x

Profil Maaike Ira Puspita, Wanita Indonesia yang Resmi Menjabat Wakil Presiden AFF

Selasa, 15 November 2022 08:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Maaike Ira Puspita, Wakil Sekretaris Jenderal PSSI kini dilantik sebagai Wakil Presiden AFF. Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Berikut profil Maaike Ira Puspita, wanita asal Indonesia yang telah resmi menjabat sebagai Wakil Presiden AFF, menggantikan Ratu Tisha.

Penetapan Maaike Ira Puspita sebagai Wakil Presiden AFF periode 2022-2026 ditetapkan dalam Kongres AFF yang berlangsung di Siem Reap, Kamboja, Senin (14/11/22) .

Maaike Ira Puspita yang juga merupakan adik ipar dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kini menggantikan posisi Ratu Tisha yang menjabat pada periode 2019-2022.

Mendapat amanat sebagai Wakil Presiden AFF, Maaike Ira mengaku akan berusaha maksimal menunaikan tugas yang ia emban.

Selain itu, Maaike berharap nantinya kontribusi dirinya di AFF bisa membawa kemajuan untuk sepak bola Indonesia.

Baca Juga

"Insya Allah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Semoga kepercayaan yang diberikan ini bisa memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia," papar Maaike.

Baca Juga

AFF menjabarkan, posisi Presiden AFF akan diisi satu orang, sementara wakil presiden ada empat, salah satunya Maaike Ira.

Kemudian, ada lima orang untuk anggota dewan, satu untuk anggota dewan eksekutif yang mewakili AFF di AFC, serta lima orang untuk anggota dewan perempuan di AFF.

Lantas, siapa sebenarnya Maaike Ira Puspita? Bagaimana kiprahnya di sepak bola Indonesia, hingga kini menjadi wakil Presiden AFF? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Maaike Ira, The Next Ratu Tisha yang Gemar AC Milan

Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita hari Minggu (13/6) ini melakukan pertemuan dengan Federasi Sepak Bola Uni Emirat Arab (UAE FA) di Dubai.

Maaike Ira Puspita bisa dibilang merupakan sosok baru di dunia sepak bola Tanah Air. Maaike ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PSSI pada Januari 2020 lalu.

Maaike adalah istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Muhammad Sandy Hermawan. Faktanya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule, adalah kakak kandung Sandy Hermawan.

Dengan demikian, Maaike Ira Puspita ialah adik ipar dari Ketum PSSI, Iwan Bule, yang akhirnya menjabat sebagai Wasekjen PSSI.

Penunjukkan Maaike Ira awalnya untuk membantu Ratu Tisha dalam menjalankan tugas di bagian administrasi, dan kegiatan lainnya dalam struktur kesekjenan PSSI.

Baca Juga

Maaike Ira Puspita saat itu diminta untuk mendampingi Sekjen PSSI (Ratu Tisha) menyiapkan ajang Piala Dunia U-20 2021.

Meski pada akhirnya gelaran Piala Dunia U-20 harus diundur ke tahun 2023, peran Maaike tetap penting di Kesekjenan PSSI.

Baca Juga

Ratu Tisha sendiri mundur dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI pada tahun 2019 lalu, meski jabatan Wakil Presiden AFF tetap ia emban sampai masa jabatan berakhir.

Di luar organisasi sepak bola, Maaike Ira diketahui merupakan fans berat AC Milan. Suaminya yang mengenalkannya pada salah satu klub raksasa di Serie A Italia tersebut.

Maaike Ira Puspita sudah menyukai Milan sejak masa skuad keemasan seperti Andriy Shevchenko, Kaka, hingga Gennaro Gattuso.

Baca Juga
PSSIIn Depth SportsLiga IndonesiaRatu TishaASEAN Football Federation (AFF)profilIwan BuleMochamad IriawanKetua Umum PSSIMaaike Ira Puspita

Berita Terkini