x

Kapten Persik Kediri Ingin Liga 1 Lanjut, Apapun Format dan Sistemnya

Kamis, 17 November 2022 18:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Kapten Persik Kediri di Liga 1, Arthur Irawan, mengapungkan harapan yang sama dengan semua pesepak bola yang saat ini menggantungkan kariernya di sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pemain Persik Kediri di Liga 1Arthur Irawan, mengapungkan harapan yang sama dengan semua pesepak bola yang saat ini menggantungkan kariernya di sepak bola Indonesia.

Arthur yang juga kapten tim Persik Kediri, sangat berharap agar kompetisi Liga 1 yang terhenti pada pekan ke-11, bisa kembali dilanjutkan.

Hal itu tak lepas dari antusiasme skuad Persik Kediri yang kembali berkumpul seusai menjalani libur panjang lebih dari dua pekan lalu.

Renan Da Silva dkk begitu antusias menjalani program latihan, dan tentu saja, keinginannya sama agar Liga 1 kembali berlanjut.

"Kami di Persik Kediri mengikuti saja bagaimana keputusan soal Liga 1. Sebab itu yang terbaik untuk sepak bola," ucap Arthur Irawan menjawab Indosport, Rabu (16/11/22).

Baca Juga

Dia pun enggan memikirkan atas embusan isu yang menyebut bahwa kompetisi akan berlanjut dengan sistem berbeda.

Formatnya tetap sesuai regulasi yakni kompetisi penuh, tetapi sistemnya dirubah ke bubble alias sentralisasi semua laga pada venue tertentu.

Baca Juga

Dan yang lebih krusial, isu sistem bubble itu layaknya ketika musim 2021/2022 di tengah pandemi, yakni tanpa kehadiran penonton.

Padahal, publik sepak bola nasional baru bergembira setelah terlepas dari pandemi covid. Namun, tidak yang tahu pada akhirnya terjadi Tragedi Kanjuruhan.

"Tentu ini (situasi) yang sulit bagi kita semua. Namun, apapun keputusan soal Liga 1 nanti adalah yang terbaik," ungkap Arthur Irawan.

Baca Juga

1. Berjuang Lebih Keras

Persik Kediri tetap berlatih selama liga 1 berhenti sementara. Foto: MO Persik Kediri

Di satu sisi, Persik Kediri juga dipastikan harus berjuang lebih keras ketika kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 kembali berlanjut nanti.

Pasalnya, prestasi tim berjulukan Macan Putih itu sedang merosot tajam akibat rangkaian hasil negatif sepanjang 11 pekan berjalannya kompetisi.

Persik Kediri menghuni dasar klasemen dengan baru mengemas 4 poin hasil 4 kali imbang, 7 kali kalah dan belum meraih satu kemenangan pun.

Sehingga, Renan Da Silva dkk mesti berjuang lebih keras untuk meraih poin secara maksimal dalam 23 jadwal laga yang tersisa.

"Pokoknya kalau kompetisi kembali dimulai, kita harus siap dan memberikan yang terbaik untuk Persik Kediri," kata Arthur Irawan.

Baca Juga

Sebelumnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengatakan pihaknya akan mengurus perizinan lanjutan Liga 1 2022/2023 pada Rabu (16/11/22). Kompetisi dijadwalkan mulai 2 Desember 2022.

Seperti diketahui, Liga 1 2022 tengah distop sementara setelah kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kompetisi rencananya baru akan dilanjut dengan opsi pada 18 dan 25 November serta 2 Desember 2022.

Baca Juga

Namun, Ferry Paulus menilai opsi paling realistis adalah dilanjut pada tanggal 2 Desember 2022. Nantinya, Liga 1 diusahakan selesai sesuai jadwal yakni 16 April 2023.

“Mulai besok kami akan lalukan proses perizinan dan dalam beberapa hari ke depan mungkin akan ada tanda-tanda tentang izin tadi,” kata Ferry Paulus.

“Soal tanggal kick-off, kalau lihat sekarang ini, mungkin yang paling realistis adalah tanggal 2 Desember,” sambungnya.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT LIB sudah membuka komunikasi dengan pemerintah dan kepolisian terkait perizinan untuk lanjutan kompetisi Liga 1 2022/23 yang juga diikuti oleh Persik Kediri. Kompetisi harus segera selesai pada 16 April 2023 karena ada Piala Dunia U-20 2023 yang dimainkan di Indonesia pada Mei tahun depan. 

Baca Juga
Persik KediriArthur IrawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini