x

Termasuk Lionel Messi dan Lisandro Martinez, Ini 5 Pemain Kunci Argentina Juara Piala Dunia 2022

Kamis, 17 November 2022 15:37 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Dengan skuat dipenuhi bintang seperti Lionel Messi dan Lisandro Martinez, Argentina jelas jadi favorit di Piala Dunia 2022. REUTERS-Andrew Couldridge

INDOSPORT.COM - Dengan skuat dipenuhi bintang seperti Lionel Messi dan Lisandro Martinez, Argentina jelas jadi favorit di Piala Dunia 2022.

Sudah puasa gelar Piala Dunia sejak 1986, La Albiceleste jelas merasakan lapar luar biasa dan penantian panjang mereka bisa berakhir di Qatar tahun ini.

Tim asuhan Lionel Scaloni tengah menjalani periode luar biasa usai menjuarai Copa America 2021 yang kemudian diikuti dengan kemenangan di Finalissima 2022.

Meski awalnya sempat diragukan karena usianya yang masih muda, Scaloni membuktikan jika ia memang nakhoda yang pas untuk Argentina. Pelatih 44 tahun itu belum pernah kalah sejak Juli 2019 meski memimpin pasukannya di lebih dari 30 pertandingan.

Namun taktik sebagus apapun tidak akan berjalan tanpa pemain yang pas. Argentina beruntung punya gudang talenta dan kelima pemain berikut ini bisa jadi kunci sukses mereka di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Lionel Messi

Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan jadi Piala Dunia terakhir Lionel Messi mengingat kini ia sudah berumur 35 tahun. Walau begitu ia masih bisa memberikan perpisahan super indah pada turnamen empat tahunan tersebut.

La Pulga masih lebih dari sekedar mampu untuk jadi pemain inti di skuat Argentina saat ini dan perannya justru semakin penting.

Baca Juga

Setelah selama ini selalu dianggap tidak bisa berprestasi di kancah internasional, Messi justru dalam dua tahun terakhir bisa membuktikan jika ia tetap pemain kelas dunia bersama negaranya.

Setelah Copa America, trofi Piala Dunia akan menyempurnakan karier Messi bersama Argentina.

Dengan begitu ia juga akan melampaui capaian legenda Negeri Tango, Diego Maradona, yang semasa hidupnya 'hanya' pernah meraih satu titel mayor.

Baca Juga

1. 2. Lisandro Martinez

Lisandro Martinez

Saat Piala Dunia 2014 kala Argentina menjadi runner-up usai digebuk Jerman di final, Lisandro Martinez baru mulai meniti karier profesional.

Empat tahun berselang ia sudah dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik dunia. Padahal tinggi badannya yang cuma 175 cm pada awalnya diremehkan karena kurang ideal.

Setelah tiga tahun yang cukup sukses bersama Ajax Amsterdam, kini Martinez pun menancapkan kukunya di Liga Inggris dalam kostum Manchester United.

Argentina membawa cukup banyak stok defender sentral seperti Juan Foyth, Cristian Romero, German Pezzella, hingga veteras sekelas Nicolas Otamendi.

Namun demikian Martinez hampir bisa dipastikan akan punya satu tempat di starting XI. Hanya cedera atau suspensi yang bisa menghalangi jebolan akademi Newell's Old Boys itu.

3. Lautaro Martinez

Argentina di bawah Lionel Scaloni menggunakan skema 4-4-2 dan itu artinya persaingan untuk dua slot pemain depan akan sangat ketat.

Jika satu posisi sudah pasti jatuh untuk Lionel Messi, maka akan ada empat atau lima pemain lain yang berebut jadi tandemnya dan kemungkinan besar Lautaro Martinez 'pemenangnya'.

Julian Alvarez belakangan sempat jadi primadona untuk dipilih dalam laga-laga terbaru Tim Tango namun dalam hal performa dan kesuburan Martinez masih lebih baik.

Mesin gol Inter Milan tersebut musim ini tampil tajam dengan tujuh gol dan empat assist di Liga Italia. Jauh lebih banyak dari striker Argentina lain.

Yang bisa mendekati catatan tersebut paling banter adalah Paulo Dybala dengan lima gol dan dua assist namun ia sepertinya masih belum pulih benar saat Piala Dunia 2022 dimulai.


2. 4. Angel Di Maria

Angel Di Maria

Layaknya Lionel Messi, Angel Di Maria pun akan menjalani Piala Dunia terakhirnya di Qatar. Winger 34 tahun itu sudah berikrar akan pensiun dari tugas kenegaraan setelah turnamen berakhir.

Namun bintang gaek Juventus tersebut masih punya kualitas. Andai tidak cedera, maka Di Maria sudah pasti akan masuk skema utama La Albiceleste.

Hingga kini ia masih setia beroperasi di sisi kanan untuk melakukan cutting inside atau melepas crossing dengan kaki lemahnya.

Jika diperlukan, eks Real Madrid dan Manchester United itu bisa ditempatkan di posisi yang lebih sentral.

Dengan demikian area sayap dapat diberikan pada pemain lain yang lebih enerjik seperi Nico Gonzalez atau bahkan Joaquin Correa.

5. Cristian Romero

Argentina masih harap-harap cemas soal kondisi Cristian Romero jelang penerbangan mereka ke Qatar.

Tembok pertahanan Tottenham Hotspur itu saat ini tengah berjuang melawan cedera hamstring dan diprediksi akhir pekan nanti sudah bisa pulih sepenuhnya.

Romero disinyalir akan mendapat satu tempat baik itu dalam formasi tiga atau dua bek.

Itu artinya ia bakal menjadi duet utama bagi Lisandro Martinez. Koneksi keduanya berhasil membawa Argentina menjadi juara Copa America edisi terbaru.

Saat ini Romero mungkin adalah pilar paling vital Argentina dengan hanya Lionel Messi yang punya status lebih tinggi.

ArgentinaLionel MessiAngel di MariaPiala Dunia 2022Lautaro MartinezCristian RomeroLisandro Martinez

Berita Terkini