemain 23 tahun tersebut sudah mengetahui dan membandingkan gaya bermain klub di Liga Malaysia dan Liga Indonesia.

Baca Juga

"Liga Malaysia menurut saya sama juga,  masih Asia Tenggara tidak terlalu jauh beda. Ada tapi sedikit saja soal gaya mainnya," tutur Nael, sapaan akrabnya.

Namun, ada satu hal yang membuat Liga Indonesia jauh lebih semarak, yakni loyalitas suporter. Pendukung klub di Indonesia, baik Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 selalu datang langsung ke stadion dan bernyanyi selama 90 menit.

Baca Juga

Hal itu jarang terlihat di Liga Malaysia, terkecuali pertandingan yang mempertemukan klub-klub besar atau rival abadi.

"Lebih heboh di sini (Indonesia), di sini gak ada obatnya kalau suporter,  fanatiknya ngeri," ujar Natanael.

Baca Juga

1. Perjalanan Karier Natanael Siringoringo

Pemain muda PSMS Medan, Natanael Siringoringo. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

Sebelum ke Liga Malaysia, Natanael Siringoringo mengawali karier profesional di PSMS Medan pada 2019 lalu. Setelahnya, ia merantau ke pulau Sulawesi dengan memperkuat Sulut United setahun kemudian.

Hanya saja, karier Natanael bersama Sulut United tidak berlangsung lama lantaran kompetisi Liga 2 dihentikam karena pandemi covid-19.

Anak muda asal Sumatera Barat itu kemudian mendapat kesempatan bermain di Liga Malaysia dengan memperkuat TRW Kelantan FC pada tahun 2021. Dia bermain satu setengah tahun di kompetisi Liga 2 Malaysia.

Kini, status Natanael tengah jadi sorotan karena masa pinjamannya di Dewa United hanya satu musim. Belum diketahui apakah dia kembali ke TRW Kelantan FC, apalagi klub tersebut baru promosi ke kasta teratas Liga Malaysia.

Natanael menjelaskan, saat ini kedua klub sedang berkomunikasi. Bisa saja ada beberapa opsi yang diambil dan dia juga belum tau apakah tetap bermain di Indonesia atau kembali ke Malaysia.

Baca Juga

Natanael merupakan andalan dari kedua klub. Di Kelantan FC, ia memainkan 24 laga dengan catatan lima gol pada 2021/2022. Sementara di Dewa United, ia juga jadi andalan dengan tampil 10 laga dari 11 pertandingan Liga 1 2022/23.

Saat ini, Natanael terus berlatih bersama Dewa United walau Liga 1 2022 tengah distop sementara. Tidak ada waktu libur karena pelatih Nilmaizar ingin membenahi kekurangan tim.

Baca Juga

"Keinginannya, kalau bisa dibenahi secepatnya dan bisa berjalan dengan baik dan lancar ke ke depannya.  Harapannya cepat main lagi, tapi belum tau masyarakat apakah penilaiannya gimana. Kalau saya pribadi kalau bisa secepatnya lanjut," ujarnya menyoal kejelasan Liga 1 2022.

Selain andalan di klub, Natanael beberapa kali mendapat panggilan timnas Indonesia. Ia pernah dipanggil untuk pelatnas timnas U-22 tahun 2019 dan timnas senior tahun 2021 era Shin Tae-yong.

Baca Juga
Liga Super MalaysiaLiga IndonesiaKelantan FALiga 1Natanael SiringoringoDewa United FC

Berita Terkini